Hilya H

31 Maret 2024 16:29

Iklan

Iklan

Hilya H

31 Maret 2024 16:29

Pertanyaan

Lapisan ozon yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet kini sudah menipis dan berlubang karena ulah manusia. Kegiatan sehari-hari yang dapat dilakukan untuk mencegah rusaknya lapisan ozon adalah …. A. mengurangi pemakaian ac dan kulkas. B. mengurangi penggunaan listrik. C. menghemat pemakaian air bersih. D. mendaur ulang sampah yang sudah dibuang. E. menanam tanaman di pekarangan rumah.


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

31 Maret 2024 16:30

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban : A. mengurangi pemakaian ac dan kulkas</strong>.</p><p><br>Pembahasan :<br>Ada beberapa langkah untuk mengurangi penipisan lapisan ozon diantaranya:<br>· Mengurangi penggunaan barang yang mengandung CFC (Chloro Fluoro Carbon),&nbsp;<br>seperti AC, Kulkas dan hairspray.<br>· Mengurangi menggunakan kendaraan pribadi.<br>· Menghindari penggunaan pestisida yang mengandung Methyil bromida yang turut&nbsp;<br>menyumbang dampak bagi pelapisan ozon.<br>· Mengurangi penggunaan listrik berlebih yang berasal dari PLTU dengan bahan&nbsp;<br>bakar batubara.<br>· Menanam tanaman peneduh, seperti trembesi.</p>

Jawaban : A. mengurangi pemakaian ac dan kulkas.


Pembahasan :
Ada beberapa langkah untuk mengurangi penipisan lapisan ozon diantaranya:
· Mengurangi penggunaan barang yang mengandung CFC (Chloro Fluoro Carbon), 
seperti AC, Kulkas dan hairspray.
· Mengurangi menggunakan kendaraan pribadi.
· Menghindari penggunaan pestisida yang mengandung Methyil bromida yang turut 
menyumbang dampak bagi pelapisan ozon.
· Mengurangi penggunaan listrik berlebih yang berasal dari PLTU dengan bahan 
bakar batubara.
· Menanam tanaman peneduh, seperti trembesi.


Iklan

Iklan

Mazaya M

Community

31 Maret 2024 23:35

<p>A.&nbsp;</p>

A. 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Marilah Kita Jaga Bumi Ini dari Pemanasan Global Bumi adalah tempat tinggal kita, tanpa adanya bumi tentu kita semua akan musnah. Namun, saat ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atmosfer. Hal ini menyebabkan pemanasan global yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia di dalamnya, salah satunya adalah mencairnya es di kutub sehingga menutup semua daratan yang ada. Oleh karena itu, marilah kita menjaga bumi ini agar terhindar dari pemanasan global. Cara pertama untuk menanggulangi pemanasan global, yaitu gunakanlah energi alternatif. Energi alternatif bisa mencegah pemanasan global karena tidak menghasilkan polusi yang bisa mencemari udara. Misalnya, kita bisa menggunakan energi matahari, air, angin, panas bumi, dan biomasa sebagai penganti pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. Kemudian, lestarikanlah hutan. Hutan bisa mengatasi polusi udara dan mengubahnya menjadi oksigen sehingga hutan disebut juga dengan paru-paru dunia. Apabila hutan kita lestari, maka kita tidak perlu khawatir lagi dengan pemanasan global. Janganlah menggunakan CFC, zat berbahaya yang dapat melubangi lapisan ozon di udara. Zat-zat ini berasal dari peralatan pendingin seperti kulkas dan AC. Lakukanlah penyuluhan-penyuluhan untuk mengurangi penggunaan zat ini. Oleh karena itu, agar bumi kita bisa terhindar dari pemanasan global, marilah kita melakukan cara-cara di atas untuk menyelamatkan bumi ini untuk menjaga kelangsungan hidup kita . (Sumber: kakakpintar. com/ contoh-karangan-persuasi-tentang-sampah-dan-lingkungan-hidup) e. Apakah penggunaan kata penghubung sebab-akibat sudah tepat?

