Ahmad H

12 November 2020 12:22

Iklan

Iklan

Ahmad H

12 November 2020 12:22

Pertanyaan

Pada tanaman rambutan, buah bulat (B) dominan terhadap buah lonjong (b) dan kulit warna merah (M) dominan terhadap warna kuning (m). tanaman rambutan buah bulat merah dikawinkan dengan rambutan buah lonjong kuning, dihasilkan tanaman rambutan dengan fenotif buah bulat merah, bulat kuning, lonjong merah, lonjong kuning dengan rasio fenotife 1 : 1 : 1 : 1. Masing-masing genotif dari kedua induknya adalah … sama penjelasan nya ka


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Nurrahmi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

22 Maret 2022 11:35

Jawaban terverifikasi

Halo Ahmad, Kakak bantu jawab ya :) Genotip indukan/tetua dari persilangan ini adalah BbMm (bulat merah) dan bbmm (lonjong kuning). Yuk Kita bahas! Persilangan pada soal adalah persilangan dihibrid atau persilangan dengan dua sifat berbeda. Sifat yang pertama adalah bentuk buah rambutan yaitu bulat atau lonjong, dan sifat yang kedua adalah warna kulit yaitu merah atau kuning. Diketahui buah bulat dominan terhadap buah lonjong, dan warna merah dominan terhadap warna kuning. Sifat dominan dilambangkan dengan huruf besar. Dengan demikian buah bulat dilambangkan B dan buah lonjong dilambangkan bb. Sedangkan warna merah dilambangkan M dan warna kuning dilambangkan m. Tetua atau parental (P) dari perilangan ini adalah tanaman rambutan bulat merah dan tanaman rambutan lonjong kuning. Anakan yang dihasilkan adalah 4 tipe yang berbeda yaitu 2 tipe yang sama seperti induknya yaitu bulat merah dan lonjong kuning, sedangkan 2 tipe lagi adalah sifat baru yaitu bulat kuning, dan lonjong merah. Rasio keempat tipe buah rambutan tersebut adalah (bulat merah: bulat kuning: lonjong merah: lonjong kuning) 1:1:1:1. Apabila kita perhatikan, 2 sifat yang baru muncul ini (bulat kuning, lonjong merah) membuktikan bahwa genotip masing-masing induknya bersifat heterozigot. Karena apabila genotip kedua induk bersifat homozigot, maka anakan yang dihasilkan hanya satu jenis saja yaitu bulat merah. Mari kita buktikan melalui uraian pada gambar di bawah ini! Semoga jawabannya membantu :)

alt

Iklan

Iklan

Weningtrisna R

16 November 2020 08:09

P : BbMm X bbmm G : BM, Bm, bM, bm bm F : BM Bm bM bm bm BbMm, Bbmm, bbMm, bbmm (bulat merah),(bulat kuning), (lonjong merah), (lonjong kuning)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mengapa pada pembelahan meiosis terjadi 2 kali pembelahan?

11

0.0

Jawaban terverifikasi