Keyza S

24 Mei 2024 13:03

Iklan

Iklan

Keyza S

24 Mei 2024 13:03

Pertanyaan

konsep urgensi dari keseimbangan ekosistem

konsep urgensi dari keseimbangan ekosistem


200

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

24 Mei 2024 14:21

Jawaban terverifikasi

<p>Pentingnya keseimbangan ekosistem terletak pada kemampuannya, untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan kelangsungan hidup semua bentuk kehidupan di dalamnya. Ketika ekosistem mencapai keseimbangan, artinya ekosistem tersebut dapat beradaptasi dengan perubahan alamiah, dan mempertahankan keanekaragaman hayati</p><p>Keseimbangan ekosistem adalah suatu kondisi dimana interaksi antara komponen-komponen dalamnya berlangsung secara harmonis dan seimbang. Keseimbangan ekosistem tersebut berdampak signifikan pada keselerasan serta kesejahteraan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.</p><p>Keseimbangan lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mengatasi gangguan atau tekanan yang timbul baik dari alam maupun dari aktivitas manusia, serta kemampuan lingkungan untuk menjaga kestabilan kehidupan di dalamnya.</p>

Pentingnya keseimbangan ekosistem terletak pada kemampuannya, untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan kelangsungan hidup semua bentuk kehidupan di dalamnya. Ketika ekosistem mencapai keseimbangan, artinya ekosistem tersebut dapat beradaptasi dengan perubahan alamiah, dan mempertahankan keanekaragaman hayati

Keseimbangan ekosistem adalah suatu kondisi dimana interaksi antara komponen-komponen dalamnya berlangsung secara harmonis dan seimbang. Keseimbangan ekosistem tersebut berdampak signifikan pada keselerasan serta kesejahteraan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Keseimbangan lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mengatasi gangguan atau tekanan yang timbul baik dari alam maupun dari aktivitas manusia, serta kemampuan lingkungan untuk menjaga kestabilan kehidupan di dalamnya.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Mei 2024 13:42

Jawaban terverifikasi

<p>Keseimbangan ekosistem adalah kondisi di mana komponen-komponen biotik (makhluk hidup) dan abiotik (faktor fisik dan kimia) dalam suatu ekosistem berinteraksi secara harmonis, mendukung satu sama lain sehingga ekosistem dapat berfungsi dengan baik dan berkelanjutan. Konsep urgensi dari keseimbangan ekosistem sangat penting karena berbagai alasan berikut:</p><p><strong>1. Keberlanjutan Sumber Daya Alam:</strong></p><ul><li><strong>Pemanfaatan yang Berkelanjutan:</strong> Keseimbangan ekosistem memastikan bahwa sumber daya alam seperti air, tanah, dan flora dan fauna dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya tersebut.</li><li><strong>Ketahanan Terhadap Degradasi:</strong> Ekosistem yang seimbang lebih tahan terhadap degradasi dan gangguan, seperti polusi, perubahan iklim, dan eksploitasi berlebihan.</li></ul><p><strong>2. Stabilitas Ekologi:</strong></p><ul><li><strong>Pengaturan Populasi:</strong> Dalam ekosistem yang seimbang, populasi spesies pengganggu dan hama dapat diatur secara alami oleh predator dan kompetitor, sehingga mencegah ledakan populasi yang merusak.</li><li><strong>Siklus Nutrisi:</strong> Keseimbangan ekosistem memungkinkan terjadinya siklus nutrisi yang efektif, di mana nutrisi dikembalikan ke tanah dan air melalui proses dekomposisi dan interaksi antara organisme.</li></ul><p><strong>3. Keanekaragaman Hayati:</strong></p><ul><li><strong>Pentingnya Keanekaragaman:</strong> Keanekaragaman hayati yang tinggi meningkatkan stabilitas ekosistem dan kemampuannya untuk beradaptasi terhadap perubahan. Spesies yang beragam dapat mengisi berbagai peran ekologi, mendukung kesehatan dan produktivitas ekosistem.</li><li><strong>Resistensi Terhadap Penyakit:</strong> Ekosistem yang beragam cenderung lebih tahan terhadap penyakit dan invasi spesies asing karena adanya berbagai mekanisme pertahanan alami.</li></ul><p><strong>4. Manfaat Ekosistem bagi Manusia:</strong></p><ul><li><strong>Jasa Ekosistem:</strong> Ekosistem menyediakan berbagai jasa penting bagi manusia, termasuk penyediaan makanan, air bersih, bahan baku, dan obat-obatan. Ekosistem yang seimbang juga mendukung rekreasi dan kesejahteraan manusia.</li><li><strong>Pengendalian Iklim:</strong> Hutan, lahan basah, dan ekosistem lainnya berperan dalam pengaturan iklim global melalui penyerapan karbon dan pengendalian aliran air.</li></ul><p><strong>5. Pencegahan Bencana Alam:</strong></p><ul><li><strong>Mitigasi Risiko Bencana:</strong> Ekosistem yang sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi risiko bencana alam seperti banjir, erosi, dan tanah longsor. Vegetasi yang sehat, misalnya, membantu menahan tanah dan menyerap air hujan.</li></ul><p><strong>6. Kesehatan Lingkungan:</strong></p><ul><li><strong>Pengurangan Polusi:</strong> Ekosistem yang seimbang membantu memurnikan udara dan air melalui proses alami seperti filtrasi oleh tanaman dan mikroorganisme. Ini penting untuk menjaga kualitas lingkungan hidup manusia.</li></ul>

