Fiona G

18 Maret 2020 03:18

Pertanyaan

Kerajaan Mataram Kuno merupakan kerajaan Hindu-Buddha yang ada di Jawa Tengah.Kerajaan ini berkembang kira-kira pada abad ke 8 sampai abad ke-11M.Hal ini bersumber dari prasasti canggal yang berangka tahun 732M.Prasasti ini menggunakan huruf pallawa dan bahasa sanskerta.Kerajaan Mataram Lama yang bercorak Hindu-Buddha itu dikenal sebagai kerajaan yang toleran dalam hal beragama.Apa buktinya bahwa di Kerajaan Mataram Lama telah terjalin hubungan harmonis antara agama Hindu dan Buddha?


249

3

Jawaban terverifikasi

R. Haditia

Mahasiswa/Alumni Universitas Bakrie

07 Januari 2022 14:02

Jawaban terverifikasi

Hai Fiona G, Kakak bantu jawab ya. Jadi bukti telah terjalinnya hubungan yang harmonis antara agama Hindu-Budha di kerajaan Mataram Lama adalah kerajaan ini pernah diperintah oleh dua dinasti yang berbeda, yaitu Dinasti Syailendra dan Dinasti Sanjaya. Untuk lebih jelasnya, pahami penjelasan berikut ini. Kerajaan Mataram Kuno berdiri pada abad ke-8 hingga abad ke-11 masehi dan dikenal dengan sebutan Bhumi Mataram. Mataram yang bercorak Hindu-Buddha ini diperintah oleh dua dinasti yang berbeda, yaitu Dinasti Syailendra dan Dinasti Sanjaya. Wilayah Mataram-Hindu meliputi Jawa Tengah bagian utara yang diperintah oleh Dinasti Sanjaya dengan raja-rajanya, seperti Panunggalan, Warak, Garung, dan Pikatan. Sementara wilayah Mataram-Buddha meliputi Jawa Tengah bagian selatan diperintah oleh Dinasti Syailendra dengan Rajanya bernama Indra. Toleransi lintas agama antara Hindu dan Budha terlihat dari pernikahan Pikatan-Pramodhawardhani, yang merupakan perkawinan lintas agama pertama dalam sejarah kerajaan Mataram Kuno. Penyatuan dua wangsa ini pun memberikan dampak positif bagi toleransi antara umat Hindu-Buddha pada wilayah Mataram Kuno. Selain itu toleransi antar agama terlihat juga pada bangunan – bangunan candi yang masing – masing bercorak Hindu dan Budha yang dibangun secara berdampingan, seperti Candi Borobudur yang bercorak Budha dan Candi Prambanan yang bercorak Hindu. Semoga membantu.


Iklan

Ni P

18 Maret 2020 07:55

terbukti dari raja yang berkuasa dimana pada saat wangsa syailendra bekuasa agama budha, dan di dirikan. nya juga candi borubudur setelah wangsa syailendra. kemudian mataram kuno dikuasai oleh hindu dan di tandai dengan di bangun nya candi prambanan oleh karena itu kerajaan nataram kuno du sebut sbg kerajaan hindu-budha


Destina N

18 Maret 2020 08:10

Di Jateng


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

peristiwa rengasdengklok memberikan manfaat yaitu?

16

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan