Nadya P

16 Desember 2020 16:31

Iklan

Iklan

Nadya P

16 Desember 2020 16:31

Pertanyaan

Konfigurasi elektron terluar untuk unsur-unsur A,B,C dan D adalah sebagai berikut: A : 3s2 3p6 C: 6s1 B :4d8 5s2 D: 4s2 3d10 4p3 Pernyataan yang yang tidak benar adalah (1) A unsur gas mulia (2) B unsur logam transisi (3) C unsur logam alkali (4) D unsur golongan Boron (A) 1,2,3 (B) 1,3 (C) 2,4 (D) 4 (E) 1,2,3,4


37

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Alexander W

22 Desember 2020 14:35

Jawaban terverifikasi

•Diketahui unsur A Konfigurasi elektron terluar : 3s² 3p⁶ Berarti, unsur A terletak pada golongan VIII-A. •Diketahui unsur B Konfigurasi elektron terluar : 4d⁸ 5s² Berarti, unsur B terletak pada golongan II-A. •Diketahui unsur C Konfigurasi elektron terluar : 6s¹ Berarti, unsur C terletak pada golongan I-A. •Diketahui unsur D Konfigurasi elektron terluar : 4s² 3d¹⁰ 4p³ Berarti, unsur D terletak pada golongan V-A. Setelah mengetahui golongan dari unsur-unsur tersebut, sesuaikanlah dengan pernyataan yang ada. •Pernyataan (1), A unsur gas mulia. Pernyataan ini BENAR karena unsur-unsur yang terletak di golongan VIII-A adalah unsur-unsur gas mulia. •Pernyataan (2), B unsur logam transisi. Pernyataan ini SALAH karena unsur B terletak di golongan II-A. Unsur-unsur I-A hingga VIII-A merupakan unsur golongan utama, bukan unsur logam transisi. •Pernyataan (3), C unsur logam alkali. Pernyataan ini BENAR karena unsur-unsur yang terletak di golongan I-A merupakan unsur golongan alkali. •Pernyataan (4), D unsur golongan boron. Pernyataan ini SALAH karena unsur D terletak di golongan V-A yang dimana unsur yang terdapat pada golongan V-A ini merupakan unsur-unsur golongan nitrogen, bukan boron. Jadi, pernyataan yang TIDAK BENAR adalah pernyataan (2) dan (4). Jawaban : (C)


Alexander W

22 Desember 2020 14:36

Maaf kalau jawabannya dirasa terlalu panjang:) Semoga membantu...

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebanyak 5L gas SO2 dibakar sempurna hingga terbentuk gas SO3 sesuai dengan persamaan reaksi: SO2(g)+O2(g)=>So3(g) Perbandingan volume gas oksigen dengan gas dalam reaksi tersebut jika dikur pada P dan T yang sama adalah..

8

0.0

Jawaban terverifikasi