Sumiati L

03 Mei 2020 13:34

Iklan

Iklan

Sumiati L

03 Mei 2020 13:34

Pertanyaan

mengapa Indonesia dibahi menjadi 3 daerah waktu


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Kris

26 Desember 2021 15:33

Jawaban terverifikasi

Hallo Sumiati, kakak bantu jawab juga ya. jawabannya karena kondisi garis bujur geografis indonesia yang luas. gini ya penjelasannya Waktu yang ada di Dunia memiliki titik 0 di Greenwich (Inggris) perbedaan garis bujur yang ada di Indonesia menyebabkan terjadinya pergerakan waktu yang ada di Indonesia saat terjadi rotasi bumi tersebut. setiap 15° garis bujur sama dengan perbedaan 1 jam dengan waktu GMT (Greenwich Mean Time), letak indonesia adalah atara 95°BT - 141°BT, sehingga indonesia memiliki selisih luas 46°BT. karena setiap 15° memiliki perbedaan 1 jam sehingga dengan selisih 46° ini, Indonesia terbagi menjadi 3 belahan waktu yaitu WIB, WITA, dan WIT kesimpulannya karena kondisi garis bujur geografis indonesia yang luas. semoga membantu yaa!


Iklan

Iklan

Fina M

31 Mei 2020 06:33

wilayah Indonesia memiliki perbedaan garis bujur yang menyebabkan adanya perbedaan waktu. Setiap perbedaan 15° bujur maka terdapat perbedaan waktu selama 24 jam. Koordinat bujur dari wilayah Indonesia yaitu 95°BT - 141°BT dan menimbulkan selisih perbedaan 46° yang dibagi oleh 15°.Sehingga wilayah waktu yang dihasilkan adalah 3 wilayah dengan masing-masing perbedaan waktu 1 jam.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan apa itu Remigrasi?

1

0.0

Jawaban terverifikasi

Berikut yang membedakan batang tumbuhan dikotil dan monokotil adalah .... Pilihan jawaban A Batang dikotil mempunyai pembuluh, sedangkan monokotil tidak B Batang monokotil mempunyai pembuluh, sedangkan dikotil tidak C Batang monokotil berkambium, sedangkan dikotil tidak D Batang dikotil berkambium, sedangkan monokotil tidak

4

1.0

Lihat jawaban (1)