Muhammad R

04 September 2020 12:01

Iklan

Iklan

Muhammad R

04 September 2020 12:01

Pertanyaan

nama fenomena alam atau benda di sekitar yang berhubungan dengan teori atom dalton,Thomson, Rutherford,Niel bohr dan mekanika gelombang


22

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Imelda

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

31 Desember 2021 06:09

Jawaban terverifikasi

Hallo Muhammad, kakak bantu jawab ya ^^ Jadi, jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah teori atom Dalton (atom seperti bola pejal), Thomson (model atom roti kismis), Rutherford (penembakan sinar α pada lempeng emas/berbentuk orbital), Niels Bohr (seperti lintasan tata surya), dan mekanika kuantum (awan-awan elektron mengelilingi inti positif). Ayo simak pembahasan berikut agar kamu lebih paham ya ^^ Model atom dari tahun ke tahun mengalami perkembangan, adapun perkembangannya sebagai berikut: 1. Teori atom John Dalton (1803). Berdasarkan percobaan yang telah dilakukannya, Dalton menyimpulkan bahwa partikel terkecil dari suatu materi adalah atom yang tidak dapat diubah maupun dibagi-bagi lagi. Dalton menggambarkan bahwa atom seperti bola pejal padat yang polos. 2. Teori atom J.J Thomson (1896). Melalui percobaan sinar katoda, Thomson mengamati bahwa sinar katoda setelah melewati medan magnet dibelokkan dan mendekati kutub positif/menjauhi kutub negatif. Berdasarkan pengamatan tersebut, Thomson menyimpulkan bahwa atom merupakan sebuah bola positif yang di dalamnya terdapat elektron dengan penyebaran yang merata seperti kismis pada sebuah roti. 3. Teori atom E. Rutherford (1911). Melakukan percobaan dengan menembakkan sinar α pada lempeng logam. Berdasarkan percobaan ini Rutherford menyimpulkan bahwa atom memiliki inti bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron pada jarak tertentu dari inti sehingga membentuk orbital. 4. Teori atom Niels Bohr (1913). Melakukan kajian dari spektrum unsur, berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan Bohr mendapatkan bahwa atom memiliki elektron yang bergerak pada lintasannya masing-masing dan pada tingkat energi tertentu. Selama bergerak mengelilingi inti atom, elektron tidak menyerap maupun melepas energi, apabila elektron menyerap energi yang sesuai maka akan terjadi eksitasi. Bohr menggambarkan partikel penyusun atom seperti sebuah tata surya. 5. Teori mekanika kuantum (1916-1929). Planck, Sommerfield, Heisenberg, dan Schroedinger mengemukakan bahwa posisi elektron tidak dapat ditentukan secara pasti. Kemungkinan posisinya dapat ditentukan berdasarkan kombinasi bilangan kuantum yang dimiliki elektron. Sehingga model atom pada teori ini seperti awan elektron yang berada di sekitar inti yang bermuatan positif.


Iklan

Iklan

Muhammad R

12 Oktober 2022 18:02

0


Moh K

17 November 2022 11:16

Hasil penemuan/Deskripsi model atom mekanika gelombang


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebanyak 5L gas SO2 dibakar sempurna hingga terbentuk gas SO3 sesuai dengan persamaan reaksi: SO2(g)+O2(g)=>So3(g) Perbandingan volume gas oksigen dengan gas dalam reaksi tersebut jika dikur pada P dan T yang sama adalah..

24

0.0

Jawaban terverifikasi