Layla A

27 November 2023 12:48

Iklan

Iklan

Layla A

27 November 2023 12:48

Pertanyaan

Mengidentifikasi dampak interaksi terhadap desa – kota......


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Melodyrein M

27 November 2023 15:34

Jawaban terverifikasi

<p><strong>dampak</strong> dari <strong>interaksi desa kota</strong> adalah: Makin beragamnya orientasi mata pencaharian dari yang hanya berorientasi pertanian, berkembang menjadi industri yang memanfaatkan hasil pertanian. Makin meningkatnya produktivitas pertanian dan adanya teknologi tepat guna atau cara bertani yang lebih maju.</p><p>&nbsp;</p><p>Dampak Positif Interaksi Desa-Kota (Bagi Desa): <strong>Meningkatnya taraf Pendidikan</strong>. <strong>Informasi dan komunikasi lebih mudah diterima oleh masyarakat</strong>. <strong>Pembangunan infrastruktur di desa meningkat sehingga memudahkan aksesibilitas</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p>Dampak Positif Interaksi Desa-Kota (Bagi kota):<br><strong>Saling Ketergantungan dan saling membutuhkan</strong>. Kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan pangan seperti beras, sayur mayur , daging dan ikan. Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi jenis jenis pekerjaan tertentu dikota.</p><p>&nbsp;</p><p>- faktor -</p><p>Salah satunya adalah urbanisasi. Urbanisasi atau perpindahan dari <strong>desa</strong> ke <strong>kota</strong> besar ini berpengaruh pada <strong>masyarakat kota</strong> terutama dilihat dari kepadatan penduduknya. Selain <strong>itu</strong>, <strong>dampak interaksi masyarakat desa kota</strong> juga dilihat dalam bidang transportasi.</p>

dampak dari interaksi desa kota adalah: Makin beragamnya orientasi mata pencaharian dari yang hanya berorientasi pertanian, berkembang menjadi industri yang memanfaatkan hasil pertanian. Makin meningkatnya produktivitas pertanian dan adanya teknologi tepat guna atau cara bertani yang lebih maju.

 

Dampak Positif Interaksi Desa-Kota (Bagi Desa): Meningkatnya taraf Pendidikan. Informasi dan komunikasi lebih mudah diterima oleh masyarakat. Pembangunan infrastruktur di desa meningkat sehingga memudahkan aksesibilitas.

 

Dampak Positif Interaksi Desa-Kota (Bagi kota):
Saling Ketergantungan dan saling membutuhkan. Kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan pangan seperti beras, sayur mayur , daging dan ikan. Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi jenis jenis pekerjaan tertentu dikota.

 

- faktor -

Salah satunya adalah urbanisasi. Urbanisasi atau perpindahan dari desa ke kota besar ini berpengaruh pada masyarakat kota terutama dilihat dari kepadatan penduduknya. Selain itu, dampak interaksi masyarakat desa kota juga dilihat dalam bidang transportasi.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 01:43

