Aljannah J

26 Maret 2022 11:41

Iklan

Iklan

Aljannah J

26 Maret 2022 11:41

Pertanyaan

Montesquieu merupakan seorang ahli dri perancis yang berpendapat bahwa pemenang kekuasaan dalam suatu negara itu harus di bagi secara terpisah. Di mna teori tersebut di kenal dgn teori trias politika.jelas kan pembagaian kekuasaan menurut teori tersebut?


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. SRI

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

31 Maret 2022 03:41

Jawaban terverifikasi

Hallo Aljannah J, kakak bantu jawab ya. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah : 1. Kekuasaan legislatif. Kekuasaan legislatif adalah kekuasaan yang bertugas untuk membuat undang-undang. 2. Kekuasaan eksekutif. Kekuasaan eksekutif adalah kekuasaan yang bertugas untuk melaksanakan undang-undang. 3. Kekuasaan yudikatif. Kekuasaan yudikatif adalah kekuasaan yang bertugas untuk mengadili apabila terjadi pelanggaran atas undang-undang. Berikut ini penjelasannya. Sistem pembagian kekuasaan menurut Montesquieu dikenal dengan istilah Trias Politika. Pemikiran untuk menghindari kekuasaan absolut dalam suatu negara dikembangkan oleh Montesquieu. Dia berpendapat bahwa untuk menciptakan tegaknya negara demokrasi, perlu diadakan pemisahan kekuasaan negara ke dalam tiga bentuk atau organ. Berikut sistem pembagian kekuasaan menurut Montesquieu yang dikenal dengan konsep Trias Politika : 1. Kekuasaan legislatif. Kekuasaan legislatif adalah kekuasaan yang bertugas untuk membuat undang-undang. Di Indonesia, pemegang kekuasaan legislatif adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). 2. Kekuasaan eksekutif. Kekuasaan eksekutif adalah kekuasaan yang bertugas untuk melaksanakan undang-undang. Pemegang kekuasaan ini adalah Presiden, Wakil Presiden, dan kabinetnya. 3. Kekuasaan yudikatif. Kekuasaan yudikatif adalah kekuasaan yang bertugas untuk mengadili apabila terjadi pelanggaran atas undang-undang. Tugas ini dipegang oleh Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial (KY). Jadi, jawaban yang tepat yaitu : 1. Kekuasaan legislatif. Kekuasaan legislatif adalah kekuasaan yang bertugas untuk membuat undang-undang. 2. Kekuasaan eksekutif. Kekuasaan eksekutif adalah kekuasaan yang bertugas untuk melaksanakan undang-undang. 3. Kekuasaan yudikatif. Kekuasaan yudikatif adalah kekuasaan yang bertugas untuk mengadili apabila terjadi pelanggaran atas undang-undang. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

rasa kebersamaan dari kegiatan gotong royong dikarenakan adanya sikap.... a merasa terbebani b individualisme c sosial tanpa pamrih d sama sama harus menanggung

218

5.0

Jawaban terverifikasi