Nabila A

08 Juli 2022 05:36

Iklan

Iklan

Nabila A

08 Juli 2022 05:36

Pertanyaan

partai nasional indonesia (pni ) merupakan organisasi pergerakkan nasional yang dianggap radikal dan membahayakan belanda .akibatnya tokoh tokoh besar dalam organisasi tersebut mengalami ..


20

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

14 September 2022 21:20

Jawaban terverifikasi

<p>Partai Nasional Indonesia (PNI) merupakan organisasi pergerakkan nasional yang dianggap radikal dan membahayakan Belanda. Akibatnya tokoh-tokoh besar dalam organisasi tersebut mengalami penangkapan.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Partai Nasional Indonesia atau PNI adalah organisasi nasional yang didirikan di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927 oleh Ir. Soekarno. PNI memiliki tujuan, yaitu untuk memperjuangkan negara Indonesia yang merdeka. Tujuan tersebut dicapai dengan tiga asas, yaitu <i>self-help </i>(prinsip menolong sendiri untuk memperbaiki hal-hal yang telah dirusak oleh penjajah), nonkooperatif (tidak bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda), dan marhaenisme (menentang kemiskinan dan kesengsaraan).&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Dalam perkembangannya, PNI dianggap sebagai organisasi radikal dan membahayakan Belanda. Hal ini disebabkan karena PNI memilih tidak bekerja sama dengan pemerintah Belanda dengan jumlah massa yang besar. Menurut pemerintah Belanda, PNI disebut menyebarkan propaganda yang dapat membahayakan ketertiban umum. Untuk itu, banyak tokoh besar dari organisasi ini ditangkap agar dapat meredam pergerakan PNI, termasuk Ir. Soekarno.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, karena PNI dianggap radikal dan membahayakan Belanda, akibatnya tokoh-tokoh besar dalam organisasi tersebut mengalami penangkapan.</p>

Partai Nasional Indonesia (PNI) merupakan organisasi pergerakkan nasional yang dianggap radikal dan membahayakan Belanda. Akibatnya tokoh-tokoh besar dalam organisasi tersebut mengalami penangkapan.

 

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut.

 

Partai Nasional Indonesia atau PNI adalah organisasi nasional yang didirikan di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927 oleh Ir. Soekarno. PNI memiliki tujuan, yaitu untuk memperjuangkan negara Indonesia yang merdeka. Tujuan tersebut dicapai dengan tiga asas, yaitu self-help (prinsip menolong sendiri untuk memperbaiki hal-hal yang telah dirusak oleh penjajah), nonkooperatif (tidak bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda), dan marhaenisme (menentang kemiskinan dan kesengsaraan). 

 

Dalam perkembangannya, PNI dianggap sebagai organisasi radikal dan membahayakan Belanda. Hal ini disebabkan karena PNI memilih tidak bekerja sama dengan pemerintah Belanda dengan jumlah massa yang besar. Menurut pemerintah Belanda, PNI disebut menyebarkan propaganda yang dapat membahayakan ketertiban umum. Untuk itu, banyak tokoh besar dari organisasi ini ditangkap agar dapat meredam pergerakan PNI, termasuk Ir. Soekarno.

 

Dengan demikian, karena PNI dianggap radikal dan membahayakan Belanda, akibatnya tokoh-tokoh besar dalam organisasi tersebut mengalami penangkapan.


Siti N

30 Januari 2023 05:25

Penangkapan dan pemenjaraan kan???

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Zaman renaissance merupakan zaman setelah abad pertengahan atau abad kegelapan. zaman renaissance menekankan pada ....

139

0.0

Jawaban terverifikasi