Jawaban terverifikasi

<p><br>Interaksi antara desa dan kota memiliki dampak yang beragam, baik bagi desa maupun kota. Berikut adalah beberapa dampak interaksi tersebut:</p><p><strong>Pertukaran Barang dan Jasa</strong>: Desa dan kota saling memasok barang dan jasa satu sama lain. Desa sering memasok produk pertanian dan barang-barang lainnya ke kota, sedangkan kota menyediakan barang-barang konsumsi dan jasa-jasa tertentu kepada desa. Dampaknya adalah terciptanya ekonomi yang saling mendukung antara desa dan kota.</p><p><strong>Perpindahan Penduduk</strong>: Interaksi desa-kota sering memicu perpindahan penduduk dari desa ke kota atau sebaliknya. Penduduk desa mungkin mencari pekerjaan dan peluang ekonomi di kota, sementara penduduk kota mungkin mencari tempat tinggal yang lebih terjangkau di desa. Dampaknya adalah perubahan dalam struktur penduduk dan ekonomi di kedua wilayah.</p><p><strong>Pertukaran Budaya dan Pengetahuan</strong>: Interaksi antara desa dan kota memungkinkan pertukaran budaya, tradisi, dan pengetahuan antara masyarakat perkotaan dan pedesaan. Hal ini dapat memperkaya kehidupan sosial dan budaya di kedua wilayah.</p><p><strong>Pembangunan Infrastruktur</strong>: Kerjasama antara desa dan kota dalam pembangunan infrastruktur seperti jalan, listrik, dan air bersih dapat meningkatkan kualitas hidup di kedua wilayah. Dampaknya adalah peningkatan aksesibilitas dan pelayanan dasar bagi penduduk desa dan kota.</p><p><strong>Peningkatan Kesadaran Lingkungan</strong>: Interaksi desa-kota juga dapat memicu peningkatan kesadaran lingkungan, terutama di desa yang mulai terpengaruh oleh gaya hidup perkotaan. Ini bisa mencakup perubahan dalam pola konsumsi, manajemen limbah, dan konservasi sumber daya alam.</p><p><strong>Perubahan Sosial-Ekonomi</strong>: Interaksi desa-kota sering kali membawa perubahan dalam struktur sosial dan ekonomi masyarakat di kedua wilayah. Hal ini dapat mencakup perubahan dalam pola pekerjaan, pendapatan, dan gaya hidup.</p>


Interaksi antara desa dan kota memiliki dampak yang beragam, baik bagi desa maupun kota. Berikut adalah beberapa dampak interaksi tersebut:

Pertukaran Barang dan Jasa: Desa dan kota saling memasok barang dan jasa satu sama lain. Desa sering memasok produk pertanian dan barang-barang lainnya ke kota, sedangkan kota menyediakan barang-barang konsumsi dan jasa-jasa tertentu kepada desa. Dampaknya adalah terciptanya ekonomi yang saling mendukung antara desa dan kota.

Perpindahan Penduduk: Interaksi desa-kota sering memicu perpindahan penduduk dari desa ke kota atau sebaliknya. Penduduk desa mungkin mencari pekerjaan dan peluang ekonomi di kota, sementara penduduk kota mungkin mencari tempat tinggal yang lebih terjangkau di desa. Dampaknya adalah perubahan dalam struktur penduduk dan ekonomi di kedua wilayah.

Pertukaran Budaya dan Pengetahuan: Interaksi antara desa dan kota memungkinkan pertukaran budaya, tradisi, dan pengetahuan antara masyarakat perkotaan dan pedesaan. Hal ini dapat memperkaya kehidupan sosial dan budaya di kedua wilayah.

Pembangunan Infrastruktur: Kerjasama antara desa dan kota dalam pembangunan infrastruktur seperti jalan, listrik, dan air bersih dapat meningkatkan kualitas hidup di kedua wilayah. Dampaknya adalah peningkatan aksesibilitas dan pelayanan dasar bagi penduduk desa dan kota.

Peningkatan Kesadaran Lingkungan: Interaksi desa-kota juga dapat memicu peningkatan kesadaran lingkungan, terutama di desa yang mulai terpengaruh oleh gaya hidup perkotaan. Ini bisa mencakup perubahan dalam pola konsumsi, manajemen limbah, dan konservasi sumber daya alam.

Perubahan Sosial-Ekonomi: Interaksi desa-kota sering kali membawa perubahan dalam struktur sosial dan ekonomi masyarakat di kedua wilayah. Hal ini dapat mencakup perubahan dalam pola pekerjaan, pendapatan, dan gaya hidup.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

indonesia merupakan negara yang sangat subur yang mana sektor pertanian sangat berpotensi untuk menjadi pendorong kemajuan nasional, namun saaat ini sektor agrikutur masih mengalami banyak hambatan, jelaskan yang menjadi penghambat perkembangan agrikultur di indonesia

565

0.0

Jawaban terverifikasi