Medi J

01 April 2020 07:45

Iklan

Iklan

Medi J

01 April 2020 07:45

Pertanyaan

Komponen-komponen penyusun ekosistem


3

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Wijaya

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

24 Januari 2022 06:24

Jawaban terverifikasi

Halo Medi, kakak bantu jawab yaa:) Komponen penyusun ekosistem ada komponen biotik dan komponen abiotik. Ekosistem adalah interaksi antara lingkungan abiotik seperti air, matahari, udara, batuan, dan tanah dengan komponen biotik berupa komunitas-komunitas makhluk hidup yang mendiami suatu ruang pada waktu tertentu. Kumpulan-kumpulan beberapa ekosistem pada suatu benua yang sama disebut bioma. Ekosistem merupakan unit kajian ilmu lingkungan dimana jaring-jaring makanan dan siklus biogeologi dapat dianalisis secara lengkap. Komponen di dalam ekosistem dibagi menjadi dua yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik merupakan komponen pada ekosistem yang terdiri dari sekumpulan makhluk hidup baik yang makroskopis maupun mikroskopis. berdasarkan peran dan fungsinya, makhluk hidup dibedakan menjadi tiga macam, yakni produsen (penghasil), konsumen (pemakai), dan dekomposer (pengurai).Komponen abiotik adalah komponen tidak hidup yang mendukung serta menjaga keseimbangan suatu ekosistem, hal yang termasuk dalam komponen abiotik adalah udara, air, cahaya matahari, kelembaban, iklim, keasaman tanah dan sebagainya. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Indri A

01 April 2020 10:33

komponen penyusun ekosistem itu ada 2 yaitu: a) komponen abiotik => komponen ekosistem yang terdiri atas benda mati di ekosistem. contohnya = cahaya, udara, tanah dll b) konponen biotik => komponen ekosistem yang terdiri atas benda hidup yang berada di ekosistem. contohnya = produsen, konsumen, detritivor / pemakan sampah makhluk hidup, dan dekomposer / pengurai.


Siti D

01 April 2020 09:28

komponen biotik -produsen -komsumen -Dekomposer -Detritivor komponen abiotik -air -udara -cahaya matahari -suhu -angin -kelembapan -tanah -iklim maaf klo salah🙏.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah fungsi sel penyengat yang terdapat pada ubur ubur?

2

0.0

Jawaban terverifikasi