8

5.0

Jawaban terverifikasi

Galon lsi Ulang atau Galon Sekali Pakai? Media sosial tengah diramaikan soal lebih baik mana, antara galon air kemasan sekali pakai atau galon isi ulang. Galon air kemasan yang telah dikenal masyarakat puluhan tahun dianggap lebih ramah lingkungan karena bisa diisi u lang. Dengan demikian, galon isi ulang dianggap tidak menambah jumlah sampah plastik. Air kemasan galon yang telah dikenal masyarakat puluhan tahun menjadi yang lebih ramah lingkungan karena bisa diisi ulang di pabrik dan terbukti aman dikonsumsi, serta tidak menambah jumlah sampah plastik. Guru Besar lnstitut Pertanian Bogor (IPB} sekaligus Pakar Keamanan Pangan , Prof. lr. Ahmad Sulaeman, Ph.D., mengatakan bahwa setiap produk yang sudah dikemas dan disegel sesuai standar yang telah d itetapkan, sudah pasti higienis dan aman dikonsumsi. "Air kemasan galon (bukan kemasan sekali pakai) yang diisi ulang di pabrik sudah memenuhi standar keamanan pangan dan lebih ramah lingkungan," kata Ahmad. Di sisi lain, para ahli mengimbau masyarakat agar menghindari konsumsi air kemasan galon sekali pakai sebab akan menambah jumlah sampah plastik. Galon air sekali pakai diklaim lebih aman dan bebas dari bahan berbahaya karena berbahan Polyethylene terephthalate (PET}. PET sering digunakan untuk mengemas banyak makanan dan minuman, karena memiliki kemampuan yang baik untuk mencegah oksigen masuk dan merusak produk. Galon atau kemasan p lastik sekali pakai bahan PET dengan kode daur u lang "no. 1" dapat segera didaur ulang dan menjadi bahan-bahan bermanfaat. Asosiasi Daur U lang Palstik Indonesia (ADUPI}, Christian Halim, mengatakan bahwa kehadiran galon air kemasan sekali pakai justru bisa menghemat pemakaian plastik. "Contoh dengan satu galon bisa memuat 19 liter air. Jika digantikan dengan botol yang isinya 500 ml, malah menambah jumlah sampah botol yang dipakai. Perusahaan daur ulang plastik juga lebih mudah u ntuk mendaur ulang. lni justru ramah lingkungan," kata Christian dalam webinar LSM Sahabat Daur Ulang. Sumber: http://web.archive.org/web/2020 1204042919/https:/lwww. f/putan6.com/citizen6/read/44 12060/galon-air-sekali-pakai-bernilai-tinggi-dan-mudah-didaur-u/ang dan http://web.archive. org/web/20201 1282330 13/https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/16/1 73651465/mengena/-bahanga/on-sekali-pakai-dan-galon-isi-ulang-serta-dampaknyabagi?page=all, diakses 19 Februari 2021 Tentukan gagasan diskusi tersebut!

