Adinda B

28 Maret 2022 04:52

Iklan

Iklan

Adinda B

28 Maret 2022 04:52

Pertanyaan

Mengapa Bandung sering diseburt sebagai BANDUNG LAUTAN API?


21

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

11 Juli 2022 10:43

Jawaban terverifikasi

jawabannya adalah tidak ditanggapinya ultimatum dari Sekutu dan rakyat Bandung tidak mau menjadikan Bandung menjadi markas Sekutu. Yuk, simak penejelasannya Dalam pertemuan yang diadakan Nasution dengan para Komandan TRI, para pemimpin laskar dan aparat pemerintahan dicapai kesepakatan untuk membumihanguskan Bandung sebelum kota itu ditinggalkan. Menurut rencana, bumi hangus akan dilakukan pada 24 Maret pukul 00.00. Ternyata, bumi hangus dilaksanakan lebih awal yakni pukul 21.00. Gedung pertama yang diledakkan ialah Bank Rakyat. Disusul dengan pembakaran tempat seperti Banceuy, Cicadas, Braga dan Tegalega. Anggota TRI membakar sendiri asrama-asrama mereka. pembakaran dilakukan bersamaan dengan keluarnya mereka dari Bandung. Peristiwa tersebut dilakukan oleh 200 ribu orang dalam waktu 7 jam. Hal tersebut membuat sekutu tidak dapat memakai Bandung sebagai markas militer. Akibat pembakaran tersebut, seketika itu Bandung dipenuhi dengan api yang berkobar. Oleh karena itu peristiwa tersebut dikenal dengan Bandung Lautan Api. Dengan demikian, jawabannya adalah tidak ditanggapinya ultimatum dari Sekutu dan rakyat Bandung tidak mau menjadikan Bandung menjadi markas Sekutu. Semoga mambantu ya : - )


Iklan

Iklan

'Nxx.Zaa '

28 Maret 2022 12:49

HAI... ADINDA B โœŒ๐ŸปAKU BANTU YA... KARENA DULUNYA.... BELANDA MEMBAKAR SEMUA BANGUNAN YANG ADA DI BANDUNG MAKA, TERBAKAR LAH SEMUA HINGGA SEPERTI LAUTAN API ๐Ÿ™‚.... SALAM KENAL LEE GAEUN โœŒ๐Ÿป TERIMAKASIH YAA UDAH BERTANYA...


R. Maryadi

08 Juni 2022 13:04

Bandung disebut lautan api karena TRI dan masyarakat membumihanguskan kota Bandung dari sekutu. Bandung Lautan Api terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Ketika itu kondisi keamanan dan pertahanan setelah Indonesia merdeka belum stabil. Beberapa daerah terjadi pertempuran untuk memperebutkan kembali wilayah kekuasaan sekutu. Ketika itu penduduk yang tinggal di Bandung diungsikan, sementara bangunan penting dan rumah dibakar. Kemudian peristiwa ini disebut Bandung Lautan Api.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bagaimana jika dana BOS sekolah digunakan untuk siswa yang terkena musibah

52

0.0

Lihat jawaban (2)