Laurensia A

26 Maret 2024 15:04

Iklan

Iklan

Laurensia A

26 Maret 2024 15:04

Pertanyaan

Masuknya pengaruh Hindu di Indonesia membawa pengaruh dalam bidang pemerintahan. berikut ini adalah corak pemerintahan kerajaan, kerajaan hindu budha di Indonesia yaitu, ... a. raja bergelar sultan b. pemegang kekuasaan tertinggi adalah raja c. kekuasaan raja berasal dari wahy yang turun pada seorang raja d. berkembangnya konsep dewa raja e. raja adalah sosok penguasa yang arif dan demokratis dalam memerintah

Masuknya pengaruh Hindu di Indonesia membawa pengaruh dalam bidang pemerintahan. berikut ini adalah corak pemerintahan kerajaan, kerajaan hindu budha di Indonesia yaitu, ...

a. raja bergelar sultan

b. pemegang kekuasaan tertinggi adalah raja

c. kekuasaan raja berasal dari wahy yang turun pada seorang raja

d. berkembangnya konsep dewa raja

e. raja adalah sosok penguasa yang arif dan demokratis dalam memerintah


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Rich. R

27 Maret 2024 06:39

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban : C</strong></p><p>Pada masa kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, terdapat beberapa corak pemerintahan yang mempengaruhi bidang pemerintahan. Berikut adalah penjelasan mengenai corak pemerintahan tersebut:</p><p>1. Kekuasaan Tertinggi pada Raja: Pada kerajaan Hindu-Buddha, kekuasaan tertinggi berada pada seorang raja. Raja memiliki otoritas penuh dalam mengambil keputusan dan memerintah kerajaan. Raja dianggap sebagai pemimpin yang memiliki kekuasaan absolut.</p><p>2. Kekuasaan Raja berasal dari Wahyu: Dalam kepercayaan Hindu-Buddha, kekuasaan raja dipercaya berasal dari wahyu atau ilham yang turun pada seorang raja. Hal ini menguatkan legitimasi kekuasaan raja dan memberikan otoritas spiritual pada pemerintahan.</p><p>3. Konsep Dewa Raja: Dalam pemerintahan Hindu-Buddha, terdapat pengembangan konsep dewa raja. Raja dianggap sebagai perwujudan dewa atau memiliki hubungan yang erat dengan dewa. Konsep ini memberikan legitimasi dan kekuasaan yang lebih besar pada raja.</p><p>4. Sosok Raja yang Arif dan Demokratis: Meskipun demokrasi tidak sepenuhnya diterapkan, pada beberapa kerajaan Hindu-Buddha, raja dianggap sebagai sosok penguasa yang bijaksana dan memerintah dengan keadilan. Raja diharapkan mempertimbangkan kepentingan rakyat dalam pengambilan keputusan.</p><p>Dengan demikian, corak pemerintahan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia mencakup kekuasaan tertinggi pada raja, kekuasaan raja yang berasal dari wahyu, berkembangnya konsep dewa raja, dan raja sebagai sosok penguasa yang arif dan demokratis dalam memerintah., <strong>Jadi jawaban yang benar adalah C.</strong></p>

Jawaban : C

Pada masa kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, terdapat beberapa corak pemerintahan yang mempengaruhi bidang pemerintahan. Berikut adalah penjelasan mengenai corak pemerintahan tersebut:

1. Kekuasaan Tertinggi pada Raja: Pada kerajaan Hindu-Buddha, kekuasaan tertinggi berada pada seorang raja. Raja memiliki otoritas penuh dalam mengambil keputusan dan memerintah kerajaan. Raja dianggap sebagai pemimpin yang memiliki kekuasaan absolut.

2. Kekuasaan Raja berasal dari Wahyu: Dalam kepercayaan Hindu-Buddha, kekuasaan raja dipercaya berasal dari wahyu atau ilham yang turun pada seorang raja. Hal ini menguatkan legitimasi kekuasaan raja dan memberikan otoritas spiritual pada pemerintahan.

3. Konsep Dewa Raja: Dalam pemerintahan Hindu-Buddha, terdapat pengembangan konsep dewa raja. Raja dianggap sebagai perwujudan dewa atau memiliki hubungan yang erat dengan dewa. Konsep ini memberikan legitimasi dan kekuasaan yang lebih besar pada raja.

4. Sosok Raja yang Arif dan Demokratis: Meskipun demokrasi tidak sepenuhnya diterapkan, pada beberapa kerajaan Hindu-Buddha, raja dianggap sebagai sosok penguasa yang bijaksana dan memerintah dengan keadilan. Raja diharapkan mempertimbangkan kepentingan rakyat dalam pengambilan keputusan.

Dengan demikian, corak pemerintahan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia mencakup kekuasaan tertinggi pada raja, kekuasaan raja yang berasal dari wahyu, berkembangnya konsep dewa raja, dan raja sebagai sosok penguasa yang arif dan demokratis dalam memerintah., Jadi jawaban yang benar adalah C.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa sajakah bukti-bukti yang menujukan keberadaan jalur rempah di Indonesia pada masa kerajiaan Islam serta peran tiap kerajaan dalam simpul jalur rempah.

7

0.0

Jawaban terverifikasi