Abronia G

01 Agustus 2022 16:49

Iklan

Iklan

Abronia G

01 Agustus 2022 16:49

Pertanyaan

Mengapa tekanan darah di aorta lebih besar dibandingkan tekanan darah di vena kava?


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Rizqi

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

10 Oktober 2022 07:18

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah karena aorta berfungsi untuk mendistribusikan darah yang mengandung oksigen langsung dari jantung menuju seluruh bagian tubuh, sedangkan vena cava berfungsi mendistribusikan kembali darah dari seluruh tubuh yang mengandung CO2 menuju jantung.</p><p>&nbsp;</p><p>Tekanan darah secara sederhana dapat diartikan sebagai kondisi saat darah mengalir melalui arteri, yang kemudian darah akan memberikan tekanan pada dinding arteri. Tekanan darah juga dapat diartikan sebagai ukuran kekuatan aliran darah, yang memiliki sifat tidak pasti karena nilainya akan selalu berubah-ubah dalam waktu yang relatif singkat. Dalam tubuh manusia, terdapat beberapa jenis pembuluh darah yang membantu sistem peredaran darah yang dilakukan oleh organ jantung, di antaranya adalah aorta dan vena kava.</p><p>&nbsp;</p><p>Aorta adalah jenis pembuluh darah terbesar yang ada di tubuh manusia. Aorta berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah yang kaya akan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh, di mana hal ini menyebabkan tekanan darah di aorta sangat besar. Sedangkan, vena kava adalah merupakan vena terbesar yang ujungnya terletak di serambi kanan, berfungsi membawa darah yang kaya akan karbondioksida ke jantung. Vena kava ini memiliki tekanan yang tidak terlalu besar karena tidak memompa darah langsung dari jantung.</p><p><br>Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah karena aorta berfungsi untuk mendistribusikan darah yang mengandung oksigen langsung dari jantung menuju seluruh bagian tubuh, sedangkan vena cava berfungsi mendistribusikan kembali darah dari seluruh tubuh yang mengandung CO2 menuju jantung.</p>

Jawaban yang tepat adalah karena aorta berfungsi untuk mendistribusikan darah yang mengandung oksigen langsung dari jantung menuju seluruh bagian tubuh, sedangkan vena cava berfungsi mendistribusikan kembali darah dari seluruh tubuh yang mengandung CO2 menuju jantung.

 

Tekanan darah secara sederhana dapat diartikan sebagai kondisi saat darah mengalir melalui arteri, yang kemudian darah akan memberikan tekanan pada dinding arteri. Tekanan darah juga dapat diartikan sebagai ukuran kekuatan aliran darah, yang memiliki sifat tidak pasti karena nilainya akan selalu berubah-ubah dalam waktu yang relatif singkat. Dalam tubuh manusia, terdapat beberapa jenis pembuluh darah yang membantu sistem peredaran darah yang dilakukan oleh organ jantung, di antaranya adalah aorta dan vena kava.

 

Aorta adalah jenis pembuluh darah terbesar yang ada di tubuh manusia. Aorta berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah yang kaya akan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh, di mana hal ini menyebabkan tekanan darah di aorta sangat besar. Sedangkan, vena kava adalah merupakan vena terbesar yang ujungnya terletak di serambi kanan, berfungsi membawa darah yang kaya akan karbondioksida ke jantung. Vena kava ini memiliki tekanan yang tidak terlalu besar karena tidak memompa darah langsung dari jantung.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah karena aorta berfungsi untuk mendistribusikan darah yang mengandung oksigen langsung dari jantung menuju seluruh bagian tubuh, sedangkan vena cava berfungsi mendistribusikan kembali darah dari seluruh tubuh yang mengandung CO2 menuju jantung.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jodohkan gambar dengan pola interaksi yang sesuai! 10. Beruang dengan ikan Pola interaksi a. Netralisme b. Predasi c. Simbiosis mutualisme d. Simbiosis komensalisme e. Simbiosis parasitisme f. Antibiosis

192

5.0

Jawaban terverifikasi