Anggit A

24 Maret 2020 01:54

Iklan

Iklan

Anggit A

24 Maret 2020 01:54

Pertanyaan

Pada suatu pemeriksaan laboratorium, diuji urine seorang pasien ternyata ketika diuji dengan menggunakan indikator Benedict menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata, dan ketika diuji dengan indikator Biuret menunjukkan reaksi warna ungu. Berdasarkan hal tersebut analisislah penyakit yang terjangkit oleh pasien dan bagian manakah yang mengalami gangguan


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Ulfa

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

24 Januari 2022 10:37

Jawaban terverifikasi

Halo Anggit A, kakak bantu jawab ya :) Ketika urine yang ditetesi benedict menunjukkan warna merah bata maka kemungkinan penyakit yang dialami pasien tersebut adalah glukosuria. Lain halnya ketika urine yang ditetesi biuret menunjukkan warna ungu maka kemungkinan penyakit yang diderita oleh pasien adalah albuminaria. Mengapa demikian ? Sekarang, kita bahas yuk ! Pengujian kandungan urine dengan larutan Benedict bertujuan untuk menguji keberadaan glukosa di dalam urine. Urine yang mengandung glukosa akan berwarna merah bata atau jingga setelah dilakukan pengujian tersebut. Adapun larutan Biuret dapat digunakan untuk menguji keberadaan protein dalam urine. Urine yang mengandung protein akan terbentuk endapan berwarna ungu setelah diberi larutan tersebut. Berdasarkan kasus tersebut, urine yang berubah menjadi warna ungu setelah diuji larutan Biuret dan terdapat endapan merah bata setelah diuji larutan Benedict. Hal ini menunjukkan bahwa urine pasien tersebut mengandung protein dan glukosa sehingga pasien tersebut menderita penyakit albuminuria dan glukosuria. Albuminuria adalah ditemukannya protein albumin pada urine. Adanya albumin dalam urine merupakan indikasi adanya kerusakan pada membran glomerulus. Adapun glukosuria adalah ditemukannya glukosa pada urine. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi kerusakan pada badan Malpighi. Semoga bisa membantu ya !


Iklan

Iklan

Defandra M

24 Maret 2020 10:50

Berdasar hal tersebut penyakit pasien adalah diabetes melitus dan albuminuria. Hal ini disebabkan pasien menderita diabetes melitus (karena kekeurangan hormon insulin pada tubuh) yang berakibat glukosa dalam darah meningkat dan ditandai dengan uji positif glukosa pada urine. Hal ini berarti pasien menderita albuminuria yaitu gangguan pada bagian glomerulus sehingga urine mengandung protein.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa itu pencernaan

5

5.0

Jawaban terverifikasi