Ghaisa N

22 Juli 2024 07:56

Iklan

Ghaisa N

22 Juli 2024 07:56

Pertanyaan

kenapa yang disebut unit terkecil, unit struktural, unit fungsional itu sel? kenapa bukan unsur/atom?

kenapa yang disebut unit terkecil, unit struktural, unit fungsional itu sel? kenapa bukan unsur/atom?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

01

:

09

:

27

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

22 Juli 2024 09:29

Jawaban terverifikasi

Mengapa Sel Disebut Unit Terkecil, Unit Struktural, dan Unit Fungsional? Sel disebut unit terkecil, unit struktural, dan unit fungsional kehidupan karena beberapa alasan berikut: 1. Unit Terkecil Sel adalah unit terkecil dari organisme hidup yang mampu menjalankan semua fungsi kehidupan. Di bawah tingkat sel, hanya terdapat organel sel, yang merupakan struktur kecil yang memiliki fungsi khusus dalam sel. Organel sel tidak mampu hidup mandiri dan memerlukan sel untuk menjalankan fungsinya. 2. Unit Struktural Sel adalah unit struktural dari semua organisme hidup. Sel tersusun atas berbagai macam organel yang memiliki struktur dan fungsi yang berbeda-beda. Struktur sel ini memungkinkan sel untuk menjalankan fungsinya dengan baik. 3. Unit Fungsional Sel adalah unit fungsional dari semua organisme hidup. Sel mampu menjalankan semua fungsi kehidupan, seperti metabolisme, reproduksi, pertumbuhan, dan perkembangan. Fungsi-fungsi ini dilakukan oleh organel sel yang bekerja sama satu sama lain. Alasan Mengapa Unsur/Atom Bukan Unit Terkecil, Unit Struktural, dan Unit Fungsional Unsur dan atom adalah partikel penyusun materi, tetapi mereka tidak mampu menjalankan semua fungsi kehidupan. Unsur adalah zat murni yang terdiri dari satu jenis atom, sedangkan atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat-sifat unsur tersebut. Unsur dan atom tidak memiliki struktur dan fungsi yang kompleks seperti sel. Mereka hanya dapat bergabung membentuk senyawa, yang juga tidak mampu menjalankan semua fungsi kehidupan. Oleh karena itu, sel disebut unit terkecil, unit struktural, dan unit fungsional kehidupan. Sel adalah unit dasar dari semua organisme hidup dan memiliki semua karakteristik yang diperlukan untuk menjalankan semua fungsi kehidupan.


Ghaisa N

22 Juli 2024 09:35

terimakasih yaa !

Iklan

Ilhamhaqiqi I

23 Juli 2024 19:49

Jawaban terverifikasi

<p>Sel disebut sebagai unit terkecil, unit struktural, dan unit fungsional dari kehidupan karena alasan-alasan berikut:</p><p>1. **Unit Terkecil Kehidupan:**<br>&nbsp; - Sel adalah unit terkecil yang mampu menjalankan semua fungsi kehidupan. Meskipun molekul seperti DNA dan protein sangat penting untuk kehidupan, mereka tidak bisa menjalankan semua proses kehidupan secara mandiri seperti sel bisa.</p><p>2. **Unit Struktural:**<br>&nbsp; - Sel adalah unit struktural dasar dari semua organisme hidup. Struktur tubuh makhluk hidup, baik itu uniseluler (satu sel) seperti bakteri, atau multiseluler (banyak sel) seperti manusia, dibangun dari sel-sel.</p><p>3. **Unit Fungsional:**<br>&nbsp; - Semua fungsi kehidupan, seperti metabolisme, pertumbuhan, respons terhadap rangsangan, dan reproduksi, dilakukan oleh sel. Sel mengandung berbagai organel yang bekerja sama untuk mempertahankan kehidupan, seperti mitokondria untuk produksi energi dan ribosom untuk sintesis protein.</p><p>### Mengapa Bukan Unsur/Atom?<br>- **Unsur dan Atom:**<br>&nbsp;- Unsur dan atom adalah unit dasar dari materi, bukan kehidupan. Mereka adalah komponen kimia yang membentuk molekul dan makromolekul, tetapi tidak dapat menjalankan fungsi kehidupan secara mandiri.<br>&nbsp;- Atom dan molekul merupakan komponen penting yang membentuk sel, tetapi mereka sendiri tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan proses kehidupan yang kompleks.</p><p>- **Kehidupan dan Sel:**<br>&nbsp;- Kehidupan diidentifikasikan oleh karakteristik tertentu seperti metabolisme, homeostasis, pertumbuhan, dan reproduksi, yang semuanya terjadi pada tingkat sel. Atom dan molekul tidak bisa melakukan ini sendirian.<br>&nbsp;- Sel mengandung semua komponen kimiawi (atom dan molekul) yang diperlukan dan mengorganisasikannya dalam cara yang memungkinkan kehidupan terjadi.</p><p>### Contoh:<br>- **Bakteri (Uniseluler):**<br>&nbsp;- Bakteri adalah organisme yang terdiri dari satu sel. Meskipun hanya satu sel, bakteri mampu melakukan semua fungsi kehidupan seperti nutrisi, reproduksi, dan respons terhadap lingkungan.</p><p>- **Manusia (Multiseluler):**<br>&nbsp;- Tubuh manusia terdiri dari triliunan sel yang berbeda jenis dan fungsi. Setiap sel bekerja sama untuk memastikan seluruh organisme berfungsi dengan baik.</p><p>Jadi, sel dianggap sebagai unit terkecil kehidupan karena hanya pada tingkat sel-lah fungsi-fungsi kehidupan dapat sepenuhnya dijalankan.</p>

