Maheswari C

19 Maret 2024 14:43

Iklan

Maheswari C

19 Maret 2024 14:43

Pertanyaan

Pada tikus diketahui sifat badan besar (B) dominan terhadap badan kecil (b). Bulu kuning (A) dominan terhadap bukan kuning. Bulu kuning letal dalam kondisi homozigot. Jika tikus dihibrid besar kuning (BbAa) disilangkan dengan tikus bergenotif sama, maka perbandingan seluruh keturunan yang hidup rasio fenotif untuk keturunan besar kuning : kecil kuning : besar bukan kuning : kecil bukan kuning adalah….. A. 9 : 3 : 3 : 1 B. 9 : 3 : 2 : 1 C. 9 : 3 : 4 : 0 D. 9 : 6 : 1 : 0 E. 6 : 2 : 3 : 1

Pada tikus diketahui sifat badan besar (B) dominan terhadap badan kecil (b). Bulu kuning (A) dominan terhadap bukan kuning. Bulu kuning letal dalam kondisi homozigot. Jika tikus dihibrid besar kuning (BbAa) disilangkan dengan tikus bergenotif sama, maka perbandingan seluruh keturunan yang hidup rasio fenotif untuk keturunan besar kuning : kecil kuning : besar bukan kuning : kecil bukan kuning adalah…..

 A. 9 : 3 : 3 : 1 

B. 9 : 3 : 2 : 1 

C. 9 : 3 : 4 : 0 

D. 9 : 6 : 1 : 0 

E. 6 : 2 : 3 : 1

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

07

:

22

:

08

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

27 April 2024 10:06

Jawaban terverifikasi

<p><br>Untuk menyelesaikan masalah ini, kita akan menggunakan hukum pewarisan Mendel dan aturan distribusi independen. Pertama, mari kita tentukan genotip dari kedua induk:</p><p>Induk 1 (BbAa) : Badan besar (Bb) dan Bulu kuning (Aa) Induk 2 (BbAa) : Sama dengan Induk 1</p><p>Kita akan membuat sebuah diagram Punnett square untuk menyilangkan kedua induk ini:</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; | &nbsp; &nbsp;Bb &nbsp; &nbsp; | &nbsp; &nbsp;Bb &nbsp; &nbsp;|<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|------------|-----------|<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;| &nbsp; &nbsp;Aa &nbsp; &nbsp; | &nbsp; &nbsp;Aa &nbsp; &nbsp;|<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|------------|-----------|<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;| &nbsp; &nbsp;Bb &nbsp; &nbsp; | &nbsp; &nbsp;Bb &nbsp; &nbsp;|<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;|------------|-----------|<br>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;| &nbsp; &nbsp;Aa &nbsp; &nbsp; | &nbsp; &nbsp;Aa &nbsp; &nbsp;|<br>&nbsp;</p><p>Dari Punnett square ini, kita dapat menentukan kombinasi genotip yang mungkin pada keturunan:</p><ul><li>Badan besar kuning (BbAa) : 9</li><li>Badan besar bukan kuning (BbAa) : 3</li><li>Badan kecil kuning (bbAa) : 3</li><li>Badan kecil bukan kuning (bbaa) : 1</li></ul><p>Jadi, rasio fenotip untuk keturunan adalah 9 : 3 : 3 : 1 (opsi A).</p>


Untuk menyelesaikan masalah ini, kita akan menggunakan hukum pewarisan Mendel dan aturan distribusi independen. Pertama, mari kita tentukan genotip dari kedua induk:

Induk 1 (BbAa) : Badan besar (Bb) dan Bulu kuning (Aa) Induk 2 (BbAa) : Sama dengan Induk 1

Kita akan membuat sebuah diagram Punnett square untuk menyilangkan kedua induk ini:

 

            |    Bb     |    Bb    |
           |------------|-----------|
           |    Aa     |    Aa    |
           |------------|-----------|
           |    Bb     |    Bb    |
           |------------|-----------|
           |    Aa     |    Aa    |
 

Dari Punnett square ini, kita dapat menentukan kombinasi genotip yang mungkin pada keturunan:

  • Badan besar kuning (BbAa) : 9
  • Badan besar bukan kuning (BbAa) : 3
  • Badan kecil kuning (bbAa) : 3
  • Badan kecil bukan kuning (bbaa) : 1

Jadi, rasio fenotip untuk keturunan adalah 9 : 3 : 3 : 1 (opsi A).


Iklan

Salsabila A

20 Maret 2024 09:43

<p>Jawabannya adalah E. 6 : 2 : 3 : 1&nbsp;</p><p>Untuk penjelasannya ada digambar ya😊</p><p>Semoga membantu😊</p>

