Dekra V

24 Juni 2024 11:10

Iklan

Iklan

Dekra V

24 Juni 2024 11:10

Pertanyaan

keterkaitan antara eksistensialisme dengan agama


17

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Juni 2024 22:05

Jawaban terverifikasi

<p>Keterkaitan antara eksistensialisme dengan agama adalah topik kompleks yang melibatkan pemikiran filosofis yang mendalam. Berikut adalah beberapa titik keterkaitan yang dapat ditemukan antara eksistensialisme dan agama:</p><p><strong>Pencarian makna hidup</strong>: Baik eksistensialisme maupun agama mempertanyakan makna eksistensi manusia dan tujuan hidup. Eksistensialisme menekankan pada pencarian makna individual dan subjektif, sementara agama sering menawarkan kerangka makna yang diberikan secara transcendent.</p><p><strong>Kebebasan dan tanggung jawab</strong>: Eksistensialisme menekankan kebebasan individu untuk membuat pilihan dan tanggung jawab atas tindakan mereka. Agama juga sering mengajarkan tentang tanggung jawab moral dan spiritual, meskipun sering dalam kerangka otoritas atau panduan ilahi.</p><p><strong>Keterbatasan manusia</strong>: Eksistensialisme mengakui keterbatasan manusia dan ketidakpastian eksistensi, sementara agama menawarkan pandangan tentang kedekatan manusia dengan keilahian dan keabadian.</p>

Keterkaitan antara eksistensialisme dengan agama adalah topik kompleks yang melibatkan pemikiran filosofis yang mendalam. Berikut adalah beberapa titik keterkaitan yang dapat ditemukan antara eksistensialisme dan agama:

Pencarian makna hidup: Baik eksistensialisme maupun agama mempertanyakan makna eksistensi manusia dan tujuan hidup. Eksistensialisme menekankan pada pencarian makna individual dan subjektif, sementara agama sering menawarkan kerangka makna yang diberikan secara transcendent.

Kebebasan dan tanggung jawab: Eksistensialisme menekankan kebebasan individu untuk membuat pilihan dan tanggung jawab atas tindakan mereka. Agama juga sering mengajarkan tentang tanggung jawab moral dan spiritual, meskipun sering dalam kerangka otoritas atau panduan ilahi.

Keterbatasan manusia: Eksistensialisme mengakui keterbatasan manusia dan ketidakpastian eksistensi, sementara agama menawarkan pandangan tentang kedekatan manusia dengan keilahian dan keabadian.


Iklan

Iklan

Nova P

30 Juni 2024 06:35

Jawaban terverifikasi

<p>Eksistensialisme dengan agama adalah dua pendekatan yang sering kali dianggap berbeda, bahkan bertentangan, dalam memahami makna dan tujuan hidup manusia. Namun, ada banyak cara dimana kedua pendekatan ini dapat dihubungkan dan dipahami secara lebih mendalam.</p>

Eksistensialisme dengan agama adalah dua pendekatan yang sering kali dianggap berbeda, bahkan bertentangan, dalam memahami makna dan tujuan hidup manusia. Namun, ada banyak cara dimana kedua pendekatan ini dapat dihubungkan dan dipahami secara lebih mendalam.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara dihujat dan dibenci di medsos? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh di medsos! (jika ada) 2) Sebutkan dan jelaskan 5 berita buruk yang kita nonton selama bulan July 2024! 3) Seorang konten kreator sedang dihujat oleh netizen gara-gara hal sepele. Sehingga followers turun dari 28 juta menjadi 26.4 juta pengikut. Berdasarkan diatas : • Apa jadinya jika follower turun sampai 99% hingga habis tak tersisa, dalam waktu beberapa bulan saja? Jelaskan! (jika ada) • Bagaimana solusi agar followers akun kembali normal?

18

5.0

Jawaban terverifikasi