Surya A

07 Mei 2020 01:48

Iklan

Iklan

Surya A

07 Mei 2020 01:48

Pertanyaan

nukleus merupakan salah satu organel sel yang berfungsi sebagai ??


2

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Sondang

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

08 Februari 2022 08:36

Jawaban terverifikasi

Halo Surya, Kakak bantu jawab ya :) Nukleus berfungsi pengatur dan pengendali semua aktivitas sel. Mari kita bahas yuk mengenai sel. Pada dasarnya beberapa organel pada sel tumbuhan dan sel hewan sama yaitu : 1. Inti sel (nukleus) berfungsi sebagai pengatur dan pegendali semua aktivitas sel. 2. Mitokondria berfungsi sebagai pusat pembakaran atau pernapasan sel (respirasi seluler). 4. Badan golgi berfungsi untuk pengeluaran zat dan metabolisme sel. 5. Retikulum Endoplasma berfungsi sebagai tempat pembuatan atau sintesa lemak, metabolisme karbohidrat, dan penetralan atau detoksifikasi racun, transportasi sel, dan sintesa protein. 6. Ribosom berfungsi sebagai tempat pembuatan atau sintesa protein. Organel yang ada hanya pada sel tumbuhan dan tidak dimiliki sel hewan, yaitu : 1. Dinding sel berfungsi untuk membentuk dan melindungi isi sel tumbuhan. 2. Plastida (kloroplas), berfungsi sebagai tempat berfotosintesis. 3. Vakuola, berfungsi membantu sel untuk tumbuh membesar dan menyimpan bahan-bahan penting dan produk sisa metabolisme sel. Organel yang ada hanya pada sel hewan dan tidak dimiliki sel tumbuhan, yaitu : 1. Lisosom berfungsi untuk menghancurkan bakteri dan organel sel yang rusak. 2. Sentriol berfungsi untuk pembelahan sel. Mari kita lihat gambar dari kedua sel yuk :)

alt

Iklan

Iklan

Herlin K

07 Mei 2020 03:38

1. Melindungi materi genetik di dalam sel. 2. Memisahkannya dari bagian sitoplasma sel. 3. Mengatur aktivitas sel. 4. Mengatur keluar masuknya zat ke dalam sel.


Suriady D

09 Juni 2022 00:06

Jika karbon dioksida dalam suatu ekosistem jumlahnya makin berkurang, organisme yang pertama-tama akan mengalami dampak negatif adalah ...


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yg di maksud dengan proses fotosintesis pada tumbuhan

10

5.0

Jawaban terverifikasi