Iklan

Iklan

Evamardiana E

09 Oktober 2021 02:34

Pertanyaan

Kemampuan Menerapkan Konsep dan Berhipotesis. Sebuah benda bergerak dengan kelajuan konstan v melalui lintasan melingkar berjari-jari r. a. Jika v diduakalikan, bagaimana pengaruhnya terhadap percepatan sentripetal a1? b. Jika r diduakalikan, bagaimana pengaruhnya terhadap percepatan sentripetal a1? c. Mengapa sebuah benda tidak mungkin bergerak mengelilingi sebuah tikungan tajam dengan sempurna? Berikan alasan Anda.


82

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Syarif

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

31 Oktober 2021 01:37

Jawaban terverifikasi

Hallo Evamardiana, kakak bantu jawab ya ... a. Hubungan percepatan sentripetal (as) dan kecepatan linear (v) : as = v^2/r Jika v dijadikan 2 kali semula : as = (2v)^2/r as = 4.v^2/r maka as akan menjadi 4 kali semula. b. Hubungan percepatan sentripetal (as) dan jari-jari lintasan (r) : as = v^2/r Jika r dijadikan 2 kali semula : as = v^2/(2r) as = 0,5.v^2/r maka as akan menjadi setengah kali semula. c. sebuah benda tidak mungkin bergerak mengelilingi sebuah tikungan tajam dengan sempurna karena saat menikung benda akan mengalami gaya sentrifugal yang arahnya menjahui pusat lintasan, sehingga benda akan tertarik ke luar lintasan. Oleh karena itu saat menikung benda mengurangi kecepatannya agar benda tidak keluar lintasan.


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Sebuah benda dengan massa 54,0 kg dan volume 9,0 m^3. Berapa massa jenis benda tersebut dengan menggunakan aturan angka penting? (Ingat massa jenis (p) = massa/volume)

15

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan