Dasa D

05 Desember 2022 09:59

Iklan

Iklan

Dasa D

05 Desember 2022 09:59

Pertanyaan

Nilai Pancasila dimasa penjajahan Nilai Pancasila dimasa kebangkitan Nasional

  • Nilai Pancasila dimasa penjajahan 
  • Nilai Pancasila dimasa kebangkitan Nasional 

6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

K. KSheilaTA

08 Februari 2023 02:37

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban: di masa penjajahan: nilai kemanusiaan dan nilai keadilan sosial, di masa kebangkitan nasional: nilai musyawarah, nilai persatuan dan kesatuan.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pembahasan:</strong></p><p>Pancasila sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan di Indonesia bahkan sejak zaman pra aksara. Kehidupan dan nilai-nilai Pancasila sudah tertanam sejak masa-masa tersebut. Menjadi ciri khas dan kepribadian bangsa Indonesia sekaligus mengantarkan bangsa Indonesia menuju gerbang kemerdekaan. Sehingga terdapat nilai-nilai Pancasila yang tertanam dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara pada setiap masanya.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pada masa penjajahan</strong>, nilai-nilai yang tertanam pada masa ini adalah nilai kemanusiaan dan keadilan sosial sebagai bangsa yang menentang penjajahan, setiap daerah di Indonesia berjuang untuk memperoleh keadilan terhadap hak yang paling asasi yaitu kemerdekaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang merupakan bagian dari hak asasi tersebut. Sedangkan <strong>masa kebangkitan nasional</strong>, bangsa Indonesia menyadari arti penting persatuan dan kesatuan bangsa dalam merebut kemerdekaan. Kebangkitan Nasional adalah awal perjuangan yang berbeda yang mengandalkan intelektualitas jalur diplomasi generasi muda yang mengandalkan musyawarah untuk mufakat. Sehingga nilai-nilai Pancasila yang menonjol pada masa ini adalah nilai musyawarah dan nilai persatuan dan kesatuan.</p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, nilai-nilai Pancasila di masa penjajahan adalah nilai kemanusiaan dan nilai keadilan sosial, sedangkan di masa kebangkitan nasional adalah nilai musyawarah, nilai persatuan dan kesatuan.</u></strong></p>

Jawaban: di masa penjajahan: nilai kemanusiaan dan nilai keadilan sosial, di masa kebangkitan nasional: nilai musyawarah, nilai persatuan dan kesatuan.

 

Pembahasan:

Pancasila sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan di Indonesia bahkan sejak zaman pra aksara. Kehidupan dan nilai-nilai Pancasila sudah tertanam sejak masa-masa tersebut. Menjadi ciri khas dan kepribadian bangsa Indonesia sekaligus mengantarkan bangsa Indonesia menuju gerbang kemerdekaan. Sehingga terdapat nilai-nilai Pancasila yang tertanam dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara pada setiap masanya.

 

Pada masa penjajahan, nilai-nilai yang tertanam pada masa ini adalah nilai kemanusiaan dan keadilan sosial sebagai bangsa yang menentang penjajahan, setiap daerah di Indonesia berjuang untuk memperoleh keadilan terhadap hak yang paling asasi yaitu kemerdekaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang merupakan bagian dari hak asasi tersebut. Sedangkan masa kebangkitan nasional, bangsa Indonesia menyadari arti penting persatuan dan kesatuan bangsa dalam merebut kemerdekaan. Kebangkitan Nasional adalah awal perjuangan yang berbeda yang mengandalkan intelektualitas jalur diplomasi generasi muda yang mengandalkan musyawarah untuk mufakat. Sehingga nilai-nilai Pancasila yang menonjol pada masa ini adalah nilai musyawarah dan nilai persatuan dan kesatuan.

 

Dengan demikian, nilai-nilai Pancasila di masa penjajahan adalah nilai kemanusiaan dan nilai keadilan sosial, sedangkan di masa kebangkitan nasional adalah nilai musyawarah, nilai persatuan dan kesatuan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Segala sumber kekayaan yang terdapat di Indonesia berada di bawah kekuasaan ... A. negara bekas penjajah B. pejabat negara yang berpengaruh C. pemerintah untuk kepentingan seluruh rakyat D. pihak swasta E. warga negara Indonesia

264

0.0

Jawaban terverifikasi