R I

30 Agustus 2023 13:36

Iklan

Iklan

R I

30 Agustus 2023 13:36

Pertanyaan

Meskipun modernisasi sama dengan westernisasi, keduanya sering dikaitkan dengan perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat. SEBAB Budaya luar akan dengan mudah masuk dan dipraktikkan oleh masyarakat sehingga menghilangkan jati diri bangsa.


10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

16 Oktober 2023 11:05

Jawaban terverifikasi

jawabannya E Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Modernisasi dan westernisasi adalah dua hal yang berbeda. Modernisasi adalah proses perubahan masyarakat dari tradisional menjadi modern, sedangkan westernisasi adalah proses adopsi budaya Barat oleh masyarakat. Modernisasi dapat terjadi tanpa westernisasi. Misalnya, masyarakat Indonesia dapat modern tanpa harus mengadopsi budaya Barat. Hal ini dapat terjadi melalui proses internalisasi nilai-nilai modern, seperti pendidikan, teknologi, dan pembangunan ekonomi. Westernisasi dapat terjadi tanpa modernisasi. Misalnya, masyarakat Indonesia dapat mengadopsi budaya Barat tanpa mengubah struktur sosial dan budayanya. Hal ini dapat terjadi melalui proses interaksi sosial, seperti pariwisata, media massa, dan pendidikan. Pada kenyataannya, modernisasi dan westernisasi sering terjadi secara bersamaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti globalisasi, kemajuan teknologi, dan perdagangan bebas. Globalisasi telah mempermudah interaksi antar masyarakat di dunia. Hal ini menyebabkan budaya Barat dapat dengan mudah masuk ke masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi juga telah mempermudah akses masyarakat Indonesia terhadap budaya Barat. Perdagangan bebas juga telah memungkinkan masuknya produk-produk budaya Barat ke Indonesia. Masuknya budaya Barat ke Indonesia dapat berdampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah masyarakat Indonesia dapat belajar tentang budaya Barat dan mengembangkan budayanya sendiri. Dampak negatifnya adalah budaya Barat dapat menggeser budaya asli Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan antara modernisasi dan westernisasi. Modernisasi harus dilakukan dengan tetap mempertahankan jati diri bangsa.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada suku Batak, kain ulos mempunyai peran penting sej ak mereka lahir sampai meninggal. Kain ulos dipergunakan pada semua acara adat dan mempunyai aturan tersendiri. Sistem kebudayaan yang ada pada kain ulos adalah .... a. Sistem pengetahuan dan ekonomi b. Sistem peralatan dan perlengkapan hidup c. Sistem kekerabatan dan kesenian d. Sistem pemerintahan dan kepercayaan e. Sistem kepercayaan dan pengetahuan

5

0.0

Jawaban terverifikasi