Genis R

07 Mei 2024 15:30

Iklan

Iklan

Genis R

07 Mei 2024 15:30

Pertanyaan

muatan yang terdapat pada ion

muatan yang terdapat pada ion


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Brian K

10 Mei 2024 00:37

Jawaban terverifikasi

(+) jika di atom kation, cth: golongan 1a (natrium dan kalium) dan gol 2a (magnesium dan kalsium) (-) jika di atom anion, cth: golongan halogen(fluor dan klorida)


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Mei 2024 11:29

Jawaban terverifikasi

<p>Muatan yang terdapat pada ion dapat bermacam-macam, tergantung pada jenis ion tersebut. Ion adalah atom atau molekul yang memiliki muatan listrik karena kehilangan atau mendapatkan satu atau lebih elektron. Ada dua jenis ion: ion positif (kation) dan ion negatif (anion).</p><p>1. Kation (ion positif): Ion kation terbentuk ketika atom kehilangan satu atau lebih elektron. Ini menyebabkan jumlah proton menjadi lebih besar daripada jumlah elektron, sehingga ion memiliki muatan positif. Contohnya adalah ion hidrogen (H+), ion natrium (Na+), dan ion kalsium (Ca2+). Muatan pada ion kation biasanya ditunjukkan dengan angka positif di depan simbol ion.</p><p>2. Anion (ion negatif): Ion anion terbentuk ketika atom mendapatkan satu atau lebih elektron. Ini menyebabkan jumlah elektron menjadi lebih besar daripada jumlah proton, sehingga ion memiliki muatan negatif. Contohnya adalah ion klorida (Cl-), ion nitrat (NO3-), dan ion sulfat (SO42-). Muatan pada ion anion biasanya ditunjukkan dengan angka negatif di depan simbol ion.</p><p>Muatan pada ion menunjukkan seberapa banyak elektron yang hilang atau diperoleh oleh atom atau molekul tersebut. Ini mempengaruhi sifat-sifat kimia dan reaktivitas ion dalam berbagai reaksi kimia.</p><p>&nbsp;</p>

Muatan yang terdapat pada ion dapat bermacam-macam, tergantung pada jenis ion tersebut. Ion adalah atom atau molekul yang memiliki muatan listrik karena kehilangan atau mendapatkan satu atau lebih elektron. Ada dua jenis ion: ion positif (kation) dan ion negatif (anion).

1. Kation (ion positif): Ion kation terbentuk ketika atom kehilangan satu atau lebih elektron. Ini menyebabkan jumlah proton menjadi lebih besar daripada jumlah elektron, sehingga ion memiliki muatan positif. Contohnya adalah ion hidrogen (H+), ion natrium (Na+), dan ion kalsium (Ca2+). Muatan pada ion kation biasanya ditunjukkan dengan angka positif di depan simbol ion.

2. Anion (ion negatif): Ion anion terbentuk ketika atom mendapatkan satu atau lebih elektron. Ini menyebabkan jumlah elektron menjadi lebih besar daripada jumlah proton, sehingga ion memiliki muatan negatif. Contohnya adalah ion klorida (Cl-), ion nitrat (NO3-), dan ion sulfat (SO42-). Muatan pada ion anion biasanya ditunjukkan dengan angka negatif di depan simbol ion.

Muatan pada ion menunjukkan seberapa banyak elektron yang hilang atau diperoleh oleh atom atau molekul tersebut. Ini mempengaruhi sifat-sifat kimia dan reaktivitas ion dalam berbagai reaksi kimia.

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa perbedaan lensa cembung dan lensa cekung pada penggunaan kacamata?

5

5.0

Jawaban terverifikasi