Daniel B

26 November 2021 03:31

Iklan

Iklan

Daniel B

26 November 2021 03:31

Pertanyaan

Pemilihan kepala daerah akan segera dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Para calon kepala daerah sudah diberikan jadwal untuk melaksanakan kampanye. Setelah masa kampanye selesai, sesuai dengan ketentuan KPU, pemilihan kepala daerah ini dipilih langsung oleh rakyat. Fungsi lembaga politik dalam ilustrasi tersebut adalah..... a. Mengusahakan kesejahteraan masyarakat b. Mengatur proses memperoleh kekuasaaan c. Membuat aturan tentang pelaksanaan pemilu d. Menjalankan tugas mengawal pemilihan umum e. Menyelenggarakan pemilihan umum sesuai aturan KPU


51

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rahmalia K

15 Desember 2021 14:50

Jawaban terverifikasi

Kelas : 10 SMA Topik : Lembaga Sosial Jawaban: B. Mengatur proses memperoleh kekuasaan Berdasarkan pertanyaan yang diajukan, terlihat bahwa KPU sebagai salah satu bentuk lembaga politik berupaya menyusun jadwal kampanye sampai jadwal pemilihan agar pelaksanaan pemilu berjalan sebagaimana mestinya. Perlu diingat ya bahwa lembaga politik memiliki beberapa fungsi, diantaranya: 1. Memelihara ketertiban di dalam (internal order) Artinya adalah bahwa lembaga politik memiliki wewenang untuk memelihara ketertiban di masyarakat dengan wewenang yang dimiliki baik dengan cara persuasif maupun dengan tindakan fisik. Karena hakikatnya lembaga politik itu harus menegakan hukum guna menyelesaikan konflik di masyarakat dan tercipta kehidupan yang tentram 2. Menjaga keamanan di luar (external security) Lembaga politik melakukan pertahanan dari adanya ancaman dari pihak luar dengan cara melakukan diplomasi atau bahkan dengan cara perang 3. Mengusahakan kesejahteraan umum (general welfare) Lembaga politik senantiasa memberikan pelayanan guna memenuhi kesejahteraan masyarakat dengan memenuhi kebutuhan pokoknya seperti kebutuhan sandang, pangan, papan, kesehatan sampai pendidikan 4. Mengatur proses politik Lembaga politik mengautr proses persaingan politik agar tidak mengancam kondisi masyarakat, bangsa bahkan negara. Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

D. Nurapriani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

31 Desember 2021 14:56

Halo Daniel, kakak bantu jawab ya! Jawabannya adalah B. Mengatur proses memperoleh kekuasaan. Yuk, simak penjelasannya! Lembaga politik dan hukum merupakan lembaga yang mengatur semua aktivitas yang berkaitan dengan pelaksanaan dan wewenang yang menyangkut kepentingan masyarakat. Tujuannya adalah agar tercapai suatu keteraturan dan tata tertib kehidupan bermasyarakat. Misalnya lembaga politik yang ada di Indonesia adalah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang berfungsi sebagai wakil rakyat di pemerintahan pusat. Selain itu ada KPU yang berfungsi sebagai penyelenggara pemilu yang menyusun jadwal kampanye sampai jadwal pemilihan agar pelaksaan pemilu berjalan dengan lancar. Adapun fungsi lembaga politik : 1. Lembaga politik mengatur norma-norma tentang kekuasaan melalui Undang-undang. 2. Lembaga politik berfungsi sebagai pengontrol atas konflik yang terjadi. 3. Menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat. Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu ya :)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan contoh perilaku dalam menghadapi perubahan sosial yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

72

5.0

Jawaban terverifikasi