Jawabannya adalah E. 6 : 2 : 3 : 1 

Untuk penjelasannya ada digambar ya😊

Semoga membantu😊

alt

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Nilai n yang memenuhi (12+8) + (-3n) = -22 adalah... A. 14 B. 13 C. -13 D. -14 2. n - 11.507 = 41.009 Bilangan pengganti n adalah... A. 25.615 B. 29.505 C. 52.516 D. 52.614 3. 50 : (-5) x 8 = ... A. 90 B. -80 C. 80 D. -90 4. Lambang bilangan 4.207.502 dibaca... A. Empat juta dua ratus tujuh ribu lima ratus dua B. Empat juta dua ratus tujuh lima puluh ratus dua puluh C. Empat juta dua puluh tujuh lima ribu ratus dua puluh D. Empat juta dua puluh tujuh ribu lima ratus dua 5. -280 + (-245) = A. -450 B. -535 C. -525 D. -18 6. 400 - 218 + 354 = A. 354 B. -172 C. 182 D. 536 7. Bilangan pangkat dua disebut juga bilangan kuadrat. Berapakah hasil dari 37 pangkat 2? A. 2219 B. 1369 C. 1399 D. 2209 8. Aku adalah sebuah bilangan. Jika aku dikuadratkan aku menjadi 625. Bilangan berapakah aku? A. 28 B. 20 C. 25 D. 80 9. Lambang bilangan negatif seribu lima ratus lima puluh delapan adalah.. A. 1558 B. -1588 C. -1.558 D. 1588 10. 45 x 125 = n x 45 ; n = ... A. 125 B. 135 C. 145 D. 155 11. Nilai dari (121 + 23) : 24 - 6 = A. 0 B. 2 C. 6 D. 8 12. Di dalam kardus terdapat 480 butir telur, kemudian telur ini dimasukkan ke dalam kantong plastik. Setiap kantong plastik berisi 8 butir telur. Berapa kantong plastik yang diperlukan? A. 51 B. 60 C. 72 D. 80 13. Jika 2n = 7.924, maka nilai n adalah... A. 6.952 B. 5.962 C. 4.962 D. 3.962 14. 4 hari + 240 menit= ....jam A. 16 jam B. 24 jam C. 48 jam D. 100 jam 15. Besar sudut siku-siku adalah... A. 90 derajat B. 69 derajat C. 30 derajat D. 40 derajat 16. 90 menit setelah pukul 07.45 adalah pukul... A. 08.15 B. 08.35 C. 09.00 D. 09.15 17. 30 cm + 700 mm = ... dm A. 1 dm B. 10 dm C. 100 dm D. 1.000 dm 18. Bentuk desimal dari 4/10 adalah... A. 4,1 B. 0,4 D. 10.4 E. 0,04 19. Dua lingkaran apabila titik pusatnya berimpit disebut... A. Lingkaran sepusat B. Lingkaran bersinggungan dalam C. Lingkaran bersinggungan luar D. Lingkaran berpotongan 20. Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 7 cm. Luas dari lingkaran tersebut adalah... A. 76 cm2 B. 80 cm2 C. 112 cm2 D. 154 cm2

10

5.0

Jawaban terverifikasi

Soal Essay nomor 1-5! Hadiah : 5.000 poin 1) Apa perbedaan antara kejujuran dan kebohongan? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 2) Apa perbedaan antara sisi terang💡dan sisi gelap? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 3) Negara kita menempatkan peringkat kedua, sebagai negara paling tidak jujur dalam akademik di dunia. Selama ketidakjujuran masih ada, kita tidak dapat memberi harapan untuk bisa jadi negara maju di tahun 2035-2045 mendatang. Padahal kita mempunyai sebuah aplikasi Ruangguru untuk membantu belajar dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Sayangnya jumlah unduhan siswa hanya sekitar 25 juta orang dari 278 juta orang di seluruh Indonesia. Alasan tidak semua orang download apk adalah sebagian besar orang sudah pada kerja, sebagian pada penganggur, dan sebagian kecil pelajar belum mencoba apk ini. Bahkan orang menengah kebawah tidak bisa main apk Ruangguru, kalau tidak punya HP. Akibatnya, negara bangsa kita jadi tercemar, gara-gara manusia tidak jujur dan lemah hukum dari pemerintah otonomi daerah. Berdasarkan keburukan diatas, mengapa apk ruangguru tidak seramai di FYP medosos dan apa saja pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sisi gelap NKRI tersebut? Jelaskan harapan dan kesempatan! (Jika perlu) 4) Perhatikan Ilustrasi berikut! (berdasarkan nomor 2 atas) Sebagian orang yang melihat berita ini merasa, kalau negara kita sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa memajukan negara. Karena negara kita semakin tertinggal dari negara lain. Tidak heran kalau suatu saat nanti ada negara menyerang NKRI, maka hancurlah semua harapan kehidupan dan mengambil ahli semua tanah kita dari negara asing. Akhirnya beberapa kelompok orang seluruh daerah menulis surat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara b*n*h diri. Cara ini sebagai bentuk pasrah bagi sebagian rakyat negara, sampai dunia internasional jadi kaget. Berdasarkan ilustrasi tadi, mengapa rakyat begitu cemas sama situasi ketidakjujuran dan apa jadinya kalau 278 juta jiwa mengakhiri hidup barengan? Jelaskan dampaknya! 5) Setelah membaca nomor 3 dan 4, kita semakin paham betapa kejamnya manusia sebagai ketidakpedulian sesamanya. Walaupun begitu, bukan berarti kita langsung mengakhiri hidup. Perlu di ingat, bahwa tidak semua penduduk Indonesia antara penjabat atau rakyat itu jahat lho. Masih banyak orang yang peduli mengenai sosial postif dan kerjasama. Kalau sosial tidak ada, maka teknologi, makanan cepat saji, dan kendaraan gak bakalan ada sampai saat ini. Bandingkan sama negara lain, yang paling bahaya itu justru perang senjata yang bisa memakan banyak korban di timur tengah. Solusinya hanya satu, yaitu memperkuat hukum dalam UU tentang masalah kejujuran. Hukuman ini akan diberatkan, tergantung tingkat keparahan suatu negara. Berdasarkan diatas, bagaimana tanggapanmu?

13

5.0

Jawaban terverifikasi