Sara K

30 Maret 2022 02:58

Iklan

Sara K

30 Maret 2022 02:58

Pertanyaan

Madu telah dikenal sejak zaman dahulu. Sampai sekarang di mancanegara dan di Indonesia banyak orang menggunakan madu untuk berbagai keperluan. Madu digunakan sebagai makanan, obat-obatan, bahkan sebagai bahan untuk pemeliharaan kecantikan. Masyarakat di sekitar Lembah Primoye, Rusia, sebagai pemelihara lebah madu dan sebagai pengonsumsi madu, rata-rata berusia lebih dari seratus tahun. Masyarakat Mesir kuno menggunakan madu sebagai bahan pengawet mumi dengan cara merendam mumi di dalam madu. Memang, madu mengandung segudang khasiat. Mengapa madu mengandung khasiat setinggi itu? Hasil analisis terhadap madu dapat menjawab pertanyaan tersebut. Madu mengandung bermacam-macam logam, vitamin, provitamin, asam amino, asam organik, dan lain-lain yang penting bagi tubuh dan kesehatan. Di samping itu, di dalam madu, juga terdapat suatu zat yang dapat merangsang keaktifan pertumbuhan tubuh manusia Kalimat topik pada alinea pertama bacaan di atas terdapat pada… a. bagian awal b. bagian tengah c. bagian akhir d. bagian awal dan akhir e. bagian tengah dan akhir

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

48

:

11

Klaim

16

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

R. Vitri

16 Juni 2023 13:55

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah C.</p><p>&nbsp;</p><p>Kalimat topik disebut juga kalimat utama yang berisi pokok pikiran atau inti pembahasan dari sebuah paragraf. Kalimat topik bisa terletak di awal paragraf (paragraf deduktif), di akhir paragraf (paragraf induktif), di tengah paragraf (paragraf ineratif), serta di awal dan akhir paragraf (paragraf campuran).</p><p>&nbsp;</p><p>Pada teks tersebut, kalimat topik atau inti dari paragraf dapat kita temukan pada bagian bagian akhir atau pada kalimat terakhir yaitu <strong>"Memang, madu mengandung segudang khasiat."</strong></p><p>Inti dari paragraf tersebut menjelaskan berbagai manfaat madu yang telah dikenal sejak zaman dahulu baik di Indonesia maupun mancanegara. Kalimat selain kalimat terakhir pada paragraf pertama disebut sebagai <strong>kalimat penjelas atau gagasan pendukung</strong> yang merupakan pengembangan dari kalimat topik.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.&nbsp;</p>

Jawaban yang tepat adalah C.

 

Kalimat topik disebut juga kalimat utama yang berisi pokok pikiran atau inti pembahasan dari sebuah paragraf. Kalimat topik bisa terletak di awal paragraf (paragraf deduktif), di akhir paragraf (paragraf induktif), di tengah paragraf (paragraf ineratif), serta di awal dan akhir paragraf (paragraf campuran).

 

Pada teks tersebut, kalimat topik atau inti dari paragraf dapat kita temukan pada bagian bagian akhir atau pada kalimat terakhir yaitu "Memang, madu mengandung segudang khasiat."

Inti dari paragraf tersebut menjelaskan berbagai manfaat madu yang telah dikenal sejak zaman dahulu baik di Indonesia maupun mancanegara. Kalimat selain kalimat terakhir pada paragraf pertama disebut sebagai kalimat penjelas atau gagasan pendukung yang merupakan pengembangan dari kalimat topik.

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan