Anonim A

30 November 2023 00:26

Iklan

Iklan

Anonim A

30 November 2023 00:26

Pertanyaan

Pantai landai memiliki ciri pantai yang permukaannya relatif datar. Termasuk pantai jenis adalah pantai mangrove, pantai bukit pasir, pantai delta dan pantai estuari. Pantai curam biasanya bergunung-gunung. Karena peretakan yang memanjang sejajar pantai dan terkikis ombak yang besar, terjadilah tebing-tebing curam dan laut dalam. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi teks tersebut adalah... A. Penjelasan kepada publik berdasarkan hasil pengamatan B. Pemberitahuan kepada pihak yang berwenang terkait kondisi pantai C. Bahan informasi untuk berbagai kepentingan D. Sarana penulis untuk menyampaikan gagasan E. Pendokumentasian objek pantai

Pantai landai memiliki ciri pantai yang permukaannya relatif datar. Termasuk pantai jenis adalah pantai mangrove, pantai bukit pasir, pantai delta dan pantai estuari. Pantai curam biasanya bergunung-gunung. Karena peretakan yang memanjang sejajar pantai dan terkikis ombak yang besar, terjadilah tebing-tebing curam dan laut dalam.
Berikut ini yang tidak termasuk fungsi teks tersebut adalah...
A. Penjelasan kepada publik berdasarkan hasil pengamatan
B. Pemberitahuan kepada pihak yang berwenang terkait kondisi pantai
C. Bahan informasi untuk berbagai kepentingan
D. Sarana penulis untuk menyampaikan gagasan
E. Pendokumentasian objek pantai


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Lestari L

30 November 2023 10:14

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tidak termasuk fungsi teks tersebut adalah B. Pemberitahuan kepada pihak yang berwenang terkait kondisi pantai. Teks tersebut memberikan penjelasan dan informasi tentang ciri-ciri pantai landai dan pantai curam. Namun, tidak ada indikasi bahwa teks tersebut ditujukan sebagai pemberitahuan kepada pihak yang berwenang terkait kondisi pantai. Fungsi teks tersebut lebih cenderung sebagai penjelasan kepada publik berdasarkan hasil pengamatan, bahan informasi untuk berbagai kepentingan, sarana penulis untuk menyampaikan gagasan, dan pendokumentasian objek pantai.


Iklan

Iklan

Mercon M

Community

28 April 2024 16:05

<p>Jawaban yang tidak termasuk fungsi teks tersebut adalah:</p><p>D. Sarana penulis untuk menyampaikan gagasan.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:<br>A, B, C, dan E merupakan fungsi yang sesuai dengan teks tersebut. Teks tersebut memberikan penjelasan tentang ciri-ciri pantai landai dan curam, serta jenis-jenis pantai yang ada berdasarkan ciri fisiknya. Fungsi teks tersebut termasuk dalam memberikan penjelasan kepada publik berdasarkan hasil pengamatan, memberikan pemberitahuan kepada pihak yang berwenang terkait kondisi pantai, menyediakan bahan informasi untuk berbagai kepentingan, dan sebagai sarana pendokumentasian objek pantai. Sedangkan fungsi teks sebagai sarana penulis untuk menyampaikan gagasan tidak sesuai dengan konten teks tersebut, karena teks tersebut lebih bersifat deskriptif dan informatif mengenai ciri-ciri pantai.</p>

Jawaban yang tidak termasuk fungsi teks tersebut adalah:

D. Sarana penulis untuk menyampaikan gagasan.

 

Pembahasan:
A, B, C, dan E merupakan fungsi yang sesuai dengan teks tersebut. Teks tersebut memberikan penjelasan tentang ciri-ciri pantai landai dan curam, serta jenis-jenis pantai yang ada berdasarkan ciri fisiknya. Fungsi teks tersebut termasuk dalam memberikan penjelasan kepada publik berdasarkan hasil pengamatan, memberikan pemberitahuan kepada pihak yang berwenang terkait kondisi pantai, menyediakan bahan informasi untuk berbagai kepentingan, dan sebagai sarana pendokumentasian objek pantai. Sedangkan fungsi teks sebagai sarana penulis untuk menyampaikan gagasan tidak sesuai dengan konten teks tersebut, karena teks tersebut lebih bersifat deskriptif dan informatif mengenai ciri-ciri pantai.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

145

5.0

Jawaban terverifikasi