..... .

22 Agustus 2023 10:07

Iklan

Iklan

..... .

22 Agustus 2023 10:07

Pertanyaan

mengapa setengah populasi Vietnam merupakan pertanian?

mengapa setengah populasi Vietnam merupakan pertanian?


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Agustus 2023 10:56

Jawaban terverifikasi

Setengah populasi Vietnam yang terlibat dalam sektor pertanian bisa dijelaskan oleh beberapa faktor. Pertanian adalah sektor ekonomi yang penting di Vietnam, terutama karena geografi dan sejarah negara tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sektor pertanian berperan signifikan di Vietnam: 1. Geografi: Vietnam memiliki lahan yang subur dan cuaca yang mendukung untuk pertanian. Negara ini memiliki dataran rendah yang luas, delta sungai yang subur, dan pegunungan yang mendukung pertanian beragam seperti tanaman padi, kopi, teh, buah-buahan, dan sayuran. Kemampuan untuk memanfaatkan lahan ini telah membuat pertanian menjadi bagian penting dalam perekonomian Vietnam. 2. Sejarah: Vietnam memiliki sejarah panjang sebagai negara agraris dan tradisi pertanian yang kuat. Banyak masyarakat pedesaan di Vietnam masih menjalankan kehidupan pertanian tradisional, yang juga menjadi mata pencaharian utama bagi mereka. 3. Peranan Sosial dan Ekonomi: Pertanian merupakan sumber mata pencaharian bagi banyak penduduk di Vietnam, terutama di pedesaan. Banyak keluarga bergantung pada pertanian sebagai sumber pendapatan mereka. Selain itu, keberadaan pertanian juga berpengaruh terhadap harga pangan dan keamanan pangan negara tersebut. 4. Perkembangan Infrastruktur: Pemerintah Vietnam telah berupaya meningkatkan infrastruktur dan teknologi pertanian. Hal ini membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian, sekaligus mengurangi kemiskinan di wilayah pedesaan. Namun, perlu dicatat bahwa sementara pertanian masih penting bagi sebagian besar populasi Vietnam, negara ini juga telah mengalami pertumbuhan sektor lain seperti industri dan jasa dalam beberapa dekade terakhir. Proses industrialisasi dan urbanisasi mengarah pada pergeseran angkatan kerja dari sektor pertanian ke sektor lainnya.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 13:06

Jawaban terverifikasi

<p>Ada beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa sektor pertanian masih memainkan peran signifikan dalam ekonomi dan tenaga kerja Vietnam:</p><p><strong>Sejarah Pertanian</strong>: Pertanian telah menjadi bagian integral dari sejarah dan budaya Vietnam selama berabad-abad. Sebelum industrialisasi dan urbanisasi modern, mayoritas penduduk bergantung pada pertanian untuk mata pencaharian dan pemenuhan kebutuhan makanan.</p><p><strong>Struktur Ekonomi</strong>: Meskipun Vietnam telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan berbagai sektor lainnya telah berkembang, sektor pertanian masih berperan penting dalam menyediakan lapangan kerja dan memenuhi sebagian besar kebutuhan pangan dalam negeri.</p><p><strong>Ruralisasi</strong>: Banyak wilayah di Vietnam masih didominasi oleh desa-desa pedesaan, di mana pertanian adalah sumber utama mata pencaharian. Meskipun urbanisasi telah berlangsung, sebagian besar penduduk masih tinggal di pedesaan dan terlibat dalam pertanian.</p><p><strong>Keterbatasan Lainnya</strong>: Infrastruktur, pendidikan, dan peluang kerja di sektor non-pertanian belum merata di seluruh negara. Beberapa wilayah mungkin mengalami keterbatasan akses ke pekerjaan di sektor lain, membuat pertanian menjadi pilihan utama.</p><p><strong>Sumber Daya Alam dan Lingkungan</strong>: Vietnam memiliki lahan pertanian yang subur dan cocok untuk pertanian padi, kopi, karet, dan berbagai tanaman lainnya. Dalam beberapa kasus, terutama di daerah pedesaan, pertanian mungkin menjadi cara paling praktis untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada.</p><p><strong>Keseimbangan Ekonomi</strong>: Pertanian juga berperan dalam menjaga keseimbangan ekonomi negara dengan menyediakan pangan lokal dan bahan baku untuk industri pengolahan makanan dan tekstil, yang juga penting bagi ekspor.</p><p>Penting untuk dicatat bahwa kondisi ini mungkin telah berubah sejak saat itu dan faktor-faktor tertentu, seperti modernisasi pertanian, urbanisasi, dan perubahan ekonomi, dapat berdampak pada proporsi penduduk yang terlibat dalam sektor pertanian di Vietnam. Untuk informasi yang lebih akurat dan terkini, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terbaru dan otoritas yang relevan.</p>

Ada beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa sektor pertanian masih memainkan peran signifikan dalam ekonomi dan tenaga kerja Vietnam:

Sejarah Pertanian: Pertanian telah menjadi bagian integral dari sejarah dan budaya Vietnam selama berabad-abad. Sebelum industrialisasi dan urbanisasi modern, mayoritas penduduk bergantung pada pertanian untuk mata pencaharian dan pemenuhan kebutuhan makanan.

Struktur Ekonomi: Meskipun Vietnam telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan berbagai sektor lainnya telah berkembang, sektor pertanian masih berperan penting dalam menyediakan lapangan kerja dan memenuhi sebagian besar kebutuhan pangan dalam negeri.

Ruralisasi: Banyak wilayah di Vietnam masih didominasi oleh desa-desa pedesaan, di mana pertanian adalah sumber utama mata pencaharian. Meskipun urbanisasi telah berlangsung, sebagian besar penduduk masih tinggal di pedesaan dan terlibat dalam pertanian.

Keterbatasan Lainnya: Infrastruktur, pendidikan, dan peluang kerja di sektor non-pertanian belum merata di seluruh negara. Beberapa wilayah mungkin mengalami keterbatasan akses ke pekerjaan di sektor lain, membuat pertanian menjadi pilihan utama.

Sumber Daya Alam dan Lingkungan: Vietnam memiliki lahan pertanian yang subur dan cocok untuk pertanian padi, kopi, karet, dan berbagai tanaman lainnya. Dalam beberapa kasus, terutama di daerah pedesaan, pertanian mungkin menjadi cara paling praktis untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Keseimbangan Ekonomi: Pertanian juga berperan dalam menjaga keseimbangan ekonomi negara dengan menyediakan pangan lokal dan bahan baku untuk industri pengolahan makanan dan tekstil, yang juga penting bagi ekspor.

Penting untuk dicatat bahwa kondisi ini mungkin telah berubah sejak saat itu dan faktor-faktor tertentu, seperti modernisasi pertanian, urbanisasi, dan perubahan ekonomi, dapat berdampak pada proporsi penduduk yang terlibat dalam sektor pertanian di Vietnam. Untuk informasi yang lebih akurat dan terkini, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terbaru dan otoritas yang relevan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengaruh urbanisasi terhadap keunggulan ekonomi negara, dan upaya positif pemerintah dalam urbanisasi?

122

0.0

Jawaban terverifikasi