Sel disebut sebagai unit terkecil, unit struktural, dan unit fungsional dari kehidupan karena alasan-alasan berikut:

1. **Unit Terkecil Kehidupan:**
  - Sel adalah unit terkecil yang mampu menjalankan semua fungsi kehidupan. Meskipun molekul seperti DNA dan protein sangat penting untuk kehidupan, mereka tidak bisa menjalankan semua proses kehidupan secara mandiri seperti sel bisa.

2. **Unit Struktural:**
  - Sel adalah unit struktural dasar dari semua organisme hidup. Struktur tubuh makhluk hidup, baik itu uniseluler (satu sel) seperti bakteri, atau multiseluler (banyak sel) seperti manusia, dibangun dari sel-sel.

3. **Unit Fungsional:**
  - Semua fungsi kehidupan, seperti metabolisme, pertumbuhan, respons terhadap rangsangan, dan reproduksi, dilakukan oleh sel. Sel mengandung berbagai organel yang bekerja sama untuk mempertahankan kehidupan, seperti mitokondria untuk produksi energi dan ribosom untuk sintesis protein.

### Mengapa Bukan Unsur/Atom?
- **Unsur dan Atom:**
 - Unsur dan atom adalah unit dasar dari materi, bukan kehidupan. Mereka adalah komponen kimia yang membentuk molekul dan makromolekul, tetapi tidak dapat menjalankan fungsi kehidupan secara mandiri.
 - Atom dan molekul merupakan komponen penting yang membentuk sel, tetapi mereka sendiri tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan proses kehidupan yang kompleks.

- **Kehidupan dan Sel:**
 - Kehidupan diidentifikasikan oleh karakteristik tertentu seperti metabolisme, homeostasis, pertumbuhan, dan reproduksi, yang semuanya terjadi pada tingkat sel. Atom dan molekul tidak bisa melakukan ini sendirian.
 - Sel mengandung semua komponen kimiawi (atom dan molekul) yang diperlukan dan mengorganisasikannya dalam cara yang memungkinkan kehidupan terjadi.

### Contoh:
- **Bakteri (Uniseluler):**
 - Bakteri adalah organisme yang terdiri dari satu sel. Meskipun hanya satu sel, bakteri mampu melakukan semua fungsi kehidupan seperti nutrisi, reproduksi, dan respons terhadap lingkungan.

- **Manusia (Multiseluler):**
 - Tubuh manusia terdiri dari triliunan sel yang berbeda jenis dan fungsi. Setiap sel bekerja sama untuk memastikan seluruh organisme berfungsi dengan baik.

Jadi, sel dianggap sebagai unit terkecil kehidupan karena hanya pada tingkat sel-lah fungsi-fungsi kehidupan dapat sepenuhnya dijalankan.


Ghaisa N

23 Juli 2024 22:32

terimakasih !

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan