Stepen W

03 Maret 2022 05:08

Iklan

Iklan

Stepen W

03 Maret 2022 05:08

Pertanyaan

Masalah sosial yang timbul akibat tidak adanya integrasi yang harmonis antar lembaga-lembaga kemasyarakatan. Masalah yang timbul pun beraneka ragarn yang penyebabnya dari berbagai faktor Berikut ini yang termasuk masalah sosial yang timbul dari faktor kebudayaan adalah a. banyaknya kasus bunuh diri pada usia !anjut b. meningkatnya pengangguran usia produktif di pedesaan c. maraknya kasus perceraian masyarakat d. tingginya kasus penyakit HIV/AIDS di kalangan remaja e. tingginya angka kematian ibu dan bayi


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Mutiara

17 Maret 2022 07:49

Jawaban terverifikasi

Hallo Stepen W, kaka bantu jawab ya :) Jawabannya adalah C. Maraknya kasus perceraian masyarakat Yuk simak penjelasannya berikut! Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang tidak diinginkan tetapi terjadi di dalam masyarakat. Masalah sosial yang diakibatkan oleh kebudayaan merupakan salah satu permasalahan sosial yang sudah menjadi sebuah budaya tersendiri sehingga dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasinya. Contoh masalah sosial karena faktor budaya misalnya seperti, kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, perceraian, dan eksploitasi lingkungan. Berdasarkan penjelasan diatas, maka maraknya kasus perceraian masyarakat merupakan masalah sosial akibat kebudayaan. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

N. Ayu

08 Maret 2022 13:42

Hai Stepen W, kakak bantu jawab ya :) Jawaban untuk soal di atas adalah C. Maraknya kasus perceraian masyarakat. Yuk simak penjelasannya berikut ini! Masalah sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya masalah sosial, antara lain sebagai berikut : a) Faktor psikologis yang berkaitan dengan kondisi mental dan kejiwaan. Contohnya banyaknya kasus bunuh diri pada usia lanjut. b) Faktor ekonomi yang berkaitan dengan tingkat kesejahteraan dan kebijakan pembangunan. Contohnya meningkatnya pengangguran usia produktif di pedesaan. c) Faktor kebudayaan yang berkaitan dengan nilai budaya dan perilaku masyarakat. Contohnya maraknya kasus perceraian masyarakat. d) Faktor biologis yang berkaitan dengan kondisi kesehatan. Contohnya tingginya kasus penyakit HIV/AIDS di kalangan remaja. e) Faktor demografi yang berkaitan dengan penurunan dan pertumbuhan jumlah penduduk. Contohnya tingginya angka kematian ibu dan bayi. Dari pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang termasuk masalah sosial yang timbul dari faktor kebudayaan adalah maraknya kasus perceraian masyarakat (C). Terimakasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu ya :)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Identifikasikan lima dampak positif konflik sosial!

131

0.0

Jawaban terverifikasi