Azzahra M

21 Maret 2024 06:16

Iklan

Iklan

Azzahra M

21 Maret 2024 06:16

Pertanyaan

kenapa sosiologi sebagai ilmu

kenapa sosiologi sebagai ilmu


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:35

Jawaban terverifikasi

<p>Sosiologi disebut sebagai ilmu karena memenuhi kriteria dasar yang diperlukan untuk diklasifikasikan sebagai ilmu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sosiologi dianggap sebagai ilmu:</p><p><strong>Metode Ilmiah</strong>: Sosiologi menggunakan pendekatan ilmiah dalam menjalankan penelitian dan analisisnya. Ini melibatkan penggunaan metodologi yang sistematis, termasuk pengumpulan data, analisis statistik, dan pembentukan teori berdasarkan bukti empiris.</p><p><strong>Objektif</strong>: Sosiologi berusaha untuk memahami dan menjelaskan fenomena sosial secara objektif, tanpa prasangka atau pendapat pribadi. Ini berarti bahwa penelitian sosiologis didasarkan pada fakta-fakta yang dapat diverifikasi dan diuji.</p><p><strong>Teori dan Konsep</strong>: Sosiologi mengembangkan teori dan konsep-konsep yang memungkinkan untuk memahami dan menjelaskan berbagai aspek kehidupan sosial. Teori-teori ini memberikan kerangka kerja untuk memahami pola-pola sosial, interaksi antarindividu, dan dinamika masyarakat.</p><p><strong>Replicability</strong>: Penelitian sosiologis harus dapat direplikasi atau diulangi oleh peneliti lain untuk memverifikasi kebenaran temuan atau hasil penelitian.</p><p><strong>Kontribusi pada Pengetahuan</strong>: Sosiologi memberikan kontribusi yang signifikan pada pengetahuan manusia tentang masyarakat, interaksi sosial, struktur sosial, dan dinamika sosial. Penelitian sosiologis sering kali menghasilkan temuan yang penting dan relevan untuk memahami perubahan sosial dan perkembangan masyarakat.</p><p><br>&nbsp;</p>

Sosiologi disebut sebagai ilmu karena memenuhi kriteria dasar yang diperlukan untuk diklasifikasikan sebagai ilmu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sosiologi dianggap sebagai ilmu:

Metode Ilmiah: Sosiologi menggunakan pendekatan ilmiah dalam menjalankan penelitian dan analisisnya. Ini melibatkan penggunaan metodologi yang sistematis, termasuk pengumpulan data, analisis statistik, dan pembentukan teori berdasarkan bukti empiris.

Objektif: Sosiologi berusaha untuk memahami dan menjelaskan fenomena sosial secara objektif, tanpa prasangka atau pendapat pribadi. Ini berarti bahwa penelitian sosiologis didasarkan pada fakta-fakta yang dapat diverifikasi dan diuji.

Teori dan Konsep: Sosiologi mengembangkan teori dan konsep-konsep yang memungkinkan untuk memahami dan menjelaskan berbagai aspek kehidupan sosial. Teori-teori ini memberikan kerangka kerja untuk memahami pola-pola sosial, interaksi antarindividu, dan dinamika masyarakat.

Replicability: Penelitian sosiologis harus dapat direplikasi atau diulangi oleh peneliti lain untuk memverifikasi kebenaran temuan atau hasil penelitian.

Kontribusi pada Pengetahuan: Sosiologi memberikan kontribusi yang signifikan pada pengetahuan manusia tentang masyarakat, interaksi sosial, struktur sosial, dan dinamika sosial. Penelitian sosiologis sering kali menghasilkan temuan yang penting dan relevan untuk memahami perubahan sosial dan perkembangan masyarakat.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Maret 2024 08:44

Jawaban terverifikasi

<p>Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, struktur sosial, interaksi sosial, dan pola-pola perilaku manusia dalam masyarakat. Ilmu ini mencoba untuk memahami bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain dalam berbagai konteks sosial, serta bagaimana struktur sosial dan faktor-faktor sosial lainnya memengaruhi individu, kelompok, dan masyarakat secara keseluruhan. Sosiologi menggunakan berbagai metode penelitian untuk mengumpulkan data dan menganalisis pola-pola dalam masyarakat, dengan tujuan untuk memahami dan menjelaskan fenomena sosial.</p>

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, struktur sosial, interaksi sosial, dan pola-pola perilaku manusia dalam masyarakat. Ilmu ini mencoba untuk memahami bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain dalam berbagai konteks sosial, serta bagaimana struktur sosial dan faktor-faktor sosial lainnya memengaruhi individu, kelompok, dan masyarakat secara keseluruhan. Sosiologi menggunakan berbagai metode penelitian untuk mengumpulkan data dan menganalisis pola-pola dalam masyarakat, dengan tujuan untuk memahami dan menjelaskan fenomena sosial.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana hubungan antara mobilitas sosial dengan konflik sosial?

0

5.0

Jawaban terverifikasi