Moza A

13 April 2024 07:36

Iklan

Iklan

Moza A

13 April 2024 07:36

Pertanyaan

Manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan nitrifikasi pada siklus biogeokimia nitrogen? A) Proses nitrifikasi dapat terjadi meskipun hanya perubahan senyawa nitrat menjadi nitrit saja. B) Bakteri nitrifikasi yang berperan dalam siklus tersebut bersifat autotrof dan kemolitotrof. C) Nitrifikasi sangat menguntungkan karena menghasilkan nitrat. D) Bakteri nitrifikasi dapat berkembangbiak dengan membelah diri dan membentuk spora E) Bakteri nitrifikasi mampu menyusun senyawa nitrit dari senyawa ammonia dalam kondisi aerob.


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

19 Juni 2024 12:40

Jawaban terverifikasi

Perlu diperhatikan bahwa nitrifikasi adalah proses spesifik dalam siklus biogeokimia nitrogen yang melibatkan oksidasi senyawa amonia (NH3) menjadi nitrit (NO2-) dan kemudian nitrat (NO3-) oleh bakteri nitrifikasi. Berdasarkan penjelasan ini, mari kita evaluasi pernyataan-pernyataan yang diberikan: A) Salah. Proses nitrifikasi melibatkan konversi senyawa amonia menjadi nitrit dan kemudian nitrat. Jika hanya terjadi perubahan dari nitrat menjadi nitrit saja, ini bukanlah nitrifikasi. B) Benar. Bakteri nitrifikasi seperti Nitrosomonas dan Nitrobacter bersifat autotrof dan kemolitotrof. Mereka menggunakan karbon dioksida sebagai sumber karbon dan amonia (Nitrosomonas) atau nitrit (Nitrobacter) sebagai sumber energi. C) Salah. Meskipun nitrifikasi menghasilkan nitrat yang penting bagi tanaman, keuntungan ini tergantung pada konteks ekosistem dan kebutuhan tanaman tertentu. D) Salah. Bakteri nitrifikasi umumnya berkembang biak dengan pembelahan sel, bukan membentuk spora. E) Benar. Bakteri nitrifikasi dapat menyusun senyawa nitrit dari senyawa amonia dalam kondisi aerob (dengan keberadaan oksigen). Dengan demikian, pernyataan yang sesuai dengan nitrifikasi pada siklus biogeokimia nitrogen adalah: E) Bakteri nitrifikasi mampu menyusun senyawa nitrit dari senyawa ammonia dalam kondisi aerob. Ini adalah proses utama yang dilakukan oleh bakteri nitrifikasi dalam mengubah ammonia menjadi nitrit dan kemudian nitrat dalam tanah atau lingkungan berair dengan ketersediaan oksigen.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Nitrifikasi adalah proses biokimiawi yang berlangsung dalam tanah dengan bantuan bakteri untuk ... A. pembentukan asam amino B. oksidasi amoniak menjadi nitrat C. reduksi amoniak menjadi nitrogen D. reduksi nitrat menjadi gas nitrogen E. pemecahan protein menjadi asam amino

3

0.0

Jawaban terverifikasi

Walaupun mutasi genetika pada bakteri dan virus dapat menimbulkan epidemi, beberapa epidemi disebabkan oleh bakteri dan virus yang tidak mengalami perubahan genetika secara signifikan. Dalam menganalisis kasus kedua, para ahli telah menemukan faktor faktor sosial dan lingkungan yang penting dari epidemi tersebut. Penyakit polio, misalnya, muncul sebagai suatu epidemi pada awal abad ke-20 karena sanitasi modern mampu memperlambat penyebaran polio sampai usia dewasa, sehingga polio menyebabkan kelumpuhan. Sebelumnya, infeksi terjadi pada masa bayi, yang akan memunculkan imunitas seumur hidup tanpa mengalami kelumpuhan. Dengan demikian, faktor higienis yang disebabkan oleh peningkatan populasi rusa yang terjadi bersamaan dengan pertumbuhan kota – kota satelit dan peningkatan aktivitas rekreasi alam terbuka pada habitat rusa. Hal yang sama juga menjadi faktor munculnya epidemi demam berdarah di Asia pada tahun 1950-an yang terjadi perubahan - perubahan ekologis karena yang meningkatkan populasi nyamuk aedes aegypti, nyamuk penyebar virus demam berdarah. Saat ini epidemi demam berdarah setiap saat dapat muncul di Amerika Utara karena penyebaran secara tidak sengaja yaitu aedes albopictus. Manakah dari kalimat berikut ini, bila benar, pernyataan pengarang tentang penyebab penyebaran penyakir Lyme di Amerika Utara? A. Populasi rusa lebih rendah pada akhir abad ke-19 bila dibandingkan dengan pertengahan abad ke-20. B. Para peminat rekreasi di alam terbuka telah secara rutin mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka terhadap penyakit Lyme C. Para ahli belum dapat mengembangkan vaksin yang dapat mencegah penyakit Lyme D. Peningkatan rekreasi di alam terbuka bermula sejak akhir abad ke-19.

17

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan