Orenn O

15 September 2023 02:21

Iklan

Iklan

Orenn O

15 September 2023 02:21

Pertanyaan

Mohon bantuannya ya ka, secepatnya πŸ™ terimakasih kaaa πŸ™

Mohon bantuannya ya ka, secepatnya πŸ™ terimakasih kaaa πŸ™

alt

10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Maiza

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

15 September 2023 05:54

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah b. lampu para rangkaian 1, karena 2 buah baterai dengan rangkaian seri menyediakan tegangan yang lebih besar.</p><p>&nbsp;</p><p>Sumber tegangan lisrik pada rangkaian dapat disusun secara seri dan paralel. Rangkaian sumber tegangan seri adalah rangkaian sumber tegangan listrik yang disusun berderetan atau berurutan antara komponennya. Dua atau lebih sumber tegangan yang dirangkai seri memiliki tegangan total sama dengan jumlah besar setiap tegangan yang dirangkai seri.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Rangkaian sumber tegangan paralel ditandai dengan susunan dua sumber tegangan atau lebih yang dirangkai secara bercabang. Pada rangkaian ini, terdiri dari beberapa jenis sumber tegangan memiliki beda potensial sumber pengganti sama degan sebuah sumber tegangan.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Semakin banyak jumlah baterai yang dipasang secara seri, nyala lampu semakin terang. Hal ini disebabkan beda potensial yang dihasilkan oleh baterai yang dipasang secara seri semakin besar atau dapat dirumuskan Vs = V1 + V2 + ... +Vn.&nbsp;</p><p>Nyala lampu pada rangkaian baterai yang dipasang secara paralel tetap (tidak semakin terang). Hal ini disebabkan beda potensial yang dihasilkan oleh baterai yang dipasang secara paralel sama pada setiap titik atau dapat dirumuskan Vp = V1 = V2 = ... = Vn.</p><p>&nbsp;</p><p>Dari kedua rangkaian, lampu pada rangkaian 1 akan menyala lebih terang karena 2 buah baterai dengan rangkaian seri menyediakan tegangan yang lebih besar.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, yang paling terang adalah b. lampu para rangkaian 1, karena 2 buah baterai dengan rangkaian seri menyediakan tegangan yang lebih besar.</p>

Jawaban yang benar adalah b. lampu para rangkaian 1, karena 2 buah baterai dengan rangkaian seri menyediakan tegangan yang lebih besar.

 

Sumber tegangan lisrik pada rangkaian dapat disusun secara seri dan paralel. Rangkaian sumber tegangan seri adalah rangkaian sumber tegangan listrik yang disusun berderetan atau berurutan antara komponennya. Dua atau lebih sumber tegangan yang dirangkai seri memiliki tegangan total sama dengan jumlah besar setiap tegangan yang dirangkai seri. 

 

Rangkaian sumber tegangan paralel ditandai dengan susunan dua sumber tegangan atau lebih yang dirangkai secara bercabang. Pada rangkaian ini, terdiri dari beberapa jenis sumber tegangan memiliki beda potensial sumber pengganti sama degan sebuah sumber tegangan. 

 

Semakin banyak jumlah baterai yang dipasang secara seri, nyala lampu semakin terang. Hal ini disebabkan beda potensial yang dihasilkan oleh baterai yang dipasang secara seri semakin besar atau dapat dirumuskan Vs = V1 + V2 + ... +Vn. 

Nyala lampu pada rangkaian baterai yang dipasang secara paralel tetap (tidak semakin terang). Hal ini disebabkan beda potensial yang dihasilkan oleh baterai yang dipasang secara paralel sama pada setiap titik atau dapat dirumuskan Vp = V1 = V2 = ... = Vn.

 

Dari kedua rangkaian, lampu pada rangkaian 1 akan menyala lebih terang karena 2 buah baterai dengan rangkaian seri menyediakan tegangan yang lebih besar.

 

Jadi, yang paling terang adalah b. lampu para rangkaian 1, karena 2 buah baterai dengan rangkaian seri menyediakan tegangan yang lebih besar.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah benda melakukan gerak harmonic dengan amplitudo 20 cm dengan frekuaensi 100 Hz. Tentukan kecepatan getaran GHS saat simpangannya 10 cm!

20

0.0

Jawaban terverifikasi