Lala L

26 Januari 2023 05:59

Iklan

Iklan

Lala L

26 Januari 2023 05:59

Pertanyaan

mengapa bank Indonesia disebut sebagai bank sentral

mengapa bank Indonesia disebut sebagai bank sentral


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Selvi

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Ujung Pandang

26 Januari 2023 06:28

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya karena Bank Indonesia bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan keseluruhan sistem finansial di Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Bank Sentral adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk mengatur keuangan di suatu negara agar tetap stabil. Di Indonesia, Bank Sentralnya adalah Bank Indonesia. Penetapan Bank Indonesia sebagai bank sentral atas dasar UU No.23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, di mana Bank Indonesia ditetapkan sebagai Bank Sentral yang bersifat independen.</p><p>&nbsp;</p><p>Bank Indonesia memiliki tugas untuk mengelola perekonomian Indonesia melalui pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Tugas tersebut merupakan perwujudan dari tanggungjawab seluruh bank sentral di setiap negara, yaitu menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan keseluruhan sistem finansial di negaranya masing-masing.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawabannya adalah karena Bank Indonesia bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan keseluruhan sistem finansial di Indonesia.</p>

Jawabannya karena Bank Indonesia bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan keseluruhan sistem finansial di Indonesia.

 

Pembahasan:

Bank Sentral adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk mengatur keuangan di suatu negara agar tetap stabil. Di Indonesia, Bank Sentralnya adalah Bank Indonesia. Penetapan Bank Indonesia sebagai bank sentral atas dasar UU No.23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, di mana Bank Indonesia ditetapkan sebagai Bank Sentral yang bersifat independen.

 

Bank Indonesia memiliki tugas untuk mengelola perekonomian Indonesia melalui pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Tugas tersebut merupakan perwujudan dari tanggungjawab seluruh bank sentral di setiap negara, yaitu menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan keseluruhan sistem finansial di negaranya masing-masing.

 

Jadi, jawabannya adalah karena Bank Indonesia bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan keseluruhan sistem finansial di Indonesia.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu faktor penghambat perdagangan internasional adalah ....

70

0.0

Jawaban terverifikasi