Fatimah Z

25 Mei 2024 10:07

Iklan

Fatimah Z

25 Mei 2024 10:07

Pertanyaan

mengapa pada saat udara berawan, udara disekitar kita menjadi terasa panas dan garah?

mengapa pada saat udara berawan, udara disekitar kita menjadi terasa panas dan garah?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

13

:

19

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

25 Mei 2024 10:11

Jawaban terverifikasi

Jawaban: Saat cuaca berawan, udara di sekitar kita seringkali terasa panas dan gerah. Hal ini disebabkan oleh adanya awan yang membawa banyak uap air. Uap air ini berperan sebagai penahan panas. Dalam kondisi normal, panas dari matahari yang diterima oleh permukaan bumi akan dipantulkan kembali ke atmosfer. Namun, saat ada awan, sebagian panas tersebut ditahan oleh uap air dalam awan dan tidak bisa dipantulkan kembali ke atmosfer. Akibatnya, suhu di permukaan bumi menjadi lebih tinggi dan udara terasa panas dan gerah. Proses ini dikenal sebagai efek rumah kaca, di mana gas-gas seperti uap air berperan sebagai penahan panas dan mencegahnya untuk lolos ke luar atmosfer.


Iklan

Celine G

25 Mei 2024 10:57

Jawaban terverifikasi

<p>Suasana gerah secara meteorologis disebabkan suhu udara yang panas disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Kelembapan udara yang tinggi menyatakan jumlah uap air yang terkandung pada udara. Semakin banyak uap air yang dikandung dalam udara, maka akan semakin lembap udara tersebut, dan apabila suhu meningkat akibat pemanasan matahari langsung karena berkurangnya tutupan awan, suasana akan lebih terasa gerah. &nbsp;Awan mendung berada tidak terlalu tinggi jaraknya dengan permukaan, sehingga udara panas yang dilepaskan akan lebih terasa. Selain itu, awan mengandung banyak sekali uap air, permukaan bumi yang menerima panas matahari menyebarkan kembali panas tersebut, dan juga dipengaruhi oleh efek rumah kaca yang selalu menghasilkan karbon dioksida atau CO<sub>2</sub>.</p>

Suasana gerah secara meteorologis disebabkan suhu udara yang panas disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Kelembapan udara yang tinggi menyatakan jumlah uap air yang terkandung pada udara. Semakin banyak uap air yang dikandung dalam udara, maka akan semakin lembap udara tersebut, dan apabila suhu meningkat akibat pemanasan matahari langsung karena berkurangnya tutupan awan, suasana akan lebih terasa gerah.  Awan mendung berada tidak terlalu tinggi jaraknya dengan permukaan, sehingga udara panas yang dilepaskan akan lebih terasa. Selain itu, awan mengandung banyak sekali uap air, permukaan bumi yang menerima panas matahari menyebarkan kembali panas tersebut, dan juga dipengaruhi oleh efek rumah kaca yang selalu menghasilkan karbon dioksida atau CO2.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan