Vera R

19 Maret 2024 00:50

Iklan

Iklan

Vera R

19 Maret 2024 00:50

Pertanyaan

Masuknya Globalisasi banyak mengubah bangsa Indonesia terutama dengan majunya Ilmu Tehnologi maka hal ini banyak berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Jelaskan!!


63

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 07:56

Jawaban terverifikasi

<p>Masuknya globalisasi, terutama dengan kemajuan ilmu dan teknologi, telah memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat Indonesia. Berikut adalah beberapa dampak dari globalisasi dan kemajuan ilmu teknologi terhadap masyarakat Indonesia:</p><p><strong>Akses Informasi yang Luas</strong>: Globalisasi membawa kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi, seperti internet dan media sosial. Hal ini memungkinkan masyarakat Indonesia untuk mengakses informasi dari seluruh dunia dengan cepat dan mudah, mengubah cara mereka memperoleh berita, berinteraksi, dan memperoleh pengetahuan.</p><p><strong>Perubahan Gaya Hidup</strong>: Globalisasi juga membawa perubahan dalam gaya hidup masyarakat Indonesia. Dengan mudahnya akses ke produk dan layanan dari luar negeri, terjadi adopsi budaya dan gaya hidup baru, termasuk dalam hal mode, makanan, hiburan, dan gaya hidup konsumtif.</p><p><strong>Peningkatan Ekonomi dan Peluang Kerja</strong>: Kemajuan ilmu dan teknologi telah membuka peluang baru dalam bidang ekonomi. Industri kreatif, teknologi informasi, dan e-commerce berkembang pesat, menciptakan lapangan kerja baru dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara.</p><p><strong>Perubahan Pola Pendidikan</strong>: Globalisasi juga memengaruhi sektor pendidikan di Indonesia. Adopsi teknologi dalam proses pembelajaran, seperti e-learning dan pembelajaran jarak jauh, telah memperluas akses pendidikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran.</p><p><strong>Peningkatan Kesadaran Global</strong>: Globalisasi membawa kesadaran akan isu-isu global seperti perubahan iklim, perdamaian, dan hak asasi manusia. Masyarakat Indonesia semakin terhubung dengan isu-isu global dan terlibat dalam upaya internasional untuk penyelesaian masalah-masalah tersebut.</p><p><strong>Tantangan dan Ancaman</strong>: Meskipun banyak manfaat yang diberikan, globalisasi juga membawa tantangan dan ancaman, seperti persaingan global yang ketat, peningkatan kesenjangan ekonomi, dan risiko kehilangan identitas budaya.</p><p><br>&nbsp;</p>

Masuknya globalisasi, terutama dengan kemajuan ilmu dan teknologi, telah memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat Indonesia. Berikut adalah beberapa dampak dari globalisasi dan kemajuan ilmu teknologi terhadap masyarakat Indonesia:

Akses Informasi yang Luas: Globalisasi membawa kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi, seperti internet dan media sosial. Hal ini memungkinkan masyarakat Indonesia untuk mengakses informasi dari seluruh dunia dengan cepat dan mudah, mengubah cara mereka memperoleh berita, berinteraksi, dan memperoleh pengetahuan.

Perubahan Gaya Hidup: Globalisasi juga membawa perubahan dalam gaya hidup masyarakat Indonesia. Dengan mudahnya akses ke produk dan layanan dari luar negeri, terjadi adopsi budaya dan gaya hidup baru, termasuk dalam hal mode, makanan, hiburan, dan gaya hidup konsumtif.

Peningkatan Ekonomi dan Peluang Kerja: Kemajuan ilmu dan teknologi telah membuka peluang baru dalam bidang ekonomi. Industri kreatif, teknologi informasi, dan e-commerce berkembang pesat, menciptakan lapangan kerja baru dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

Perubahan Pola Pendidikan: Globalisasi juga memengaruhi sektor pendidikan di Indonesia. Adopsi teknologi dalam proses pembelajaran, seperti e-learning dan pembelajaran jarak jauh, telah memperluas akses pendidikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Peningkatan Kesadaran Global: Globalisasi membawa kesadaran akan isu-isu global seperti perubahan iklim, perdamaian, dan hak asasi manusia. Masyarakat Indonesia semakin terhubung dengan isu-isu global dan terlibat dalam upaya internasional untuk penyelesaian masalah-masalah tersebut.

