Raven A

09 Maret 2024 02:06

Iklan

Iklan

Raven A

09 Maret 2024 02:06

Pertanyaan

Lubang Biopori berguna karena tempat resapan air dan

Lubang Biopori berguna karena tempat resapan air dan


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

09 Maret 2024 05:34

Jawaban terverifikasi

<p>Manfaat Biopori :</p><p><strong>1. Pencegahan Banjir</strong></p><p>Biopori sangat bermanfaat dalam meminimalisir risiko banjir. Tidak heran jika pembuatan biopori pun digalakkan di kawasan yang rawan banjir, baik itu di kota kota besar maupun di pedesaan. Yang mana sistem drainase buruk merupakan salah satu faktor penyebab banjir. Dan lubang biopori ini akan membantu meningkatkan daya serap air ke tanah, memperlancar sistem drainase.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>2. Menyeimbangkan Kadar Air dalam Tanah</strong></p><p>Dengan membuat biopori menggunakan sampah organik, maka itu sama saja anda memberi makan cacing. Sehingga cacing mampu membuat terowongan kecil untuk membantu menyerap air ke dalam tanah, membuat kadar airnya meningkat.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>3. Pengurangan Sampah Organik</strong></p><p>Karena pembuatannya menggunakan sampah organik, maka biopori juga bermanfaat dalam pengurangan sampah organik di sekitar. Jadi sampah yang ada di dalam rumah bisa langsung dibuang ke TPA, dan pengolahan TPA nantinya akan menjadi bahan untuk membuat lubang biopori.</p>

Manfaat Biopori :

1. Pencegahan Banjir

Biopori sangat bermanfaat dalam meminimalisir risiko banjir. Tidak heran jika pembuatan biopori pun digalakkan di kawasan yang rawan banjir, baik itu di kota kota besar maupun di pedesaan. Yang mana sistem drainase buruk merupakan salah satu faktor penyebab banjir. Dan lubang biopori ini akan membantu meningkatkan daya serap air ke tanah, memperlancar sistem drainase.

 

2. Menyeimbangkan Kadar Air dalam Tanah

Dengan membuat biopori menggunakan sampah organik, maka itu sama saja anda memberi makan cacing. Sehingga cacing mampu membuat terowongan kecil untuk membantu menyerap air ke dalam tanah, membuat kadar airnya meningkat.

 

3. Pengurangan Sampah Organik

Karena pembuatannya menggunakan sampah organik, maka biopori juga bermanfaat dalam pengurangan sampah organik di sekitar. Jadi sampah yang ada di dalam rumah bisa langsung dibuang ke TPA, dan pengolahan TPA nantinya akan menjadi bahan untuk membuat lubang biopori.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Maret 2024 10:32

Jawaban terverifikasi

<p>Lubang biopori berguna sebagai tempat resapan air dan meningkatkan infiltrasi air tanah. Lubang biopori dibuat dengan cara menusukkan alat penggali ke dalam tanah untuk menciptakan saluran vertikal yang memungkinkan air hujan meresap lebih dalam ke dalam tanah. Selain itu, lubang biopori juga menciptakan ruang aerobik yang memfasilitasi pertumbuhan mikroorganisme tanah dan perakaran tanaman, yang membantu dalam proses dekomposisi bahan organik dan peningkatan kesuburan tanah. Dengan demikian, lubang biopori membantu menjaga keseimbangan air tanah dan memberikan manfaat ekologis pada lingkungan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Lubang biopori berguna sebagai tempat resapan air dan meningkatkan infiltrasi air tanah. Lubang biopori dibuat dengan cara menusukkan alat penggali ke dalam tanah untuk menciptakan saluran vertikal yang memungkinkan air hujan meresap lebih dalam ke dalam tanah. Selain itu, lubang biopori juga menciptakan ruang aerobik yang memfasilitasi pertumbuhan mikroorganisme tanah dan perakaran tanaman, yang membantu dalam proses dekomposisi bahan organik dan peningkatan kesuburan tanah. Dengan demikian, lubang biopori membantu menjaga keseimbangan air tanah dan memberikan manfaat ekologis pada lingkungan.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong bantu jawab ya kak

14

0.0

Jawaban terverifikasi