Mazaya M

29 Januari 2024 20:05

Iklan

Mazaya M

29 Januari 2024 20:05

Pertanyaan

Max Weber berpendapat bahwa pokok kajian sosiologi adalah tindakan sosial. Bertolak dari konsep dasar tentang tindakan sosial, Max Weber menyebutkan adanya lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi. Identifikasikan lima ciri pokok tersebut!

Max Weber berpendapat bahwa pokok kajian sosiologi adalah tindakan sosial. Bertolak dari konsep dasar tentang tindakan sosial, Max Weber menyebutkan adanya lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi. Identifikasikan lima ciri pokok tersebut!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

17

:

18

:

22

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 20:10

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah<br>Lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi menurut Max Weber sebagai berikut.<br>1. Tindakan manusia yang menurut si pelaku mengandung makna subjektif.<br>2. Tindakan nyata serta yang bersifat batiniah sepenuhnya dan bersifat subjektif.<br>3. Tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu situasi, tindakan yang sengaja diulang, serta tindakan dalam bentuk persetujuan secara diam-diam.<br>4. Tindakan itu diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa individu.<br>5. Tindakan itu memperhatikan tindakan orang lain dan terarah kepada orang lain.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah
Lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi menurut Max Weber sebagai berikut.
1. Tindakan manusia yang menurut si pelaku mengandung makna subjektif.
2. Tindakan nyata serta yang bersifat batiniah sepenuhnya dan bersifat subjektif.
3. Tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu situasi, tindakan yang sengaja diulang, serta tindakan dalam bentuk persetujuan secara diam-diam.
4. Tindakan itu diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa individu.
5. Tindakan itu memperhatikan tindakan orang lain dan terarah kepada orang lain.


Iklan

Kevin L

Gold

10 Februari 2024 01:29

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berkaitan dengan konsep tindakan sosial dalam ilmu sosiologi yang dikemukakan oleh Max Weber. Max Weber adalah seorang sosiolog terkenal yang berpendapat bahwa pokok kajian sosiologi adalah tindakan sosial. Dalam konsep ini, Weber mengidentifikasi lima ciri pokok yang menjadi sasaran penelitian ilmu sosiologi. Penjelasan: 1. Tindakan manusia yang menurut pelaku mengandung makna yang subyektif: Ini berarti bahwa tindakan tersebut memiliki makna atau tujuan tertentu bagi individu yang melakukan tindakan tersebut. 2. Tindakan nyata dan bersifat membatin sepenuhnya: Ini berarti bahwa tindakan tersebut bukan hanya terlihat dari luar, tetapi juga mencakup proses internal individu, seperti pikiran dan perasaan. 3. Tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu situasi: Ini berarti bahwa tindakan tersebut dipengaruhi oleh situasi atau konteks di mana tindakan tersebut terjadi. 4. Tindakan diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa individu: Ini berarti bahwa tindakan tersebut ditujukan untuk mempengaruhi orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. 5. Tindakan yang memperhatikan tindakan orang lain atau terarah kepada orang itu: Ini berarti bahwa tindakan tersebut melibatkan interaksi sosial, di mana individu merespons atau bereaksi terhadap tindakan orang lain. Kesimpulan: Lima ciri pokok tindakan sosial menurut Max Weber adalah 1) tindakan manusia yang menurut pelaku mengandung makna yang subyektif, 2) tindakan nyata dan bersifat membatin sepenuhnya, 3) tindakan yang meliputi pengaruh positif dari suatu situasi, 4) tindakan diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa individu, dan 5) tindakan yang memperhatikan tindakan orang lain atau terarah kepada orang itu. Semoga penjelasan ini membantu kamu memahami konsep ini lebih baik ๐Ÿ™‚.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan