Nurani S

02 April 2020 11:14

Iklan

Iklan

Nurani S

02 April 2020 11:14

Pertanyaan

pada suhu dan tekanan tertentu 5 liter gas nitrogen bereaksi dengan gas hidrogen membentuk gas amonia menurut reaksi N2(g) + H3(g)➡NH3(g) (belum setara). Berapa liter gas hidrogen yang bereaksi dan Berapa liter gas amoniak yang terbentuk jika diukur pada suhu dan tekanan yang sama?


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Thoriq

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

27 Desember 2021 15:44

Jawaban terverifikasi

Hallo Nurani, kakak bantu jawab ya. Jadi, gas hidrogen yang bereaksi dan gas amoniak yang terbentuk secara berturut-turut adalah 15 L dan 10 L. Untuk menjawab soal ini, maka reaksi tersebut perlu disetarakan terlebih dahulu. Penyetaraan reaksi adalah penyetaraan jumlah atom sebelum dan setelah reaksi dengan penambahan koefisien reaksi menjadi: N2 (g) + 3H2 (g) ==> 2NH3 (g) Langkah selanjutnya, kita dapat menggunakan hukum gay lussac bahwa perbandingan volume gas-gas yang bereaksi akan sama seperti perbandingan koefisien reaksinya. Maka gas hidrogen yang bereaksi: Volume gas hidrogen = (koefisien gas H2/koefisien gas N2) x volume gas N2 Volume gas hidrogen = 3/1 x 5 L Volume gas hidrogen = 15 L Sedangkan gas amonia yang dihasilkan: Volume gas amonia = (koefisien gas NH3/koefisien gas N2) x volume gas N2 Volume gas amonia = 2/1 x 5 L Volume gas amonia = 10 L


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebanyak 5L gas SO2 dibakar sempurna hingga terbentuk gas SO3 sesuai dengan persamaan reaksi: SO2(g)+O2(g)=>So3(g) Perbandingan volume gas oksigen dengan gas dalam reaksi tersebut jika dikur pada P dan T yang sama adalah..

15

0.0

Jawaban terverifikasi