4

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Galon lsi Ulang atau Galon Sekali Pakai? Media sosial tengah diramaikan soal lebih baik mana, antara galon air kemasan sekali pakai atau galon isi ulang. Galon air kemasan yang telah dikenal masyarakat puluhan tahun dianggap lebih ramah lingkungan karena bisa diisi u lang. Dengan demikian, galon isi ulang dianggap tidak menambah jumlah sampah plastik. Air kemasan galon yang telah dikenal masyarakat puluhan tahun menjadi yang lebih ramah lingkungan karena bisa diisi ulang di pabrik dan terbukti aman dikonsumsi, serta tidak menambah jumlah sampah plastik. Guru Besar lnstitut Pertanian Bogor (IPB} sekaligus Pakar Keamanan Pangan , Prof. lr. Ahmad Sulaeman, Ph.D., mengatakan bahwa setiap produk yang sudah dikemas dan disegel sesuai standar yang telah d itetapkan, sudah pasti higienis dan aman dikonsumsi. "Air kemasan galon (bukan kemasan sekali pakai) yang diisi ulang di pabrik sudah memenuhi standar keamanan pangan dan lebih ramah lingkungan," kata Ahmad. Di sisi lain, para ahli mengimbau masyarakat agar menghindari konsumsi air kemasan galon sekali pakai sebab akan menambah jumlah sampah plastik. Galon air sekali pakai diklaim lebih aman dan bebas dari bahan berbahaya karena berbahan Polyethylene terephthalate (PET}. PET sering digunakan untuk mengemas banyak makanan dan minuman, karena memiliki kemampuan yang baik untuk mencegah oksigen masuk dan merusak produk. Galon atau kemasan p lastik sekali pakai bahan PET dengan kode daur u lang "no. 1" dapat segera didaur ulang dan menjadi bahan-bahan bermanfaat. Asosiasi Daur U lang Palstik Indonesia (ADUPI}, Christian Halim, mengatakan bahwa kehadiran galon air kemasan sekali pakai justru bisa menghemat pemakaian plastik. "Contoh dengan satu galon bisa memuat 19 liter air. Jika digantikan dengan botol yang isinya 500 ml, malah menambah jumlah sampah botol yang dipakai. Perusahaan daur ulang plastik juga lebih mudah u ntuk mendaur ulang. lni justru ramah lingkungan," kata Christian dalam webinar LSM Sahabat Daur Ulang. Sumber: http://web.archive.org/web/2020 1204042919/https:/lwww. f/putan6.com/citizen6/read/44 12060/galon-air-sekali-pakai-bernilai-tinggi-dan-mudah-didaur-u/ang dan http://web.archive. org/web/20201 1282330 13/https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/16/1 73651465/mengena/-bahanga/on-sekali-pakai-dan-galon-isi-ulang-serta-dampaknyabagi?page=all, diakses 19 Februari 2021 Tentukan pendapat pro dalam teks tersebut!

3

1.0

Jawaban terverifikasi

Marilah Kita Jaga Bumi Ini dari Pemanasan Global Bumi adalah tempat tinggal kita, tanpa adanya bumi tentu kita semua akan musnah. Namun, saat ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atmosfer. Hal ini menyebabkan pemanasan global yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia di dalamnya, salah satunya adalah mencairnya es di kutub sehingga menutup semua daratan yang ada. Oleh karena itu, marilah kita menjaga bumi ini agar terhindar dari pemanasan global. Cara pertama untuk menanggulangi pemanasan global, yaitu gunakanlah energi alternatif. Energi alternatif bisa mencegah pemanasan global karena tidak menghasilkan polusi yang bisa mencemari udara. Misalnya, kita bisa menggunakan energi matahari, air, angin, panas bumi, dan biomasa sebagai penganti pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. Kemudian, lestarikanlah hutan. Hutan bisa mengatasi polusi udara dan mengubahnya menjadi oksigen sehingga hutan disebut juga dengan paru-paru dunia. Apabila hutan kita lestari, maka kita tidak perlu khawatir lagi dengan pemanasan global. Janganlah menggunakan CFC, zat berbahaya yang dapat melubangi lapisan ozon di udara. Zat-zat ini berasal dari peralatan pendingin seperti kulkas dan AC. Lakukanlah penyuluhan-penyuluhan untuk mengurangi penggunaan zat ini. Oleh karena itu, agar bumi kita bisa terhindar dari pemanasan global, marilah kita melakukan cara-cara di atas untuk menyelamatkan bumi ini untuk menjaga kelangsungan hidup kita . (Sumber: kakakpintar. com/ contoh-karangan-persuasi-tentang-sampah-dan-lingkungan-hidup) b. Apakah bagian pertama sudah mengutarakan pendapat/pernyataan pembuka mengenai topik pembahasan?

13

0.0

Jawaban terverifikasi