Dita C

22 Juni 2024 07:32

Iklan

Iklan

Dita C

22 Juni 2024 07:32

Pertanyaan

Luas tanah 100 m persegi maka luas bangunannya berapa


44

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Juni 2024 19:35

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk menentukan luas bangunan berdasarkan luas tanah yang berukuran 100 meter persegi, perlu ada informasi tambahan tentang berapa persen dari luas tanah yang akan digunakan untuk bangunan. Biasanya, luas bangunan tidak selalu sama dengan luas tanah karena harus mempertimbangkan ruang terbuka, halaman, jalan, atau taman.</p><p>Namun, jika kita berasumsi bahwa seluruh tanah akan digunakan untuk bangunan (yang jarang terjadi dalam praktik), maka luas bangunan akan sama dengan luas tanah, yaitu 100 meter persegi.</p><p>Pertimbangan Umum</p><p><strong>Jika seluruh tanah digunakan untuk bangunan</strong>:</p><ul><li>Luas bangunan = 100 meter persegi.</li></ul><p><strong>Jika hanya sebagian tanah digunakan untuk bangunan</strong>:</p><ul><li>Misalkan 80% tanah digunakan untuk bangunan, maka:<ul><li>Luas bangunan = 80% dari 100 meter persegi = 0,80 * 100 = 80 meter persegi.</li></ul></li><li>Jika 60% tanah digunakan untuk bangunan:<ul><li>Luas bangunan = 60% dari 100 meter persegi = 0,60 * 100 = 60 meter persegi.</li></ul></li></ul><p>Contoh Penggunaan:</p><p>Jika Anda memiliki peraturan atau rencana khusus untuk berapa persen tanah yang akan digunakan untuk bangunan, maka Anda dapat menggunakan persentase tersebut untuk menghitung luas bangunan. Sebagai contoh, jika Anda merencanakan untuk menggunakan 70% dari tanah untuk bangunan:</p><ul><li>Luas bangunan = 70% dari 100 meter persegi = 0,70 * 100 = 70 meter persegi.</li></ul>

Untuk menentukan luas bangunan berdasarkan luas tanah yang berukuran 100 meter persegi, perlu ada informasi tambahan tentang berapa persen dari luas tanah yang akan digunakan untuk bangunan. Biasanya, luas bangunan tidak selalu sama dengan luas tanah karena harus mempertimbangkan ruang terbuka, halaman, jalan, atau taman.

Namun, jika kita berasumsi bahwa seluruh tanah akan digunakan untuk bangunan (yang jarang terjadi dalam praktik), maka luas bangunan akan sama dengan luas tanah, yaitu 100 meter persegi.

Pertimbangan Umum

Jika seluruh tanah digunakan untuk bangunan:

  • Luas bangunan = 100 meter persegi.

Jika hanya sebagian tanah digunakan untuk bangunan:

  • Misalkan 80% tanah digunakan untuk bangunan, maka:
    • Luas bangunan = 80% dari 100 meter persegi = 0,80 * 100 = 80 meter persegi.
  • Jika 60% tanah digunakan untuk bangunan:
    • Luas bangunan = 60% dari 100 meter persegi = 0,60 * 100 = 60 meter persegi.

Contoh Penggunaan:

Jika Anda memiliki peraturan atau rencana khusus untuk berapa persen tanah yang akan digunakan untuk bangunan, maka Anda dapat menggunakan persentase tersebut untuk menghitung luas bangunan. Sebagai contoh, jika Anda merencanakan untuk menggunakan 70% dari tanah untuk bangunan:

  • Luas bangunan = 70% dari 100 meter persegi = 0,70 * 100 = 70 meter persegi.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

23 Juni 2024 02:30

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk menentukan luas bangunan pada tanah seluas 100 meter persegi, kita perlu mengetahui persentase atau bagian dari tanah yang akan digunakan untuk bangunan. Informasi ini biasanya ditentukan oleh peraturan zonasi atau rencana tata ruang wilayah, yang menetapkan berapa persentase dari total luas tanah yang bisa digunakan untuk membangun.</p><p>Namun, jika tidak ada informasi tambahan mengenai persentase yang diperbolehkan untuk pembangunan, kita bisa membuat beberapa asumsi berdasarkan praktik umum:</p><p><strong>Asumsi Penuh (100%)</strong>:</p><ul><li>Jika seluruh tanah digunakan untuk bangunan tanpa sisa, maka luas bangunan akan sama dengan luas tanah, yaitu 100 meter persegi.</li></ul><p><strong>Asumsi Sebagian (Misalnya 60%)</strong>:</p><ul><li>Dalam banyak kasus, hanya sebagian dari tanah yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai bangunan, misalnya 60%. Ini untuk menyisakan ruang terbuka seperti halaman, taman, atau area parkir.</li><li>Luas bangunan = 60% dari 100 meter persegi = 0.60 * 100 = 60 meter persegi.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Untuk menentukan luas bangunan pada tanah seluas 100 meter persegi, kita perlu mengetahui persentase atau bagian dari tanah yang akan digunakan untuk bangunan. Informasi ini biasanya ditentukan oleh peraturan zonasi atau rencana tata ruang wilayah, yang menetapkan berapa persentase dari total luas tanah yang bisa digunakan untuk membangun.

Namun, jika tidak ada informasi tambahan mengenai persentase yang diperbolehkan untuk pembangunan, kita bisa membuat beberapa asumsi berdasarkan praktik umum:

Asumsi Penuh (100%):

  • Jika seluruh tanah digunakan untuk bangunan tanpa sisa, maka luas bangunan akan sama dengan luas tanah, yaitu 100 meter persegi.

Asumsi Sebagian (Misalnya 60%):

  • Dalam banyak kasus, hanya sebagian dari tanah yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai bangunan, misalnya 60%. Ini untuk menyisakan ruang terbuka seperti halaman, taman, atau area parkir.
  • Luas bangunan = 60% dari 100 meter persegi = 0.60 * 100 = 60 meter persegi.

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

luas lingkaran jika diketahui jari jarinya =28

26

0.0

Jawaban terverifikasi