Tantangan dan Ancaman: Meskipun banyak manfaat yang diberikan, globalisasi juga membawa tantangan dan ancaman, seperti persaingan global yang ketat, peningkatan kesenjangan ekonomi, dan risiko kehilangan identitas budaya.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Maret 2024 06:15

Jawaban terverifikasi

<p>Benar, masuknya globalisasi dan majunya ilmu dan teknologi telah membawa dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat Indonesia. Beberapa dampak tersebut antara lain:</p><p><strong>Akses Informasi yang Luas</strong>: Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terutama internet, telah membuka akses yang lebih luas terhadap informasi dari seluruh dunia. Masyarakat Indonesia sekarang dapat dengan mudah mengakses berita, pengetahuan, dan budaya dari berbagai belahan dunia, yang memperkaya wawasan dan pemahaman mereka tentang dunia.</p><p><strong>Perubahan Pola Konsumsi</strong>: Globalisasi telah membawa masuknya berbagai produk dan gaya hidup dari luar negeri ke Indonesia. Masyarakat Indonesia menjadi lebih terbuka terhadap berbagai produk dan gaya hidup baru yang berasal dari luar negeri, yang memengaruhi pola konsumsi dan gaya hidup mereka.</p><p><strong>Perubahan dalam Pendidikan</strong>: Majunya ilmu dan teknologi telah memengaruhi sistem pendidikan di Indonesia. Pendidikan menjadi lebih terfokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan tuntutan global, seperti ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, sehingga menciptakan generasi yang siap bersaing di era global.</p><p><strong>Peningkatan Koneksi Antarindividu</strong>: Teknologi telah memungkinkan masyarakat Indonesia untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia melalui media sosial dan aplikasi perpesanan. Hal ini telah meningkatkan konektivitas dan interaksi antarindividu, serta memfasilitasi pertukaran ide, informasi, dan budaya.</p><p><strong>Peningkatan Kesadaran akan Isu Global</strong>: Dengan akses yang lebih luas terhadap informasi dan interaksi dengan orang-orang dari berbagai negara, masyarakat Indonesia menjadi lebih sadar akan isu-isu global seperti perubahan iklim, perdamaian dunia, hak asasi manusia, dan lain-lain. Hal ini mendorong partisipasi masyarakat dalam isu-isu tersebut dan mendukung upaya kolaboratif untuk menyelesaikan masalah global.</p>

Benar, masuknya globalisasi dan majunya ilmu dan teknologi telah membawa dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat Indonesia. Beberapa dampak tersebut antara lain:

Akses Informasi yang Luas: Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terutama internet, telah membuka akses yang lebih luas terhadap informasi dari seluruh dunia. Masyarakat Indonesia sekarang dapat dengan mudah mengakses berita, pengetahuan, dan budaya dari berbagai belahan dunia, yang memperkaya wawasan dan pemahaman mereka tentang dunia.

Perubahan Pola Konsumsi: Globalisasi telah membawa masuknya berbagai produk dan gaya hidup dari luar negeri ke Indonesia. Masyarakat Indonesia menjadi lebih terbuka terhadap berbagai produk dan gaya hidup baru yang berasal dari luar negeri, yang memengaruhi pola konsumsi dan gaya hidup mereka.

Perubahan dalam Pendidikan: Majunya ilmu dan teknologi telah memengaruhi sistem pendidikan di Indonesia. Pendidikan menjadi lebih terfokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan tuntutan global, seperti ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, sehingga menciptakan generasi yang siap bersaing di era global.

Peningkatan Koneksi Antarindividu: Teknologi telah memungkinkan masyarakat Indonesia untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia melalui media sosial dan aplikasi perpesanan. Hal ini telah meningkatkan konektivitas dan interaksi antarindividu, serta memfasilitasi pertukaran ide, informasi, dan budaya.

Peningkatan Kesadaran akan Isu Global: Dengan akses yang lebih luas terhadap informasi dan interaksi dengan orang-orang dari berbagai negara, masyarakat Indonesia menjadi lebih sadar akan isu-isu global seperti perubahan iklim, perdamaian dunia, hak asasi manusia, dan lain-lain. Hal ini mendorong partisipasi masyarakat dalam isu-isu tersebut dan mendukung upaya kolaboratif untuk menyelesaikan masalah global.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa tiap warga Indonesia diharapkan memahami keberagaman bangsa Indonesia. jelaskan

3

5.0

Jawaban terverifikasi