Shaa S

04 Juni 2024 14:58

Iklan

Iklan

Shaa S

04 Juni 2024 14:58

Pertanyaan

Konsep prosedural langkah kaki senam irama


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

05 Juni 2024 00:41

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Gerak Langkah Dalam Senam Irama</strong></p><ol><li>Sikap permulaan yaitu tegak <strong>langkah</strong> kiri dan kedua tangan di pinggang.</li><li>Pada hitungan pertama <strong>kaki</strong> kanan dilangkahkan dari mulai tumit, telapak, dan disusul dengan ujung jari.</li><li>Hitungan kedua, dilanjutkan dengan <strong>langkah kaki</strong> kiri yang dilakukan sama seperti ketika melangkahkah <strong>kaki</strong> kanan.</li></ol><p>Sikap awal gerakan langkah biasa aktivitas gerak berirama adalah berdiri tegak. Lalu, kedua lengan berada di samping badan. Langkahkan kaki kanan ke depan dengan meletakkan tumit terlebih dahulu, telapak kaki, kemudian baru ujung jari kaki yang terakhir. Ganti kaki kiri yang dilangkahkan, dan lakukan seterusnya.</p>

Gerak Langkah Dalam Senam Irama

  1. Sikap permulaan yaitu tegak langkah kiri dan kedua tangan di pinggang.
  2. Pada hitungan pertama kaki kanan dilangkahkan dari mulai tumit, telapak, dan disusul dengan ujung jari.
  3. Hitungan kedua, dilanjutkan dengan langkah kaki kiri yang dilakukan sama seperti ketika melangkahkah kaki kanan.

Sikap awal gerakan langkah biasa aktivitas gerak berirama adalah berdiri tegak. Lalu, kedua lengan berada di samping badan. Langkahkan kaki kanan ke depan dengan meletakkan tumit terlebih dahulu, telapak kaki, kemudian baru ujung jari kaki yang terakhir. Ganti kaki kiri yang dilangkahkan, dan lakukan seterusnya.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

Dijawab 5 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>Prosedural langkah kaki dalam senam irama adalah urutan langkah-langkah yang diikuti oleh pesenam saat melakukan gerakan kaki yang sesuai dengan irama musik. Berikut adalah konsep prosedural langkah kaki yang umum dalam senam irama:</p><p><strong>Langkah Dasar</strong>: Pesenam mulai dengan langkah-langkah dasar yang umumnya terdiri dari langkah-langkah sederhana seperti langkah maju, langkah mundur, langkah ke samping, atau langkah melompat.</p><p><strong>Variasi</strong>: Setelah menguasai langkah dasar, pesenam dapat memperkenalkan variasi-variasi dalam gerakan kaki seperti langkah-langkah melintang, langkah-langkah putar, atau langkah-langkah melompat dengan variasi tinggi rendah atau cepat lambat.</p><p><strong>Kombinasi</strong>: Pesenam kemudian menggabungkan langkah-langkah dasar dan variasi-variasi menjadi kombinasi gerakan yang lebih kompleks dan menarik. Ini melibatkan penggunaan pola gerakan kaki yang berbeda-beda untuk menciptakan variasi dalam penampilan.</p><p><strong>Kepatuhan terhadap Iringan Musik</strong>: Seluruh gerakan kaki harus dilakukan dengan sinkronisasi yang sempurna dengan irama dan ritme musik yang dimainkan. Pesenam harus memiliki perasaan waktu dan kecepatan yang tepat untuk menjaga konsistensi dalam gerakan kaki.</p><p><strong>Ekspresi dan Eksekusi</strong>: Selain mengikuti langkah-langkah secara tepat, pesenam juga harus mengekspresikan gerakan kaki dengan energi, keanggunan, dan presisi yang sesuai dengan karakteristik musik dan tema senam.</p><p><strong>Koordinasi dengan Gerakan Tubuh Lainnya</strong>: Gerakan kaki harus dijalankan dengan koordinasi yang baik dengan gerakan tubuh atas dan gerakan lainnya seperti gerakan tangan, kepala, atau tubuh secara keseluruhan untuk menciptakan penampilan senam yang harmonis dan estetis.</p>

Prosedural langkah kaki dalam senam irama adalah urutan langkah-langkah yang diikuti oleh pesenam saat melakukan gerakan kaki yang sesuai dengan irama musik. Berikut adalah konsep prosedural langkah kaki yang umum dalam senam irama:

Langkah Dasar: Pesenam mulai dengan langkah-langkah dasar yang umumnya terdiri dari langkah-langkah sederhana seperti langkah maju, langkah mundur, langkah ke samping, atau langkah melompat.

Variasi: Setelah menguasai langkah dasar, pesenam dapat memperkenalkan variasi-variasi dalam gerakan kaki seperti langkah-langkah melintang, langkah-langkah putar, atau langkah-langkah melompat dengan variasi tinggi rendah atau cepat lambat.

Kombinasi: Pesenam kemudian menggabungkan langkah-langkah dasar dan variasi-variasi menjadi kombinasi gerakan yang lebih kompleks dan menarik. Ini melibatkan penggunaan pola gerakan kaki yang berbeda-beda untuk menciptakan variasi dalam penampilan.

Kepatuhan terhadap Iringan Musik: Seluruh gerakan kaki harus dilakukan dengan sinkronisasi yang sempurna dengan irama dan ritme musik yang dimainkan. Pesenam harus memiliki perasaan waktu dan kecepatan yang tepat untuk menjaga konsistensi dalam gerakan kaki.

Ekspresi dan Eksekusi: Selain mengikuti langkah-langkah secara tepat, pesenam juga harus mengekspresikan gerakan kaki dengan energi, keanggunan, dan presisi yang sesuai dengan karakteristik musik dan tema senam.

Koordinasi dengan Gerakan Tubuh Lainnya: Gerakan kaki harus dijalankan dengan koordinasi yang baik dengan gerakan tubuh atas dan gerakan lainnya seperti gerakan tangan, kepala, atau tubuh secara keseluruhan untuk menciptakan penampilan senam yang harmonis dan estetis.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apakah yang dimaksud perubahan dalam kebijakan luar negeri di Indonesia? bagaimana langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperkuat hubungan diplomatik dan kerja sama internasional?

5

0.0

Jawaban terverifikasi