Era E

27 September 2023 10:34

Iklan

Era E

27 September 2023 10:34

Pertanyaan

mengapa ekor komet selalu menjauhi matahari

mengapa ekor komet selalu menjauhi matahari

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

10

:

26

:

30

Klaim

5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

27 September 2023 10:43

Jawaban terverifikasi

Ekor komet selalu menjauhi Matahari karena efek angin matahari dan radiasi matahari yang kuat. Ekor komet terdiri dari debu dan gas yang terlepas dari inti komet saat mendekati Matahari. Ada dua jenis ekor komet: 1. Ekor Debu: Ekor debu terdiri dari partikel-partikel debu halus yang dilepaskan oleh komet karena penguapan gas-gas yang ada di dalamnya ketika mendekati Matahari. Ketika komet mendekati Matahari, suhu yang tinggi menyebabkan gas-gas tersebut menguap dari permukaan komet. Gas yang menguap ini mendorong partikel-partikel debu ke belakang, menjauh dari Matahari, karena tekanan radiasi matahari yang kuat mengarahkan mereka menjauh dari sumber panas yang intens ini. 2. Ekor Gas: Ekor gas terdiri dari gas-gas yang dilepaskan oleh komet. Gas-gas ini, seperti uap air, karbon dioksida, dan lainnya, juga terlempar menjauh dari komet oleh radiasi matahari dan angin matahari. Sama seperti dengan ekor debu, tekanan radiasi matahari memaksa gas-gas ini menjauh dari Matahari. Efek ini menyebabkan ekor komet selalu mengarah menjauh dari Matahari, sejauh yang memungkinkan. Oleh karena itu, saat komet mendekati Matahari dalam perjalanannya mengelilingi tata surya, ekor komet akan selalu terlihat mengarah menjauh dari Matahari di langit. Inilah mengapa kita dapat melihat ekor komet saat komet ini berada pada posisi terdekat dengan Matahari.


Iklan

Sumber W

Community

27 September 2023 11:24

Jawaban terverifikasi

<p>Ekor komet selalu menjauhi matahari ketika jaraknya dekat dengan matahari karena terpapar / dihalau oleh <strong>angin dan tekanan radiasi matahari.</strong>&nbsp;</p>

Ekor komet selalu menjauhi matahari ketika jaraknya dekat dengan matahari karena terpapar / dihalau oleh angin dan tekanan radiasi matahari. 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan