Mazaya M

29 Januari 2024 20:15

Iklan

Iklan

Mazaya M

29 Januari 2024 20:15

Pertanyaan

Paradigma perilaku sosial dipengaruhi oleh sosiolog seperti Max Weber, George Herbert Mead, dan Herbert Blumer. Identifikasikan penekanan utama dari paradigma definisi sosial!

Paradigma perilaku sosial dipengaruhi oleh sosiolog seperti Max Weber, George Herbert Mead, dan Herbert Blumer. Identifikasikan penekanan utama dari paradigma definisi sosial!


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 20:21

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah penekanan utama dari paradigma definisi sosial adalah individu sebagai subjek dan memahami dari sudut pandang subjek. Bagi para penganut paradigma ini subjek masih memiliki kesempatan untuk berkreasi dan otonom. Individu tidak dipandang sebagai subjek yang selalu dikontrol sepenuhnya oleh norma dan aturan sosial. Hal inilah yang membedakan dengar paradigma fakta sosial yang selalu menekankan norma dan aturan sosial yang dianggap mampu menguasai individu ketika hidup bermasyarakat.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah penekanan utama dari paradigma definisi sosial adalah individu sebagai subjek dan memahami dari sudut pandang subjek. Bagi para penganut paradigma ini subjek masih memiliki kesempatan untuk berkreasi dan otonom. Individu tidak dipandang sebagai subjek yang selalu dikontrol sepenuhnya oleh norma dan aturan sosial. Hal inilah yang membedakan dengar paradigma fakta sosial yang selalu menekankan norma dan aturan sosial yang dianggap mampu menguasai individu ketika hidup bermasyarakat.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

10 Februari 2024 01:07

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berhubungan dengan topik sosiologi, khususnya paradigma definisi sosial yang dikemukakan oleh beberapa sosiolog terkenal seperti Max Weber, George Herbert Mead, dan Herbert Blumer. Penjelasan: 1. Max Weber adalah sosiolog yang mengemukakan konsep tindakan sosial sebagai pusat dari studi sosiologi. Menurut Weber, tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan individu yang memiliki makna atau arti subjektif bagi dirinya dan diarahkan kepada orang lain. Ini berarti bahwa perilaku individu dalam masyarakat tidak hanya dipengaruhi oleh faktor eksternal, tetapi juga oleh pemahaman dan interpretasi individu tersebut terhadap situasi tersebut. 2. George Herbert Mead dan Herbert Blumer, di sisi lain, lebih menekankan pada interaksi simbolik dalam paradigma definisi sosial. Mereka berpendapat bahwa realitas sosial dibentuk melalui interaksi antar individu dan interpretasi simbol-simbol dalam masyarakat. Kesimpulan: Jadi, penekanan utama dari paradigma definisi sosial adalah pada tindakan sosial yang memiliki makna subjektif bagi individu dan interaksi simbolik dalam masyarakat. Paradigma ini menekankan bahwa realitas sosial dibentuk melalui interaksi dan interpretasi individu terhadap simbol-simbol dalam masyarakat. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami paradigma definisi sosial lebih baik πŸ™‚.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sepeninggal ayahnya sejak duduk di bangku SMP, Winda merasa sangat kehilangan sosok lelaki dalam keluarga yang mampu mengayomi dan melindungi. Rasa kehilangan tersebut ternyata mewujud menjadi perilaku yang suka berpacaran dengan lelaki yang jauh lebih tua, bahkan telah beristri. Akhirnya Winda pun terjerumus dalam lembah nista pelacuran. Dari deskripsi di atas, menunjukkan hubungan antara proses sosialisasi dengan …. A. dasar pembentukan kepribadian seorang individu. B. penyimpangan sosial yang positif. C. penanaman nilai-norma sosial. D. penyerapan nilai-nilai budaya menyimpang. E. penyerapan nilai norma yang tidak sempurna. Banyak jawaban yang memilih E, padahal yang ditanyakan adalah hubungan sosialisasi dengan dasar pembentukan kepribadian seseorang. Jika disoal ditanyakan hubungan pembentukan kepribadian yang disebabkan oleh baru yang E maupun D. Tolong penjelasannya

12

0.0

Jawaban terverifikasi

Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan gadget di kalangan remaja, Banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain gadget seperti bermain game dan membuka situs-situs yang dilarang, hal tersebut pasti membawa dampak dan pengaruh terhadap perkembangan pola pikir dan lingkungan remaja. Gadget banyak dipergunakan oleh remaja zaman sekarang, Gadget dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, gadget banyak membawa dampak negatif terhadap remaja dan lingkungannya, jika remaja mempergunakan gadget secara berlebihan. selain itu, gadget cenderung digunakan remaja untuk membuat situs-situs terlarang dan game. Hal ini dapat menurunkan konsentrasi mereka dalam belajar. Selain itu, gadget memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh, karena gadget mengeluarkan banyak radiasi yang secara tidak langsung merusak mata dan saraf otak. Terlebih lagi, remaja tersebut tidak memperhatikan jarak antara mata dan gadget saat mempergunakan gadget. Jika dilihat dari usia, seharusnya remaja tidak diperbolehkan untuk menggunakan gadget. Hal itu dikarenakan gadget dapat menghubungkan remaja dengan hal-hal yang seharusnya belum mereka ketahui. Terlebih lagi pada usia ini remaja sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan luar. Argumen yang telah disajikan mungkin benar. Akan tetapi, alasan yang disajikan tentu dapat terbantahkan. Banyak sisi positif yang didapatkan oleh remaja jika mereka mempergunakan gadget dengan benar. Alasannya yaitu, remaja lebih mudah mencari tugas-tugas mereka dari sekolah, jika mereka tidak mendapat informasi dari buku pelajaran mereka. Hal ini dapat meningkatkan prestasi dan pengetahuan mereka. Selain itu, remaja juga lebih mudah memberi kabar kepada orangtua jika ada sesuatu yang mendadak dan juga remaja lebih mudah untuk berhubungan dengan sanak saudara yang jauh. Dampak positif lainya, melalui canggihnya gadget remaja dapat mengetahui perkembangan IPTEK. Secara umum saya setuju dengan alasan-alasan yang mendukung penggunaan gadget di lingkungan remaja. Tetapi jika dilihat dari bidang akademis serta keamanan remaja itu sendiri gadget lebih berdampak negatif. Jadi, sebaiknya para orang tua tidak memberikan kebebasan kepada anaknya untuk bermain dan memiliki gadget, karena gadget sangat banyak membawa dampak negatif pada kehidupan remaja tersebut. 1. tulislah 2 kalimat aktif dan ubahlah kalimat pasif berdasarkan teks diatas! (S p o k)

2

0.0

Jawaban terverifikasi