Junna J

14 Maret 2024 06:50

Iklan

Iklan

Junna J

14 Maret 2024 06:50

Pertanyaan

kemagnetan I adalah....

kemagnetan I adalah....


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 08:52

Jawaban terverifikasi

<p>Kemagnetan I adalah salah satu dari tiga jenis kemagnetan yang dijelaskan dalam fisika, terutama dalam konteks magnetisme bumi. Kemagnetan I mengacu pada kemampuan sebuah batuan untuk menjadi magnet ketika batuan tersebut dibentuk. Batuan yang mengalami kemagnetan I akan menyimpan informasi tentang medan magnet pada saat batuan tersebut terbentuk.</p><p>Proses terbentuknya kemagnetan I terjadi dalam batuan yang mengandung mineral-mineral feromagnetik seperti magnetit (Fe3O4). Ketika batuan tersebut masih dalam keadaan panas dan cair, mineral-mineral feromagnetik tersebut akan mengikuti arah medan magnet Bumi. Ketika batuan tersebut mendingin dan membeku, mineral-mineral feromagnetik akan mempertahankan orientasi magnetisasi yang sesuai dengan arah medan magnet pada saat itu.</p>

Kemagnetan I adalah salah satu dari tiga jenis kemagnetan yang dijelaskan dalam fisika, terutama dalam konteks magnetisme bumi. Kemagnetan I mengacu pada kemampuan sebuah batuan untuk menjadi magnet ketika batuan tersebut dibentuk. Batuan yang mengalami kemagnetan I akan menyimpan informasi tentang medan magnet pada saat batuan tersebut terbentuk.

Proses terbentuknya kemagnetan I terjadi dalam batuan yang mengandung mineral-mineral feromagnetik seperti magnetit (Fe3O4). Ketika batuan tersebut masih dalam keadaan panas dan cair, mineral-mineral feromagnetik tersebut akan mengikuti arah medan magnet Bumi. Ketika batuan tersebut mendingin dan membeku, mineral-mineral feromagnetik akan mempertahankan orientasi magnetisasi yang sesuai dengan arah medan magnet pada saat itu.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

16 Maret 2024 13:49

<p>Kemagnetan I tidak merupakan istilah yang umum dalam fisika atau ilmu magnetisme. Namun, jika maksudnya adalah "intensitas magnetik" (I), maka dapat dijelaskan bahwa intensitas magnetik mengacu pada besarnya medan magnet yang ada pada suatu titik dalam ruang. Medan magnet dinyatakan dalam satuan tesla (T) atau gauss (G). Intensitas magnetik dapat dipengaruhi oleh kuat arus listrik yang mengalir melalui suatu penghantar atau oleh keberadaan material-materi magnetik.</p>

Kemagnetan I tidak merupakan istilah yang umum dalam fisika atau ilmu magnetisme. Namun, jika maksudnya adalah "intensitas magnetik" (I), maka dapat dijelaskan bahwa intensitas magnetik mengacu pada besarnya medan magnet yang ada pada suatu titik dalam ruang. Medan magnet dinyatakan dalam satuan tesla (T) atau gauss (G). Intensitas magnetik dapat dipengaruhi oleh kuat arus listrik yang mengalir melalui suatu penghantar atau oleh keberadaan material-materi magnetik.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan benua

6

5.0

Jawaban terverifikasi