Adinda T

23 Agustus 2023 14:51

Iklan

Iklan

Adinda T

23 Agustus 2023 14:51

Pertanyaan

kenapa sel pada daun tumbuhan lebih mudah diamati dan terlihat dibandingkan yang lain?

kenapa sel pada daun tumbuhan lebih mudah diamati dan terlihat dibandingkan yang lain?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

23 Agustus 2023 16:12

Jawaban terverifikasi

<p>Sel-sel pada daun tumbuhan lebih mudah diamati dan terlihat dibandingkan dengan sel-sel di bagian lain tumbuhan atau organisme karena beberapa alasan:</p><p><strong>Kepadatan dan Ukuran Sel:</strong> Sel-sel pada daun umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dan terkumpul dalam jaringan yang padat. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk diamati dengan mata telanjang atau mikroskop biasa dibandingkan dengan sel-sel yang lebih kecil atau tersebar.</p><p><strong>Pigmen Klorofil:</strong> Daun tumbuhan mengandung pigmen klorofil yang memberikan warna hijau pada daun. Warna ini kontras dengan warna selaput sel yang umumnya transparan. Ini mempermudah identifikasi dan pengamatan sel-sel dalam daun.</p><p><strong>Permukaan Rata dan Tipis:</strong> Permukaan daun umumnya cukup rata dan tipis, sehingga memungkinkan cahaya untuk menembus dan mengenai sel-sel di lapisan atas dan bawah daun. Hal ini membuat sel-sel pada daun mudah dilihat dan diamati tanpa perlu mengatasi hambatan fisik yang lebih kompleks.</p><p><strong>Posisi dan Aksesibilitas:</strong> Daun tumbuh pada bagian tanaman yang biasanya lebih mudah diakses dan diamati, seperti di bagian pucuk atau cabang yang lebih tinggi. Ini memudahkan ilmuwan, guru, dan peneliti untuk memeriksa dan mengamati sel-sel pada daun dengan lebih nyaman.</p><p><strong>Relevansi Fungsional:</strong> Daun adalah organ tumbuhan yang sangat penting karena perannya dalam fotosintesis. Karena fungsinya yang vital, banyak penelitian dan pengamatan telah dilakukan pada struktur dan fungsi sel-sel dalam daun.</p><p>Namun, penting untuk diingat bahwa setiap bagian tumbuhan memiliki karakteristik sel-sel yang unik. Selain daun, penelitian dan pengamatan pada berbagai bagian lainnya seperti akar, batang, bunga, dan buah juga sangat penting untuk memahami struktur dan fungsi tumbuhan secara menyeluruh.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Sel-sel pada daun tumbuhan lebih mudah diamati dan terlihat dibandingkan dengan sel-sel di bagian lain tumbuhan atau organisme karena beberapa alasan:

Kepadatan dan Ukuran Sel: Sel-sel pada daun umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dan terkumpul dalam jaringan yang padat. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk diamati dengan mata telanjang atau mikroskop biasa dibandingkan dengan sel-sel yang lebih kecil atau tersebar.

Pigmen Klorofil: Daun tumbuhan mengandung pigmen klorofil yang memberikan warna hijau pada daun. Warna ini kontras dengan warna selaput sel yang umumnya transparan. Ini mempermudah identifikasi dan pengamatan sel-sel dalam daun.

Permukaan Rata dan Tipis: Permukaan daun umumnya cukup rata dan tipis, sehingga memungkinkan cahaya untuk menembus dan mengenai sel-sel di lapisan atas dan bawah daun. Hal ini membuat sel-sel pada daun mudah dilihat dan diamati tanpa perlu mengatasi hambatan fisik yang lebih kompleks.

Posisi dan Aksesibilitas: Daun tumbuh pada bagian tanaman yang biasanya lebih mudah diakses dan diamati, seperti di bagian pucuk atau cabang yang lebih tinggi. Ini memudahkan ilmuwan, guru, dan peneliti untuk memeriksa dan mengamati sel-sel pada daun dengan lebih nyaman.

Relevansi Fungsional: Daun adalah organ tumbuhan yang sangat penting karena perannya dalam fotosintesis. Karena fungsinya yang vital, banyak penelitian dan pengamatan telah dilakukan pada struktur dan fungsi sel-sel dalam daun.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap bagian tumbuhan memiliki karakteristik sel-sel yang unik. Selain daun, penelitian dan pengamatan pada berbagai bagian lainnya seperti akar, batang, bunga, dan buah juga sangat penting untuk memahami struktur dan fungsi tumbuhan secara menyeluruh.

 

 


 


Iklan

Iklan

Elfira G

24 Agustus 2023 00:19

Jawaban terverifikasi

<p>Sel-sel pada daun umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dan terkumpul dalam jaringan yang padat. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk diamati dengan mata telanjang atau mikroskop biasa dibandingkan dengan sel-sel yang lebih kecil atau tersebar.</p>

Sel-sel pada daun umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dan terkumpul dalam jaringan yang padat. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk diamati dengan mata telanjang atau mikroskop biasa dibandingkan dengan sel-sel yang lebih kecil atau tersebar.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

775

5.0

Jawaban terverifikasi