Nurul A

25 Maret 2020 00:32

Iklan

Iklan

Nurul A

25 Maret 2020 00:32

Pertanyaan

kupu kupu awalnya adalah ulat, ulat makannya daun sedangkan kupu kupu nektar, apakah sistem pencernaannya berubah? mengapa demikian?


39

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Chanisya

14 Januari 2022 02:15

Jawaban terverifikasi

Halo Nurul, kakak bantu jawab ya. Pada metamorfosis kupu-kupu, ketika fase kepompong ulat akan menghasilkan enzim yang akan menyebabkan perombakan atau penguraian jaringan penyusun sistem percernaan. Hal ini akan menyebabkan sistem pencernaanya mengalami perubahan. Sekarang mari kita bahas! Metamorfosis adalah fase perkembangan pada hewan yang ditandai dengan perubahan bentuk morfologi (penampilan) hewan setelah hewan lahir ataupun menetas. Kupu-kupu adalah hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yang ditandai dengan fase pupa (kepompong). Tahap-tahapan metamorfosis sempurna adalah telur, larva (ulat), pupa, imago (dewasa). Fase Kepompong adalah tahapan yang terjadi antara fase kupu-kupu dan ulat. Perubahan jenis makanan ulat dan kupu-kupu dapat terjadi karena adanya proses perombakan atau pembentukan kembali dari sistem pencernaan. Sehingga dihasilkannya sistem pencernaan baru yang fungsinya adalah untuk memakan nektar. Ketika berada di dalam kepompong ulat akan menghasilkan enzim yang dapat menyebabkan penguraian bagian tubuh dan sistem organ ulat. Jaringan yang tersisa (๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ด๐˜ค๐˜ด) akan digunakan sebagai sumber nutrisi untuk membentuk sayap, proboscis, eksoskeleton, dan sistem organ baru. Sehingga dapat diketahui bahwa sistem pencernaan pada ulat berubah setelah bermetamorfosis menjadi kupu-kupu, karena adanya enzim yang menyebabkan perombakan dan pembentukan sistem pencernaan baru. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

RIFLAH Y

26 Maret 2020 03:49

Di dalam kepompong yang merupakan siklus peralihan dari ulat ke kupu kupu, terjadi semacam penguraian jaringan dan menyisakan beberapa sel saja untuk membelah dan membentuk tubuh kupu kupu dewasa. Hasil penguraian jaringan itu sendiri digunakan sebagai sumber nutrisi bagi jaringan baru yang tumbuh. Jadi, sistem pencernaan ulat dirombak dan dibentuklah sistem pencernaan yang baru, yang bisa mencerna nektar.


Nurul A

04 April 2020 05:00

makasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apakah ular mengalami fertilisasi internal atau eksternal?

5

5.0

Jawaban terverifikasi