Milea W

27 Oktober 2022 07:55

Iklan

Iklan

Milea W

27 Oktober 2022 07:55

Pertanyaan

mengapa perubahan sosial tidak selalu mendapat penerimaan pada masyarakat?


19

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rismawati R

29 Oktober 2022 10:24

Jawaban terverifikasi

Perubahan sosial tidak selalu diterima oleh masyarakat. Hak tersebut dikarenakan beberapa hal, antara lain: 1. kurangnya kontak dengan masyarakat lain, Sehingga membuat masyarakat di suatu tempat apalagi tempat terpencil akan kesulitan menerima perubahan yang masuk. Akses wilayah di wilayah terisolasi juga menjadi penyebab sulitnya suatu masyarakat menerima perubahan sosial. 2. Adat istiadat yang tertanam kuat sehingga membuat masyarakat tidak mau menerima perubahan dari budaya luar masuk ke budayanya. Contohnya suku kubu yang tidak menerima teknologi yang diberikan pemerintah kepadanya, bahkan mereka juga menolak pembangunan tempat tinggal gratis. 3. Terhambatnya IPTEK, kita mengetahui bahwa IPTEK sangat berperan penting dalam kehidupan ini. Jika kemajuan IPTEK sudah terhambat di suatu daerah, maka masyarakat tersebut akan tertinggal dengan masyarakat di daerah lain. 4. Prasangka buruk akan hal baru. Dalam hidup kita diharuskan untuk selalu berpikiran positif dan terbuka. Semua hal baru yang masuk dalam kehidupan kita tidak boleh langsung ditolak, namun harus dicari tahu kebenarannya terlebih dahulu. Apabila bermanfaat maka bisa diterima untuk diterapkan dalam kehidupan, apabila tidak bermanfaat, barulah kita menolaknya. 5. Hambatan ideologis, yaitu keyakinan yang tertanam kuat dalam masyarakat yang harus dilihat secara ideal. Contohnya ideologi tentang pemimpin itu harus laki-laki.


Iklan

Iklan

A. Rafid

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

02 Desember 2022 03:43

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah masyarakat akan cenderung memberikan penolakan karena belum siap untuk menerima nilai dan norma baru.</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut penjelasannya!</p><p>&nbsp;</p><p>Perubahan sosial adalah perubahan dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, nilai, sikap, dan pola perilaku individu di antara kelompok. Perubahan sosial berdasarkan waktu dibagi menjadi dua, yaitu evolusi dan revolusi.</p><p>&nbsp;</p><p>Perubahan yang tidak mudah diterima oleh masyarakat umumnya adalah perubahan yang berlangsung cepat atau revolusi. Revolusi merupakan perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan mengubah dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Apabila masyarakat tidak mampu mengikuti perubahan itu maka akan cenderung memberikan penolakan karena belum siap untuk menerima nilai dan norma baru.</p>

Jawabannya adalah masyarakat akan cenderung memberikan penolakan karena belum siap untuk menerima nilai dan norma baru.

 

Berikut penjelasannya!

 

Perubahan sosial adalah perubahan dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, nilai, sikap, dan pola perilaku individu di antara kelompok. Perubahan sosial berdasarkan waktu dibagi menjadi dua, yaitu evolusi dan revolusi.

 

Perubahan yang tidak mudah diterima oleh masyarakat umumnya adalah perubahan yang berlangsung cepat atau revolusi. Revolusi merupakan perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan mengubah dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Apabila masyarakat tidak mampu mengikuti perubahan itu maka akan cenderung memberikan penolakan karena belum siap untuk menerima nilai dan norma baru.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan contoh perilaku dalam menghadapi perubahan sosial yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

277

5.0

Jawaban terverifikasi