Anonim A

06 Januari 2022 05:15

Iklan

Iklan

Anonim A

06 Januari 2022 05:15

Pertanyaan

manfaat panas matahari bagi tumbuhan, hewan, dan manusia


36

7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nayra.Firza.Aulia N

06 Januari 2022 08:13

Jawaban terverifikasi

Hai Haniah F, aku bantu jawab yaa Manfaat panas : Tumbuhan = Fotosintesis. Tumbuhan memerlukan cahaya matahari, karbondioksida, klorofil, air, mineral utk berfotosintesis. Hewan = Agar Tidak Kedinginan. Hewan memerlukan panas matahari, agar mereka tdk kedinginan. Sedangkan hewan di kutub, mereka memiliki bulu yg sangat tebal agar tdk kedinginan. Manusia = Vitamin D. Manusia memerlukan panas matahari utk mendapatkan vitamin D, bila vitamin D berkurang maka tubuh akan mengalami penyakit osteoporosis, panas matahari yg baik utk manusia adalah saat jam 06.00 - 11.00.


Iklan

Iklan

H. Agustina

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

07 Januari 2022 09:10

Jawaban terverifikasi

Hai Haniah, kakak bantu jawab ya. Panas matahari memberikan beberapa manfaat bagi tumbuhan, hewan, dan manusia. Berikut manfaat selengkapnya. 1. Tumbuhan a) Panas matahari membantu proses fotosintesis pada tumbuhan. Proses fotosintesis akan berlangsung di daun dan menghasilkan cadangan makanan untuk seluruh bagian tumbuhan. Pada proses ini akan sangat terhambat tanpa adanya cahaya matahari. b) Membantu menghasilkan gas oksigen untuk pernapasan makhluk hidup. Proses ini terjadi pada fotosintesis. Tumbuhan akan mengubah panas matahari menjadi glukosa dan menggunakannya dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. 2. Hewan a) Panas matahari berperan dalam menghangatkan tubuh hewan. Sebagian hewan hidup di alam bebas dan tidak memiliki tempat berlindung. Oleh karena itu, manfaat energi matahari sangat dibutuhkan. Salah satunya untuk memberi kehangatan bagi hewan-hewan berdarah dingin seperti amfibi dan reptil. b) Panas matahari memperlancar proses pencernaan makanan. Hal ini seperti pada manusia, hewan juga memiliki sistem pencernaan yang harus selalu dijaga. Satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan berjemur untuk memperlancar proses pencernaan makanan. 3. Manusia a) Panas matahari pagi sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber vitamin D. Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk perbaikan sel kulit serta mengatasi beberapa jenis penyakit kulit yang berbahaya bagi tubuh. b) Panas matahari sebagai sumber penenerangan. Semoga membantu ya :)


Jonathan R

06 Januari 2022 05:18

tumbuhan= Untuk makanan


Snowhite S

06 Januari 2022 05:34

Makasih Ku kasih rate 4, minta Kode unik boleh?

Jonathan R

06 Januari 2022 05:19

Manusia=Kesehatan kulit


Jonathan R

06 Januari 2022 05:19

Hewan= Kesehatan kulit


'.Naureen.S.' '

06 Januari 2022 07:10

manusia = kesehatan kulit (karna matahari memunyai vitamin D) Tumbuhan = baik untuk FOTOSINTESIS hewan = menyehatkan tulang


Nayra.Firza.Aulia N

06 Januari 2022 08:14

Vitamin D itu utk tulang.. ๐Ÿ˜“

Akbarz A

12 Januari 2022 12:23

tumbuhan = fotosintesis


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebutkan pengelompokan benda nonmahnetik

45

5.0

Jawaban terverifikasi