Sarah S

11 Juli 2022 20:01

Iklan

Iklan

Sarah S

11 Juli 2022 20:01

Pertanyaan

Menurut Jusuf Kalla banyaknya aturan tidak menjamin suatu negara dapat maju, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana menegakkan aturan itu benar-benar dilaksanakan dengan baik dan benar. Ia mengemukakan tugas yang diemban Kementerian Hukum dan HAM juga luar biasa besar dan bisa dikatakan sebagai penjaga pilar demokrasi. Karena itu perlu dijaga independensinya, tanpa penjagaan terhadap lalu lintas demokrasi, maka demokrasi juga tidak bisa berjalan. Berdasarkan pernyataan wakil Presiden di atas, berikut ini yang berupa cerminan sikap positif pemerintah adalah … a. lepas tangan terhadap upaya penegakan HAM b. setengah hati, karena urusan HAM diserahkan kepada menteri c. serius mendukung penghormatan HAM dan tegaknya Demokrasi d. meragukan keseriusan Kementerian dalam penegakan HAM e. lebih serius dalam menjaga lalu lintas demokrasi


93

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Yeni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

29 Agustus 2022 14:55

Jawaban terverifikasi

Jawaban : C. serius mendukung penghormatan HAM dan tegaknya Demokrasi Negara Indonesia merupakan negara hukum, dimana antara demokrasi dan Hak asasi manusia merupakan bagian yang tak terpisahkan. Demokrasi merupakan cara pelaksanaan negara sebagai organisasi kekuasaan yang menjamin pengakuan terhadap HAM. Sedangkan pelaksanaan demokrasi itu sendiri juga harus dilandasi oleh prinsip-prinsip HAM. Dalam demokrasi Partai Politik, Pemilihan Umum dan Badan Perwakilan Rakyat merupakan tiga institusi yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain dalam suatu negara demokrasi. Dengan pemilu rakyat diberikan kebebasan dalam menentukan calon-calon wakil rakyat, kehendak rakyat ialah dasar kekuasaan pemerintah yang dilahirkan dalam pemilihan-pemilihan berkala dan jujur yang dilakukan dalam pemilihan umum dan berkesamaan atas pengaturan suara yang rahasia, dengan cara pemungutan suara yang bebas dan yang sederajat. Oleh karena itu, sudah seharusnya pemerintah serius dalam mendukung penghormatan terhadap HAM dan tegaknya demokrasi. Jadi, sikap positif pemerintah adalah serius mendukung penghormatan HAM dan tegaknya Demokrasi.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Upaya yang dapat dilakukan pelajar dalam rangka mendukung upaya bela negara adalah…

547

5.0

Jawaban terverifikasi

1.Bagaimana hubungan antar Perundang - undangan sesuai dg herarkis tata urutan ? 2. Simaklah beberapa peraturan perundangan apakah peraturan tersebut SBG terjemahan atas peraturan perundangan atau tumpang tindih ? ( UU no 12 Tahun 2011, UU no 23Tahun 2014, UU No 25 Tahun 2004 ) 3 . Tuliskan peraturan perundangan yg di undangkan atas perintah TAP MPR NO I / MPR/ 2003 4.sebutkan produk UU atas perintah UUD NRI Tahun 1945 ( pasal18, pasal 22, pasal 23, Pasal 26 , Pasal 27,pasal ,pasal 28, pasal 29, pasal 30 ,pasal 31 dan pasal 33 )

227

2.2

Lihat jawaban (3)