Nabil A

31 Mei 2022 06:17

Iklan

Iklan

Nabil A

31 Mei 2022 06:17

Pertanyaan

Mengenal Letak Geografis Indonesia Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah daerah atau negara dibatasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan. Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera. Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat hingga Merauke di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2. Diolah dari berbagai sumber Tentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan di atas! Paragraf 4 :


16

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Septiyaningrum

31 Mei 2022 11:40

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah pikiran utamanya wilayah Indonesia terbentang dari Sabang (barat) sampai Merauke (timur). Informasi penting dari paragraf 4 yaitu Luas wilayah Indonesia terdiri dari 1.922.570 km² daratan dan 3.257.483 km² perairan. Pembahasan: Pikiran utama atau gagasan pokok paragraf adalah inti dari suatu pembahasan yang terdapat dalam paragraf. Paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat pendukung. Kalimat utama yaitu kalimat yang memuat pikiran utama atau gagasan pokok paragraf. Kalimat pendukung yaitu kalimat yang menjelaskan, merinci, menguraikan kalimat utama. Pikiran utama pada paragraf 4 bacaan di atas adalah wilayah Indonesia terbentang dari Sabang (barat) sampai Merauke (timur). Informasi penting dari paragraf 4 bacaan di atas adalah Luas wilayah Indonesia terdiri dari 1.922.570 km² daratan dan 3.257.483 km² perairan. Jadi, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sama seperti pada pembahasan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah

118

5.0

Jawaban terverifikasi