Qhoirizza L

02 Juni 2024 12:03

Iklan

Iklan

Qhoirizza L

02 Juni 2024 12:03

Pertanyaan

negara yg bekerja sama dengan jepang dalam bidang militer

negara yg bekerja sama dengan jepang dalam bidang militer


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

02 Juni 2024 12:22

Jawaban terverifikasi

<p>Kerjasama militer merupakan bentuk asosiasi mengikat yang dapat disesuaikan dengan kepentingan-kepeningan suatu negara dalam menghadapi persoalan tersentu sehingga dimungkinkan apabila dalam kerjasama ini akan melemah jika negara bersangkutan dihadapkan dengan permasalahan baru.</p><p>Militer Jepang menduduki peringkat kelima sebagai militer terkuat di dunia. Militer Jepang memiliki indeks kekuatan sebanyak 0,1195.</p><p>Selain itu Jepang juga berdekatan serta kerjasama dengan beberapa negara seperti Uni Soviet di sebelah utara, Amerika di sebelah timur, China dan Korea di sebelah barat serta Taiwan dan Philipina di sebelah selatan.</p><p><br>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Kerjasama militer merupakan bentuk asosiasi mengikat yang dapat disesuaikan dengan kepentingan-kepeningan suatu negara dalam menghadapi persoalan tersentu sehingga dimungkinkan apabila dalam kerjasama ini akan melemah jika negara bersangkutan dihadapkan dengan permasalahan baru.

Militer Jepang menduduki peringkat kelima sebagai militer terkuat di dunia. Militer Jepang memiliki indeks kekuatan sebanyak 0,1195.

Selain itu Jepang juga berdekatan serta kerjasama dengan beberapa negara seperti Uni Soviet di sebelah utara, Amerika di sebelah timur, China dan Korea di sebelah barat serta Taiwan dan Philipina di sebelah selatan.


 

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 01:42

Jawaban terverifikasi

<p>Selama periode Perang Dunia II, beberapa negara bekerja sama dengan Jepang dalam bidang militer, baik secara sukarela maupun karena terpaksa karena invasi Jepang. Beberapa di antaranya termasuk:</p><p><strong>Thailand</strong>: Thailand secara resmi bekerja sama dengan Jepang dengan menandatangani Pakta Aliansi Thailand-Jepang pada 21 Desember 1941. Setelah itu, Thailand memperbolehkan pasukan Jepang melintasi wilayahnya untuk menyerang Malaya dan Burma.</p><p><strong>Filipina</strong>: Filipina juga jatuh ke tangan Jepang setelah invasi Jepang pada tahun 1941-1942. Meskipun ada gerakan perlawanan terhadap pendudukan Jepang, sebagian masyarakat dan pemimpin Filipina akhirnya terpaksa bekerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang.</p><p><strong>Vietnam</strong>: Vietnam (saat itu dikenal sebagai Indochina Prancis) juga jatuh ke tangan Jepang setelah invasi Jepang pada tahun 1940-1941. Pemerintah kolonial Prancis yang berada di Vietnam akhirnya bekerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang untuk mempertahankan kekuasaannya.</p><p><strong>Burma (sekarang Myanmar)</strong>: Burma dijajah oleh Britania Raya pada saat itu. Pada tahun 1942, Jepang berhasil menyerang dan menguasai Burma dengan dukungan sebagian masyarakat Burma. Beberapa kelompok militer Burma juga bergabung dengan Jepang dalam melawan pasukan Sekutu.</p><p><strong>Negara-negara yang jatuh di bawah Kekuasaan Jepang</strong>: Beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaya (sekarang Malaysia), Indonesia, dan wilayah-wilayah lainnya jatuh di bawah kendali Jepang setelah invasi Jepang pada tahun 1941-1942. Meskipun tidak secara langsung bekerja sama, keberadaan Jepang di wilayah-wilayah tersebut mengubah struktur militer dan politik setempat.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Selama periode Perang Dunia II, beberapa negara bekerja sama dengan Jepang dalam bidang militer, baik secara sukarela maupun karena terpaksa karena invasi Jepang. Beberapa di antaranya termasuk:

Thailand: Thailand secara resmi bekerja sama dengan Jepang dengan menandatangani Pakta Aliansi Thailand-Jepang pada 21 Desember 1941. Setelah itu, Thailand memperbolehkan pasukan Jepang melintasi wilayahnya untuk menyerang Malaya dan Burma.

Filipina: Filipina juga jatuh ke tangan Jepang setelah invasi Jepang pada tahun 1941-1942. Meskipun ada gerakan perlawanan terhadap pendudukan Jepang, sebagian masyarakat dan pemimpin Filipina akhirnya terpaksa bekerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang.

Vietnam: Vietnam (saat itu dikenal sebagai Indochina Prancis) juga jatuh ke tangan Jepang setelah invasi Jepang pada tahun 1940-1941. Pemerintah kolonial Prancis yang berada di Vietnam akhirnya bekerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang untuk mempertahankan kekuasaannya.

Burma (sekarang Myanmar): Burma dijajah oleh Britania Raya pada saat itu. Pada tahun 1942, Jepang berhasil menyerang dan menguasai Burma dengan dukungan sebagian masyarakat Burma. Beberapa kelompok militer Burma juga bergabung dengan Jepang dalam melawan pasukan Sekutu.

Negara-negara yang jatuh di bawah Kekuasaan Jepang: Beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaya (sekarang Malaysia), Indonesia, dan wilayah-wilayah lainnya jatuh di bawah kendali Jepang setelah invasi Jepang pada tahun 1941-1942. Meskipun tidak secara langsung bekerja sama, keberadaan Jepang di wilayah-wilayah tersebut mengubah struktur militer dan politik setempat.

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa prinsip dari seni drama, tari, dan musik?

2

0.0

Jawaban terverifikasi