Keseimbangan ekosistem adalah kondisi di mana komponen-komponen biotik (makhluk hidup) dan abiotik (faktor fisik dan kimia) dalam suatu ekosistem berinteraksi secara harmonis, mendukung satu sama lain sehingga ekosistem dapat berfungsi dengan baik dan berkelanjutan. Konsep urgensi dari keseimbangan ekosistem sangat penting karena berbagai alasan berikut:

1. Keberlanjutan Sumber Daya Alam:

  • Pemanfaatan yang Berkelanjutan: Keseimbangan ekosistem memastikan bahwa sumber daya alam seperti air, tanah, dan flora dan fauna dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya tersebut.
  • Ketahanan Terhadap Degradasi: Ekosistem yang seimbang lebih tahan terhadap degradasi dan gangguan, seperti polusi, perubahan iklim, dan eksploitasi berlebihan.

2. Stabilitas Ekologi:

  • Pengaturan Populasi: Dalam ekosistem yang seimbang, populasi spesies pengganggu dan hama dapat diatur secara alami oleh predator dan kompetitor, sehingga mencegah ledakan populasi yang merusak.
  • Siklus Nutrisi: Keseimbangan ekosistem memungkinkan terjadinya siklus nutrisi yang efektif, di mana nutrisi dikembalikan ke tanah dan air melalui proses dekomposisi dan interaksi antara organisme.

3. Keanekaragaman Hayati:

  • Pentingnya Keanekaragaman: Keanekaragaman hayati yang tinggi meningkatkan stabilitas ekosistem dan kemampuannya untuk beradaptasi terhadap perubahan. Spesies yang beragam dapat mengisi berbagai peran ekologi, mendukung kesehatan dan produktivitas ekosistem.
  • Resistensi Terhadap Penyakit: Ekosistem yang beragam cenderung lebih tahan terhadap penyakit dan invasi spesies asing karena adanya berbagai mekanisme pertahanan alami.

4. Manfaat Ekosistem bagi Manusia:

  • Jasa Ekosistem: Ekosistem menyediakan berbagai jasa penting bagi manusia, termasuk penyediaan makanan, air bersih, bahan baku, dan obat-obatan. Ekosistem yang seimbang juga mendukung rekreasi dan kesejahteraan manusia.
  • Pengendalian Iklim: Hutan, lahan basah, dan ekosistem lainnya berperan dalam pengaturan iklim global melalui penyerapan karbon dan pengendalian aliran air.

5. Pencegahan Bencana Alam:

  • Mitigasi Risiko Bencana: Ekosistem yang sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi risiko bencana alam seperti banjir, erosi, dan tanah longsor. Vegetasi yang sehat, misalnya, membantu menahan tanah dan menyerap air hujan.

6. Kesehatan Lingkungan:

  • Pengurangan Polusi: Ekosistem yang seimbang membantu memurnikan udara dan air melalui proses alami seperti filtrasi oleh tanaman dan mikroorganisme. Ini penting untuk menjaga kualitas lingkungan hidup manusia.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Akar dari pangkat 3 dari 4096

8

0.0

Jawaban terverifikasi