Indah I

27 Januari 2023 11:56

Iklan

Iklan

Indah I

27 Januari 2023 11:56

Pertanyaan

mengapa di dalam batolit ada penurunan suhu

mengapa di dalam batolit ada penurunan suhu


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

H. Hudayanti

02 November 2023 04:22

Jawaban terverifikasi

<p>Jawab : Akibat dari pendinginan magma di dalam kerak bumi</p><p>&nbsp;</p><p>Batolit adalah tubuh beku besar yang terbentuk di bawah permukaan bumi akibat dari pendinginan magma di dalam kerak bumi. Proses pendinginan magma yang menyebabkan pembentukan batolit mengakibatkan penurunan suhu karena beberapa faktor:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>1. Radiasi Panas</strong>: Ketika magma terbentuk, itu adalah hasil dari pelelehan batuan di dalam mantel bumi yang memiliki suhu yang sangat tinggi. Saat magma bergerak ke atas dan mendekati permukaan, itu mulai melepaskan panas ke lingkungan sekitarnya.</p><p><strong>2. Konduksi Panas</strong>: Ketika magma mulai mengalami kontak dengan batuan di sekitarnya, panas akan mengalir dari magma ke batuan sekitarnya melalui konduksi panas. Proses ini menyebabkan pendinginan magma.</p><p><strong>3. Pertukaran Panas dengan Fluida Lingkungan</strong>: Magma yang lebih dekat ke permukaan akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk pertukaran panas dengan fluida lingkungan seperti air atau udara. Ini akan menyebabkan pendinginan lebih lanjut dari magma.</p><p><strong>4. Perbedaan Suhu Dalam Tubuh Magma</strong>: Dalam batolit, ada variasi suhu yang dapat terjadi. Bagian-bagian dari magma yang lebih jauh dari sumber panas awal akan mengalami penurunan suhu lebih cepat daripada bagian-bagian yang masih dekat dengan sumber panas.</p><p>&nbsp;</p><p>Akumulasi dari semua faktor ini menyebabkan penurunan suhu secara bertahap di dalam batolit seiring berjalannya waktu. Proses ini akhirnya menghasilkan pembekuan magma dan pembentukan batolit dengan komposisi dan struktur kristal yang berbeda-beda.</p>

Jawab : Akibat dari pendinginan magma di dalam kerak bumi

 

Batolit adalah tubuh beku besar yang terbentuk di bawah permukaan bumi akibat dari pendinginan magma di dalam kerak bumi. Proses pendinginan magma yang menyebabkan pembentukan batolit mengakibatkan penurunan suhu karena beberapa faktor:

 

1. Radiasi Panas: Ketika magma terbentuk, itu adalah hasil dari pelelehan batuan di dalam mantel bumi yang memiliki suhu yang sangat tinggi. Saat magma bergerak ke atas dan mendekati permukaan, itu mulai melepaskan panas ke lingkungan sekitarnya.

2. Konduksi Panas: Ketika magma mulai mengalami kontak dengan batuan di sekitarnya, panas akan mengalir dari magma ke batuan sekitarnya melalui konduksi panas. Proses ini menyebabkan pendinginan magma.

3. Pertukaran Panas dengan Fluida Lingkungan: Magma yang lebih dekat ke permukaan akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk pertukaran panas dengan fluida lingkungan seperti air atau udara. Ini akan menyebabkan pendinginan lebih lanjut dari magma.

4. Perbedaan Suhu Dalam Tubuh Magma: Dalam batolit, ada variasi suhu yang dapat terjadi. Bagian-bagian dari magma yang lebih jauh dari sumber panas awal akan mengalami penurunan suhu lebih cepat daripada bagian-bagian yang masih dekat dengan sumber panas.

 

Akumulasi dari semua faktor ini menyebabkan penurunan suhu secara bertahap di dalam batolit seiring berjalannya waktu. Proses ini akhirnya menghasilkan pembekuan magma dan pembentukan batolit dengan komposisi dan struktur kristal yang berbeda-beda.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

indonesia merupakan negara yang sangat subur yang mana sektor pertanian sangat berpotensi untuk menjadi pendorong kemajuan nasional, namun saaat ini sektor agrikutur masih mengalami banyak hambatan, jelaskan yang menjadi penghambat perkembangan agrikultur di indonesia

56

0.0

Jawaban terverifikasi